Merakit Komputer Untuk Desain Grafis Dengan Budget 10 Juta

Desain Grafis

Bicara soal desain grafis dan multimedia memang bukan bidang keahlian saya, terlebih lagi fotografi dan digital imaging, benar-benar hal yg jauh dari keseharian saya. Desain grafis sangat mengandalkan ide dan kreatifitas, disamping teknologi (komputer) yg diperlukan untuk menginstall software yg dibutuhkan untuk mempermudah dalam proses kreatif desain grafis.

merakit_komputer_desain_grafis
ilustrasi: Teknologi komputer mempermudah proses kreatif dalam desain grafis. Sumber gambar: blend360agency.com

Konon katanya desain grafis dengan memanfaatkan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi secara seketika tanpa harus menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang. Sehingga proses desain grafis menjadi lebih mudah dan sederhana dibandingkan tanpa menggunakan komputer.

Software Desain Grafis

Sebagaimana dikutip dari Wikipedia, ada beberapa software komputer yg lazim digunakan dalam bidang desain grafis, sejumlah contoh diantaranya:
  1. Desktop publishing

    • Adobe Photoshop
    • Adobe Illustrator
    • Adobe Indesign
    • Coreldraw
    • GIMP
    • Inkscape
    • Adobe Freehand
    • Adobe image ready
    • CorelDraw
    • Adobe Page Maker
    • Paint Tool SAI
  2. Webdesign

    • Adobe Dreamweaver
    • Microsoft Frontpage
    • Notepad
    • Adobe Photoshop
    • Macromedia Firework
  3. Audiovisual

    • Adobe After Effect
    • Adobe Premier
    • Final Cut
    • Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
    • Ulead Video Studio
    • Magic Movie Edit Pro
    • Power Director
  4. 3D Rendering atau "Rendering 3 Dimensi"

    • 3D StudioMax
    • Cinema 4d
    • Maya
    • AutoCad
    • Google SketchUp
    • Light Wave
    • Blender
    • Softimage

Pentingnya VGA Card Untuk Desain Grafis

GPU_NVidia_Quadro_Khusus_Desain_Grafis
Sebuah kartu khusus pengolah grafis, yg juga dikenal dan sebutan VGA Card (singkatan dari Video Graphics Accelerator), bertugas untuk meningkatkan performa visual dari sebuah komputer.

Kartu ini memiliki unit pengolah grafis built-in alias Graphics Processing Unit (GPU) terintegrasi yg juga terhubung kepada sebuah kanal memory subsystem khusus (disebut sebagai Video Random Access Memory atau VRAM).

GPU ini tugasnya mengurus perubahan dari bentuk data menjadi piksel yg kemudian ditampilkan di layar monitor, dan memori khusus video (VRAM) menyediakan akses cepat ke model 3D dan tekstur data tanpa menghalangi akses ke memori sistem komputer (RAM).

VGA Card Terbaik Untuk Desain Grafis

Orang sering salah mengira bahwa selain dari perbedaan performa, semua kartu grafis itu sama jenisnya, padahal sebenarnya tidak. Walaupun memang sama-sama berfungsi untuk mengolah grafis, dan kebanyakan memiliki bentuk serta slot konektor yg sama, sebenarnya ada perbedaan diantara VGA card yg dirancang untuk bermain game (gaming graphic card) dengan mereka yg diproduksi khusus untuk kebutuhan pengerjaan desain grafis, animasi, video editing, atau rendering tiga dimensi (yg dikenal sebagai workstation graphic cards).

AMD_FirePro_versus_NVidia_Quadro
AMD FirePro versus NVidia Quadro | Sumber gambar: technewspedia.com

Oleh karena itu, VGA Card terbaik yg paling cocok untuk memenuhi kebutuhan pengerjaan desain grafis adalah kartu grafis workstation seperti misalnya seri NVidia Quadro atau AMD FirePro. Dengan demikian, berhubung artikel ini akan membahas tentang tips merakit komputer untuk kebutuhan desain grafis, maka VGA Card yg akan kita gunakan adalah yg berjenis workstation graphic cards.

