Komputer Saya Terkena Virus Ramnit.H

Ramnit.H

Baru-baru ini komputer saya terinfeksi virus Ramnit alias Win.32 Siggen.8 yang benar-benar mengesalkan dan sulit untuk diberantas hingga tuntas. Semua berawal dari hardisk yang disambungkan oleh kawan saya yang ingin menginstall sebuah software di komputer saya. Setelah beberapa saat kemudian, ia mematikan komputer tersebut. Pada saat saya ingin menyalakannya lagi, Smadav memberi saya peringatan bahwa PC saya dalam keadaan jelek alias tidak bagus.

Saya pun mencoba untuk melakukan scan computer menggunakan Smadav versi free yang saya miliki. Antivirus tersebut menemukan beberapa file dan registry yang terinfeksi, namun ketika menjelang scan mencapai 90%, komputer saya hang selama setengah jam. Saya kemudian menekan tombol CTRL+ALT+DELETE untuk memunculkan Task Manager, namun TM ikut hang dan tidak berfungsi. Akhirnya karena tidak sabar menunggu, saya merestart kembali komputer tersebut dengan menekan tombol POWER.

Setelah komputer hidup kembali, saya mengulang kembali proses tersebut dan lagi-lagi saya mengalami hal yang sama. Saya merestart komputer untuk yang kedua kalinya, dan kali ini saya ingin mencoba mengabaikan virus tersebut, berasumsi bahwa saya sudah dilindungi oleh antivirus. Dan ternyata hasilnya, setelah saya menjalankan koneksi internet melalui modem, firefox saya hang. Begitu juga ketika saya mencoba menggunakan google chrome. Dan sangat terasa, bahwa komputer menjadi sangat lambat, dan kebanyakan program tidak berfungsi semestinya.

Oke, saya bisa memahami bahwa adanya virus yang diciptakan oleh programmer-programmer handal punya dampak positif untuk menunjukkan kelemahan dan celah keamanan dalam sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan besar seperti microsoft, tapi kejadian ini benar-benar membuat saya merasa kesal kehilangan kenyamanan dalam menggunakan komputer saya selama ini. Saya awalnya menggunakan antivirus lokal yang selama ini sukses melindungi saya dari ancaman malware, spyware, trojan, maupun worm dan apapun itu namanya pengganggu dan perusak kenyamanan berkomputer ria. Dengan penggunaan minimal saya terhadap desktop PC yang saya miliki, saya tergolong sangat jarang mengalami masalah seperti ini.

Cara memberantas Virus Ramnit.H

Akhirnya saya berjibaku untuk minimal bisa berselancar di dunia maya mencari solusinya. Saya menemukan cara untuk menjalankan firefox dan berhasil. Saya kemudian mengetikkan kata Ramnit di google search dan menemukan sejumlah hasil pencarian yang menawarkan solusi.

Yang pertama adalah di situs virusindonesia.com, yang menawarkan PCMAV Express for Ramnit, namun sayangnya, setelah saya berhasil men-download antivirus PCMAV Express special cleaner for Ramnit dari situs tersebut, saya mengalami hal serupa sebagaimana antivirus sebelumnya. PCMAW tersebut tidak berjalan dan freeze ketika saya meng-klik tombol scan&clean. Ini kemungkinan terjadi karena saya menggunakan sistem operasi 64-bit di Windows 7, dan antivirus tersebut hanya bekerja maksimal pada sistem operasi 32-Bit.



Kemudian di urutan kedua adalah situs cyber4rt.com yang menawarkan software untuk memperbaiki file HTM dan HTML yang telah terinjeksi virus Ramnit dengan aplikasi CHANET SPLITTER II, dan saya berhasil memperbaiki ribuan file yang terinfeksi, sayangnya begitu saya mendownload antivirus Norman Malware Cleaner untuk membersihkan file .exe dan .dll yang terinfeksi virus, Aplikasi Cleaner tersebut tidak berjalan karena out of date alias kadaluarsa. Dan untuk mendownload versi updatenya, saya diharuskan membayar karena tidak ada versi gratis yang tersedia.

Kemudian ada di urutan ketiga ada zimbio.com yang menawarkan solusi dari Dr.WebCureIt tapi saya tidak tertarik untuk mencobanya.

Akhirnya saya menemukan jawabannya di situs urutan keempat hasil pencarian mbah google. beritama.com. Makasi Mbah...
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar