Waspada Penipuan CPNS TUCHID JATMIKO

Kronologis

Pada tanggal 16 Oktober 2014, seseorang meninggalkan komentar di blog yang saya kelola. Komentar tersebut berbunyi seperti ini:

"(KISAH SUKSES)Dedy ramli; Lolos PNS Guru di lingkungan PEMDA Berau)
Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra, Sudah 11 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, dan membayar 45 jt namun hasilnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk TAUCHID DJATIKO Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya, Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :
1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.
2. Terimakasih untuk khususnya Bpk.Drs.TUCHID JATMIKO.Msi beliau selaku Kepala tim pengadaan CPNS BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama
ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi bpk Drs TUCHID JATMIKO Atau KLIK http://bkn-id.blogspot.com
Untuk Melihat Profil Bliau, Siapa tau beliau mau bantu."
Penipuan_CPNS_atas_nama_Drs_TUCHID_JATMIKO
Screenshot komentar testimoni palsu untuk modus penipuan lulus PNS atas nama Tuchid Jatmiko.

Penelusuran

Setelah saya telusuri ke alamat http://bkn-id.blogspot.com, ternyata weblog tersebut adalah situs palsu yang disamarkan seolah-olah blog ini adalah situs kepunyaan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan memasang sebuah profil kepegawaian atas nama Drs TAUCHID JATMIKO, M.Si.

Saya tidak mengetahui apakah profil ini adalah profil asli yang dicatut oleh penipu atau profil fiktif yang direkayasa untuk menipu. Tapi yang jelas saya meyakini bahwa situs blog scam ini ditujukan untuk menipu calon korban agar percaya dengan profil Drs TAUCHID JATMIKO yang ditampilkan dan berusaha untuk menghubungi nomor 0851-45342299 yang tertera di profil palsu tersebut untuk diloloskan menjadi PNS.
Situs_Palsu_BKN_Profil_Tauchid_Jatmiko
Screenshot situs / blog scam palsu BKN yang menampilkan profil Drs. Tauchid Jatmiko

Saya merasa bahwa ini adalah modus penipuan dengan trik diluluskan PNS yang baru, dan mungkin situs ini akan efektif untuk menjaring korban yang kurang memahami internet secara utuh, bahwa blogspot adalah situs blog gratisan yang bisa dijadikan ajang scam untuk kegiatan penipuan jual beli online, penipuan bermodus undian berhadiah, dan yang baru kali ini saya temukan: memajang profil PNS BKN fiktif beserta nomor telepon genggam (HP) di scam blog, dan menyebar testimoni palsu berupa komentar di jaringan blog / media sosial. Ini harus diwaspadai, karena sangat mungkin testimoni palsu tersebut sudah disebar di facebook / twitter dan dibaca oleh ribuan orang.

Imbauan

Saya mengimbau kepada orang-orang yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini agar lebih waspada dengan trik-trik atau modus yang dilakukan oleh para penipu di internet. Mereka ibarat virus yang terus mengubah dirinya sesuai dengan pertahanan masyarakat terhadap modus penipuan, setiap kali aksi mereka sudah diketahui modusnya, mereka akan segera mengubah pola triknya, entah hanya modifikasi terhadap trik penipuan yang sebelumnya, atau menciptakan modus yang benar-benar baru.

Saya juga mengimbau kepada aparat penegak hukum agar lebih aktif memantau modus-modus penipuan yang tersebar nyata di dunia maya lengkap dengan nomor telepon para penipu tersebut. Juga kepada Kementerian Kominfo agar membuka pos pengaduan online yang dipantau 24 jam, sehingga mudah untuk melaporkan situs yang melakukan kegiatan penipuan online dan bisa segera diproses untuk ditutup/diblokir dan diteruskan ke pihak penegak hukum terkait.

Beberapa Trik / Modus Penipuan Online

Beberapa diantara modus tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Membuat situs jual beli online menggunakan domain blogspot, atau bahkan dotcom, kemudian memajang beragam produk elektronik dengan harga murah jauh dibawah harga aslinya di pasaran, lalu menyebarkan testimoni palsu melalui akun-akun facebook yang sudah di hack.
  2. Apabila ada korban yang sudah terlanjur tetipu dan sudah mentransfer uang ke pelaku, maka pelaku akan menelepon korban dengan mengaku sebagai petugas Bea dan Cukai di Bandara, menyatakan bahwa barang pesanan korban sudah sampai di Kantor Pos / Bandara. Korban diminta untuk mentransfer lagi sejumlah uang atau diancam akan ditangkap karena membeli barang selundupan (black market).
  3. Membuat situs pengumuman undian berhadiah, biasanya dari operator telekomunikasi ataupun produsen berbagai jenis produk, lalu memajang nomor PIN. Pelaku kemudian menjaring korbannya melalui kiriman SMS seolah-olah mengumumkan pemenang undian lengkap dengan nomor PIN yang sebelumnya sudah dipasang di blog scam undian berhadiah
  4. Membuat situs berisikan profil fiktif pegawai Badan Kepegawaian Negara atas nama tertentu, lalu menyebar testimoni palsu bahwa pegawai fiktif tersebut berhasil meloloskan dirinya dalam test CPNS sehingga korban tertarik untuk menghubungi nomor telepon yang sudah disertakan dalam profil palsu tersebut.
  5. Dan lain-lain.
Untuk itu dalam artikel ini saya dengan jelas menyatakan kepada para pembaca agar:

WASPADA TERHADAP PENIPUAN CPNS MENGATAS-NAMAKAN DRS TUCHID JATMIKO

Laporan ini sudah saya teruskan ke situs BKN.go.id yang sebenarnya dan ini sekaligus adalah suatu bentuk tanggungjawab moral saya sebagai seorang blogger yang baik. Komentar tersebut diatas sudah saya hapus demi keamanan para pengunjung blog saya, mengingat saya tidak ingin ada orang yang tertipu melalui blog yang saya kelola.

Saya membuat artikel ini hanya untuk mengingatkan para netizen agar lebih waspada terhadap berbagai modus penipuan yang terjadi di dunia maya. Semoga mendapat perhatian dan tindaklanjut dari pihak terkait.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

4 komentar:

  1. thanks infonya sob, sangat bermanfaat,
    saya juga sering menemukan hal hal seperti itu, tapi saya acuh kan aja, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah berkunjung, mas...

      Saya inginnya mengacuhkan saja, tetapi saya khawatir ada orang-orang yang kurang paham internet langsung percaya begitu saja dan terjebak untuk menghubungi si penipu itu...

      Sayang sekali kalau saya hanya diam saja, minimal dengan menulis article ini seseorang yang penasaran bisa membaca lebih lanjut tentang Penipuan Mengatasnamakan Tuchid Jatmiko dan tidak jadi tertipu...

      Hapus
  2. Betul gan,
    Saya juga sering lihat komentar yang mempromosikan Drs. Tuchid Jatmiko, Msi. di berbagai situs berita populer.
    Betul sekali, website blogspot memang sering disalahgunakan untuk penipuan semacam ini. Website pemerintahan seharusnya menggunakan domain .go.id dan website perusahaan seharusnya menggunakan domain .co.id.

    BalasHapus
  3. Mohon masukan saya hari kamis di suruh berangkt ke jakarta. Untuk ikut tes wawancara PNS..

    BalasHapus