Merakit Komputer Untuk Desain Grafis Dengan Budget 10 Juta

Dengan dana sebesar 10 juta rupiah, kita akan mensimulasikan sebuah komputer rakitan yg ditujukan untuk penggunaan khususnya dalam proses desain grafis, sesuai dengan penjelasan diatas.


Kartu_Grafis_Workstation_Graphic_VGA_Card_Terbaik
Memilih Kartu Grafis Workstation (Workstation Graphic Cards) Terbaik | sumber gambar: bestofmicro.com
Maka untuk kebutuhan graphics design maka kita akan memilih parts berdasarkan VGA Card yg berjenis workstation, sehingga jangan mengharapkan performa gaming yg luar biasa dari hasil akhir spek PC rakitan ini. Kalimat tersebut perlu saya garisbawahi dan diberi warna merah agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Dengan demikian yg pertama kita pilihkan adalah kartu grafis.

VGA Card

Sapphire_AMD_FIREPRO_W4100_2Gb_128Bit_DDR5_Ati_Radeon_PCI_Express
Dua dari beberapa pilihan utama dengan budget 10 juta (all-in) untuk kartu grafis yg ingin saya rekomendasikan adalah Sapphire AMD FIREPRO W4100 2Gb 128Bit DDR5 Ati Radeon PCI Express yg harganya Rp 2.800.000,- atau Leadtek NVidia Quadro Kepler K420 1Gb 128Bit DDR3 NVidia PCI Express yg dijual seharga Rp 2.850.000,-.

Akan tetapi, dengan harga yg lebih murah Rp 50 ribu, Sapphire AMD FirePro W4100 justru menawarkan kapasitas VRAM yg lebih besar (2GB) dan data-rate yg lebih baik (DDR5) dibanding Leadtek Quadro K420 Kepler (1GB dan DDR3) yg memang kartu grafis workstation kelas entry-level.

Otomatis demi efisiensi budget, kita lebih baik memilih yg lebih bagus plus lebih murah, dalam hal ini Sapphire AMD FirePro W4100. Soal kinerja, sudah tidak perlu diragukan lagi dengan spesifikasi yg lebih unggul tentu saja AMD FirePro W4100 dengan mudah melampaui performa dari NVidia Quadro K420 yg memiliki rentang harga sama (bahkan NVidia Quadro K420 justru lebih mahal Rp 50.000,-), sebagaimana dapat dilihat pada keterangan gambar berikut ini:

AMD_FirePro_W4100_vs_NVidia_Quadro_K420_K620
AMD FirePro W4100 vs NVidia Quadro K420 dan K620
(Klik gambar untuk memperjelas tulisan)
Sumber gambar dan data: http://www.fireprographics.com

Dari data diatas jelas terlihat bahwa kinerja AMD FirePro W4100 bahkan mengungguli kakak dari NVidia Quadro K420, yakni seri K620 yg harganya nyaris dua kali lipat lebih mahal (Rp 4.275.000,- | Leadtek Quadro Kepler K620 2Gb 128Bit DDR3 NVidia PCI Express | www.rakitan.com). Jadi sepertinya tidak salah jika kita menjatuhkan pilihan kepada VGA Card AMD FirePro W4100 ini. Walaupun saya penggemar NVidia, tapi harus saya akui dari segi value dalam hal memilih VGA Card untuk desain grafis memang lebih bagus AMD, jadi mengapa tidak?

CPU

Intel_Core_i5_4570
Tanpa perlu banyak pertimbangan di awal, langsung saja saya pilihkan procie Intel Core-i5 4570 Tray+Fan (3.2Ghz, C6MB, Haswell Series) Intel LGA 1150 dengan harga Rp 2.476.000,-.

Tapi setelah melihat performa dari procie Intel ini dan membandingkannya dengan kinerja processor keluaran AMD dengan rentang harga yg sama, sepertinya harus saya kemukakan alasannya.

Saya sengaja memilih processor dari seri Haswell (Intel Socket LGA 1150) dengan alasan teknologi yg lebih baru dibanding Sandy Bridge dan Ivy Bridge yg kelihatannya akan segera di-discontinue oleh Intel, walaupun masih ada Broadwell dan Skylake, tapi procie ini sudah cukup untuk mengawal VGA Card yg sudah terpilih di atas.

Dirilis pada Quartal ke-2 tahun 2013, procie yg masuk keluarga besar Haswell ini sebenarnya sudah dibekali dengan GPU terintegrasi Intel® HD Graphics 4600, tapi tentunya itu belum cukup untuk digunakan dalam keperluan desain grafis. Tipe memory yg didukung adalah DDR3-1333/1600, DDR3L-1333/1600 @ 1.5V (ini berpengaruh saat pemilihan parts stick RAM nantinya).

Dari segi skor benchmark yg digunakan untuk mengukur kemampuan sebuah CPU, situs cpubenchmark.net yg memakai PassMark Software memberi skor 7.018 untuk procie ini, dan menempati peringkat 228 dari keseluruhan CPU high-end yg sudah mereka uji.

Skor_Benchmark_Intel_Core_i5_4570
Skor Benchmark Intel Core i-54570@ 3.20GHz | sumber: www.cpubenchmark.net

Lalu mengapa bukan AMD Vishera FX-8350 4.0Ghz Cache 8MB 125W AM3+ [Box (4.0Ghz,Cache 8MB 125W) (Rp 2.410.000,- | sumber: www.rakitan.com) yg skor benchmark-nya lebih bagus (8.969) dan harganya lebih murah Rp 66 ribu?

Perbandingan_Intel_Core_i5_4570_vs_AMD_FX_8350_Eight
Perbandingan AMD FX-8350 Eight Core vs Intel Core i5-4570 @ 3.20GHz | sumber: www.cpubenchmark.net

Jawabannya sangat subyektif sekali: Karena saya belum pernah menggunakan procie AMD dan tidak begitu menguasai tentang merk, socket AM3+, dan seri procie yg satu ini.

Tapi satu yg pasti, biasanya Intel lebih irit dalam hal konsumsi daya listrik ketimbang AMD, oleh karena itu proses kreatif desain grafis yg biasanya memakan waktu lama hingga berjam-jam bisa diakomodasi oleh procie Intel. (ini nggak ngaruh sih, paling cuma nambah sekian ribu rupiah di tagihan listrik PLN Anda). Tapi intinya sih soal Procie saya lebih prefer ke Intel (secara subyektif).

Pilihan terkait procie ini saya kembalikan lagi kepada Anda selaku pemilik dari PC yg akan dirakit. Your PC, Your Choice.

Motherboard

Gigabyte_G1_Sniper_B6_intel_Socket_1150
Untuk MoBo, sebaiknya menggunakan motherboard Gigabyte G1.Sniper B6 intel Socket 1150 harga Rp 1.702.000,- yg berbasis chipset B85 dari Intel. MoBo ini merupakan bagian dari motherboards GIGABYTE 8 Series yg mendukung processor Intel® Core™ generasi keempat. Fitur yg ditawarkan cukup lengkap ditambah lagi daya tahan alias durability yg di-klaim lebih baik di kelasnya dengan adanya fitur GIGABYTE Ultra Durable™ 4 Plus yg menjamin ketahanan komponen dan masa pakai yg lebih lama.

Sayangnya dengan menggunakan motherboard yg harganya 1,7 juta berpotensi membuat budget sedikit keluar dari yg direncanakan, mungkin akan menjadi sekitar Rp 10.800.000,- , sehingga untuk berjaga-jaga, apabila ingin menurunkan budget agar tetap berada di bawah 10 juta, maka Anda bisa memilih untuk membeli yg lebih murah yaitu ASRock B85M-HDS Intel LGA 1150 yg berharga hanya Rp 940.000,- saja.

Ini masih bisa di-upgrade sewaktu-waktu nantinya ketika Anda sudah memiliki tabungan lebih.

Random Access Memory atau RAM

Corsair_CMY8GX3M2A1600C9_Vengeance_Pro_Black_2_x_4_GB
Dalam hal pemilihan RAM, untuk mengakomodasi penggunaan aplikasi desain grafis yg terkadang memory-intensive alias padat karya, maka disarankan untuk memilih atau memakai RAM dengan kapasitas 8GB ke atas. Jelek-jeleknya minimal 4GB.

Berhubung budget 10 juta, tentu saja dana yg tersedia sudah mencukupi untuk mengakomodir dua buah stick RAM berukuran masing-masing 4GB di dalam slot kanal memory PC Anda. Sehingga dengan demikian, melihat type memory yg didukung oleh Intel Core i5-4570 adalah yg berjenis DDR 3 1600Mhz, maka pilihan RAM bisa menggunakan Corsair CMY8GX3M2A1600C9 (2x4Gb) Vengeance Pro Black PC12800 8GB (Intel Haswell) DDR3 di harga 820.000,- atau Corsair CMY8GX3M2A1600C9A (2X4Gb) GOLD Vengeance Pro (Intel Haswell) DDR3 pada harga yg sama.

Untuk parts lainnya seperti Hard Disk Drive, PSU, Casing, Optical Drive, dan Monitor sepertinya tidak berpengaruh terhadap performa, jadi Anda bisa bebas memilih sesuai keinginan. Tapi akan tetap saya pilihkan untuk melengkapi agar menjadi sebuah PC utuh. Berikut simulasinya:


SPARE PARTSDESKRIPSIHARGA
Intel LGA 1150intel i5 4570 Tray+Fan (3.2Ghz, C6MB, Haswell Series) Intel LGA 1150Rp2,476,000.00
MB. Intel 1150ASRock B85M-HDS Intel LGA 1150Rp940,000.00
Memory DDR3Corsair CMY8GX3M2A1600C9A (2X4Gb) GOLD Vengeance Pro (Intel Haswell) DDR3Rp820,000.00
Harddisk 3.5InchWDC SATA III Blue 1 TB 64Mb 3.5Inch (Garansi distributor resmi) Int 3,5 InchRp695,000.00
VGA Ati RadeonSapphire AMD FIREPRO W4100 2Gb 128Bit DDR5 Ati Radeon PCI Exp.Rp2,800,000.00
Casing Mid.TowerInfinity K-61G With PSU Enlight 600WRp1,130,000.00
Optical DriveSamsung DVDRW SATA OEM InternalRp158,000.00
LCDAOC 20 Inch E2070SWNL Size 20 inchRp1,010,000.00
TOTAL COST MERAKIT KOMPUTER UNTUK DESAIN GRAFIS:Rp10,029,000.00
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

43 komentar:

  1. Mas, mau nanya nih, kalo spek nya spt ini gimana

    Processor AMD 7870 4GHz
    Motherboard ECS
    Ram 8 DDR3
    VGA GTX 730 4gb

    Mohon dibalas yah mas, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu processor maksudnya AMD A10 7870K ya? 3.9GHz Socket FM2+?

      Kalau di rakitan.com yg ada AMD Godavari A10-7870K socket FM2+ (Radeon R7 series) 3.7Ghz, harganya Rp 2.020.000,-? Apakah benar yg dimaksud procie ini atau bukan?

      Motherboard ECS yg seri chipset berapa? Kalau ECS A75F2-A2 Deluxe AMD Socket FM2, itu yg paling bagus dari ECS. Tapi dari segi merk, ECS ini kelasnya masih berada di bawah ASUS, GIGABYTE, dan MSI.

      Procie A10-7870K mendukung RAM DDR3 dan kapasitas memory 8GB sudah cukup untuk keperluan gaming atau desain grafis saat ini.

      Sayangnya untuk VGA GTX 730 4GB saya kesulitan untuk mencari referensinya. Apakah ada VGA Card NVidia seri GTX 730? Karena untuk seri 7, mulainya dari GTX 745, bisa dibaca disini: List of Nvidia graphics processing units ~ Wikipedia.

      Memang setahu saya NVidia tidak mengeluarkan seri GTX untuk 730, yg ada sih GT 730 dan GT 730M.

      Kalaupun ada, GPU dengan akhiran x30 adalah GPU low-end. VRAM 4GB terasa sia-sia jika melihat GPU-nya. Saran saya ganti dengan VGA Card yg lebih bagus.

      Hapus
  2. mas.. kalo saya mau pc nya buat desain tapi bisa main game hd juga, budget saya 12jt dapet semuanya mulai dari pc sampai monitor dll. kira2 spesifikasinya gimana yah mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dengan budget segitu, saya lebih merekomendasikan agan pakai VGA Card GTX 970, dipasangkan dengan Intel Core i5-4570 LGA 1150, kombinasinya bisa menghasilkan performa dahsyat dalam hal penggunaan gaming full HD 1080p, sekaligus cukup paten bila digunakan untuk 3D rendering / 2D / programming.. utk parts lainnya bisa mengikuti yg diatas, bisa juga memilih sendiri.. yg jelas kapasitas RAM 8Gb, MoBo Gigabyte G1 Sniper diatas sudah cukup bagus..

      Hapus
  3. wuah pas banget nih broo... thanks berat bro.. ane juga mau beliii pc utk grafis bt rendering lumion,3dmax,sketchup bgtu broo... kebetulan ane jauh di gorontalo, tpi minggu dpn mau ke jkt bt beli pc, dmn tempat yg rekomended donk? teruss klo budget saya 12 juta no satu sih desain grafis tpi yg bisa main game PES 2016 ituu apa vga amd saphhire itu udah bisa bro ??? makasih skli lagi bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf untuk late response, br sempat blogging.

      Tempat beli parts PC yg recommended di Jakarta jelas Harco dan Mall Mangga Dua di daerah Jakarta Utara (dekat Ancol), kalau tokonya yg terpercaya saya kurang bisa merekomendasikan, tapi dulu saya merakit komputer pertama saya dulu di Jakarta tepatnya di toko Quantum Computer dan Waroeng Komp yg lokasinya di Mangga Dua Mall Lt.V Blok D, kedua toko itu berdekatan kalau seingat saya.

      Untuk main game PES 2016, Sapphire AMD FIREPRO W4100 2Gb 128Bit DDR5 Ati Radeon PCI Express sudah sangat mencukupi untuk main game PES 2016, ini skor benchmarknya http://www.videocardbenchmark.net/gpu.php?gpu=FirePro+W4100

      Sedangkan kebutuhan system requirements yg direkomendasikan untuk PES 2016 bisa dibaca disini: Rakit PC Gaming Buat PES 2016 Dengan Budget 5jt.

      Hapus
  4. GTX 970 5jutaan gan tmbah i5 4570 2 jutaan udh 8 juta lebih gan :( VGA card yg 4gb utk Nvidia yg hampir menyamai kualitas gtx970 tpi kisaran harga 3jutaan gan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. VGA Card dengan VRAM 4GB dan kualitas GPUnya mendekati GTX 970 ya jelas si adiknya satu tingkat yaitu GTX 960, dan yg kisaran harga 3 jutaan ada beberapa, contohnya:
      - Digital Alliance GTX 960 Palit Jetstream 4GB 128Bit DDR5 NVidia PCI Express (Rp 3.525.000,-)
      - Gigabyte GTX 960 OC 4GB 128Bit DDR5 (GV-N960OC-4GB) NVidia PCI Express (Rp 3.875.000,-)
      - Inno 3D GTX 960 4Gb 128Bit DDR5 OC NVidia PCI Express (Rp 3.770.000,-)
      , merk yg saya sarankan jelas adalah Gigabyte, tergolong produsen VGA Card Tier 1 sekelas MSI dan ASUS.

      BTW GTX 970 ada yg 4,5jt, contohnya Zotac GTX 970 4Gb 256Bit DDR5 NVidia PCI Exp. (Rp 4.527.000,-)

      Hapus
  5. Mas Andrian pertama saya mau terimakasih atas artikelnya yg sangat membantu.

    Ngomong-ngomong mas Andrian misal saya ngerakit dengan bahan:
    -6th Generation Intel® Core™ i3-6100 Processor (3M Cache, 3.70 GHz)
    -MSI B150M PRO-VDH
    -MSI NVIDIA GeForce GTX 950 2GD5T OC
    -RAM Corsair CMK8GX4M2A2400C14R Vengeance LPX PC19200 8GB (2X4GB) DDR4
    -HDD Seagate 3.5 Inch sata 3 - 500 GB green Barracuda 7200RPM
    Itu sudah saling mendukung dan bagus apa tidak?
    Kalau sudah, sejauh mana kekuatannya untuk software apa atau game apa?
    Sekalian masukannya untuk PSU yg pas buat ngirit daya dan CASING yg cukup buat bikin adem.

    Lalu saya harus sedia budget berapa kira-kira?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saling support, udah bisa buat main game Assassin's Creed Unity, Metro Last Light, Far Cry 4, GTA V, Battlefield 4, dll, dengan setting maximum, diatas 30 fps

      Utk software tergantung mau pakai apa, kalau desain grafis ringan masih oke, kalau 3D rendering cukup berat.

      PSU yg bagus mgkn bisa pilih Corsair seri CX, Casing bisa pakai VenomRX atau yg lain-lain juga boleh.

      BTW kayaknya ente udah ane jawab via Hangouts ya.

      Hapus
  6. Gan mau tanya, kalo pake VGA dan Processor yg dibawah ini, bagusnya pake Motherboard apa ya..?
    VGA: Sapphire AMD FIREPRO W4100 2Gb 128Bit DDR5 Ati Radeon PCI Express.
    PROCESSOR: AMD Vishera FX-8350 4.0Ghz Cache 8MB 125W AM3+ [Box (4.0Ghz,Cache 8MB 125W)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagusnya pakai Asus M5A99FX PRO R2.0, ASUS SABERTOOTH 990FX R2.0 AM3+, atau ASRock 970 Extreme3. Menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan saja.

      Hapus
  7. Maaf gain numpang nanya ya maklumin aja masih newbie banget masalah beginian

    Ini artikel kan tuk versi detain grafis
    Nah, pertanyaan nya kalau tuk versi gaming seperti apa ya?
    (tuk game2 buerat saat ini, settingan grafis yang ultra-high, & luancar jaya kalo buat main)
    Mohon pencerahannya ya gan
    Tengkiu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibalas di bawah (walaupun telat bgt).. hehehehe

      Hapus
  8. Maaf banget nih gan
    Numpang nanya dong
    Maklum newbie

    Artikel ini kan versi tuk desain grafis
    Nah kalau versi tuk gaming bagaimana ya?
    Tolong pencerahannya
    Tengkiu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk gaming dibahas disini: Cara Merakit Komputer Gaming PC Sendiri (Panduan Lengkap).

      Mohon dibaca terlebih dahulu komentar2 yg sudah ada siapatau sudah pernah sy jawab sebelumnya.. thanks.

      Hapus
  9. Pagi mas adrian, mohon bantuanya, sy ingin merakit PC Untuk grafix design seperti 3dmax, dan budget yg sy siapkan 20juta, sekiranya sy bisa di bantu untuk merakit PC yg sesuai keperluan sy, dan mendapatkan PC yg sesuai dengan budget saya mas, mohon bantuanya ya mas, makasih
    Harry Rahmat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow, budgetnya sudah cukup besar dan mampu mengakomodir spek PC untuk graphic design menggunakan 3DS Max dkk..

      Hapus
  10. Gan mau nanya
    budget sy kan 10jt. kira-kira spesifikasinya gmn gan ntuk PC doang??
    mohon pencerahannya
    sebelumnya Terima Kasih Gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kebutuhan, untuk gaming atau untuk desain grafis?

      Hapus
  11. Gan request post yg core i7 gan..
    Terimakasih sebelumnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Core-i7 seri LGA berapa mas? Sklyake? Broadwell? atau Haswell?

      Hapus
  12. bro saya kemarin coba simulasi ngerakit pc buat rendering arsitektur , semisal lumion 3ds max, skp dll,,, saya coba pilih his radeon r9 380x untuk vganya , apakah sudah cocok memilih vga tersebut? apakah ada saran untuk vga yang lebih baik dari itu dengan budget dibawah 3.2jt ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah cukup bagus mas, VGA kelas mid-range dengan performa diatas NVidia GTX 960 tapi masih sedikit di bawah GTX 970.

      Saya rasa pilihannya sudah pas, mengingat VGA card lain dengan kemampuan lebih baik dari R9 380X harganya berkisar di rentang 4-jutaan.

      Hapus
  13. Gan Gua binggung Nih enak nya kalo Rakit PC Untuk desain grafis dan drawing bangus nya pake apa ya , Budget 13 jt nih kaya gmana ya udh sama Monitor yang cocok deh !
    Pls bales pecet ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keperluannya hanya untuk desain grafis dan drawing saja atau PC-nya juga mau sekalian dipakai untuk main game full HD?

      Karena kalau desain grafis dan drawing professional saja, saya akan menyarankan menggunakan kartu grafis dengan seri Quadro atau FirePro.

      Hapus
  14. bang budget gua 13 jt nih gua mau Rakit PC Untuk Desain grafis dan drawing kalo bisa udh sama monitor yang pas ! tolong saran nya ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. nunggu yang diatas dijawab dulu baru ane bisa kasih saran spek..

      Hapus
  15. Mas saya mau tanya, apa bisa ditekan lagi harganya ya? Saya ga ngerti tentang spesifikasi untuk pemakaian adobe after effects dan adobe premiere pro, bisa di sarankan dengan budget 5-7jt mas? Saya juga ingin tau lebih worth ke pc atau laptop ya dengan budget segitu mas. Terima kasih.

    BalasHapus
  16. halo, gan adrian. terima kasih krn sdh membuat artikel yg bagus & sgt membantu byk org ini. trus kebetulan saat ini sy pun ingin masukan mengenai rakitan pc utk keperluan rendering & gaming. aplg td sy baca agan ada mention ttg sinergi antar hardware, peluang upgrade, ssd utk performa, psu berkualitas & casing yang tepat. mengingat saat ini byk produk terbaru di pasaran, dr inter 6th gen s/d mobo & vga keluaran terbaru, sehingga sy jd ingin 'all out'. kira2 bgmn simulasi rakitan terbaik produk pasaran saat ini terutama utk keperluan rendering & gaming? seandainya budget 20jt (exc monitor keyboard). terima kasih sudah mau membantu sy yg sgt awam ini.

    BalasHapus
  17. Mas mau nanya buat spek pc buat editing video after effects sama premiere pro cc gimana ya buildnya? Oh iya ada dana 5-7 juta mas makasihh

    BalasHapus
  18. Siang mas.....ini saya ada budget 12 juta...mw rakir pc untuk desain grafis,,drawing,modeling 3D dan rendering pakai lumion...sekalian bisa buat nge game..tolong sarannya...itu sudah sekalian sama monitor nya...

    BalasHapus
  19. permisi gan, saya mau merakit komputer dengan budget max di kisaran sekitar 13 14 juta. keperluannya untuk desain grafis dan juga untuk bermain game ( syukur" bisa HD ) . dikarenakan saya awam dengan jeroan-jeroan di dalam PC, minta tolong agan untuk merekomendasikan kepada saya mengenai part" rekomendasi agan termasuk monitornya serta keyboard dan mousenya juga. dan juga saya akan pakai PC tersebut dalam kurun waktu minimal 5 tahun. apakah performance PC akan sanggup ?
    . maaf banyak nanya dan jadinya curhat hehehe. saya membutuhkannya dalam waktu cepat soalnya gan. terima kasih gan

    BalasHapus
  20. saya sangat suka dengan blog ini, sangat membantu, dan saya baca komen nya admin selalu menjawab dan mudah di mengerti, admin yg sangat langka. saya langsung bookmark :)

    saya ingin merakit pc render 3D (keperluan arsitek) dan sesekali bermain game, saya sudah ditawarkan spek oleh toko seperti ini, apakah sudah bagus ya min? mohon pencerahan nya!

    LED LG 21.5" 22 MP67 IPS FULL HD : Rp 1.875.000
    Core Core i7 4790 : Rp 4.285.000
    VGA Gigabyte - GV-N740D5OC-2GI : Rp 2.180.000
    CORSAIR CMZ16GX3M2A1600C10R PC 2x8 GB : Rp 1.725.000
    HDD INT SEAGATE 1 TB SATA3 3.5" : Rp 750.000
    DVDRW INT LG 24X : Rp 185.000
    KEYBOARD USB & MOUSE USB LOGITECH MK120 : Rp 165.000
    BOARD GIGABYTE H 97- HD3 : Rp 1.750.000
    ENLIGHT EN 4120 + PSU 750W : Rp 2.000.000

    dan untuk hrga nya sudah masuk akal kah, saya di daerah denpasar bali.
    saya tunggu pencerahannya!

    BalasHapus
  21. Mas bro..saya mo rakit komp workstation untuk rendering 3d, tp budget 22jt. Lgi bingung d vga nih.....mnding quadro k620 ato gtx 970 turbo ya...? Mohon masukannya....processornya pake i7 6700k.

    BalasHapus
  22. Mas bro..saya mo rakit komp workstation untuk rendering 3d, tp budget 22jt. Lgi bingung d vga nih.....mnding quadro k620 ato gtx 970 turbo ya...? Mohon masukannya....processornya pake i7 6700k.

    BalasHapus
  23. Mas bro..saya mo rakit komp workstation untuk rendering 3d, tp budget 22jt. Lgi bingung d vga nih.....mnding quadro k620 ato gtx 970 turbo ya...? Mohon masukannya....processornya pake i7 6700k.

    BalasHapus
  24. maaf saya salah memasukan part VGA nya, yg benar adalah GTX 750, gigabyte.

    BalasHapus
  25. terima kasih masukannya gan....saya copy sedikit ya buat blog saya, buat teman-teman sekalian dan saya link juga ke situs agan. ^^. ini blog saya butuh-it.blogspot.com

    BalasHapus
  26. Permisi gan tanya dikit donk, ane mw rakit komputer dengan spek kya gini nih.. kira2 performance nya bagus gak buat ngegame seperti sniper ghost warrior 1&2, sniper elite, CoD series, sama pes 2016 ?

    AMD Vishera FX-4300
    Asus M5A97 Evo R2.0
    Kingston HYPERX FURY-4GBx2 DDR3
    Seagate SATA III 1 TB
    Asus GTX 960 Turbo 4GB 128Bit DDR5

    dikit lagi nih gan klw buat desain dekstop publishing masalah spek diatas..?
    makasih gan

    BalasHapus
  27. Masbro..sedang rakit PC nih speknya
    I5 4570 3.2G
    Gigabyte GA-H81N-DS2 socket 1150
    Asus GT 730 2G/128
    Vgen PC 12800/1600 4Gb DDR3

    yang mo gw tanyain ini udah compatible apa belum yaa..mohon masukannya yaa

    BalasHapus
  28. Siang mas.. mau minta bantuan nih. minta spek buat PC arsitek mas, budget minim, 10jt. Mau pakai autocad, 3d max ps.
    Makasih...

    BalasHapus
  29. Gan, kalau misalnya CPU nya maunya i7 3770 total jadi kena berapa ya ?

    BalasHapus