Pengaruh Efek Perceraian pada Anak

Cerai

Apa yang ada di pikiran Anda ketika melihat tulisan tersebut? Saya berpikir tentang Anak-anak. Lalu apa saja pengaruh atau perceraian pada buah hati mereka sebelum bercerai?

Lihat foto dibawah ini. Seorang anak yang terjebak di tengah-tengah pertengkaran kedua orangtuanya akan merasa sedih, bingung, tertekan, dan ia menjadi anak yang murung, ketidakmampuannya memahami apa penyebab yang membuat kedua orangtuanya saling berkata-kata keras menghambat pertumbuhan psikologis (mental) dan fisiknya. Untuk anak yang sedang bersekolah, ia menjadi tidak tertarik dengan belajar dan lebih senang berkumpul dengan teman-temannya. Well that's my own opinion, based on my own experience.

Foto ini menjelaskan semuanya.

Pengaruh Perceraian pada Anak

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian berkualitas tinggi yang telah memungkinkan "meta-analisis" dari penelitian yang dipublikasikan sebelumnya, telah menunjukkan efek negatif dari perceraian terhadap anak-anak terlalu dilebih-lebihkan.

Di masa lalu kita membaca bahwa anak-anak dari perceraian menderita depresi, gagal dalam sekolah, dan mendapat masalah dengan hukum. Anak-anak dengan gangguan depresi dan perilaku menunjukkan indikasi masalah tersebut terjadi pada saat predivorce, disebabkan karena adanya konflik sebelum perceraian orangtua.

Para peneliti sekarang melihat konflik, daripada perceraian, sebagai single faktor yang utama sebagai penentu yang paling penting dalam penyesuaian pasca-perceraian anak-anak. Anak-anak yang berhasil setelah perceraian, memiliki orang tua yang dapat berkomunikasi secara efektif dan bekerja sama dengan orang tua.

Sebenarnya, reaksi psikologis anak-anak untuk perceraian orangtua mereka bervariasi dalam tingkat tergantung pada tiga faktor:
  1. Kualitas hubungan mereka dengan masing-masing orang tua mereka sebelum pemisahan,
  2. Intensitas dan durasi konflik orangtua, dan
  3. Kemampuan orang tua untuk fokus pada kebutuhan anak-anak dalam perceraian mereka.

Studi menunjukkan anak laki-laki yang lebih tua memiliki masalah penyesuaian sosial dan akademik yang lebih besar dibandingkan anak perempuan. Bukti baru menunjukkan bahwa ketika anak-anak memiliki waktu yang sulit, anak-anak menderita sama; mereka hanya berbeda dalam bagaimana mereka menderita. Anak laki-laki lebih eksternal gejala dibandingkan anak perempuan, mereka bertindak kemarahan mereka, frustrasi dan sakit hati. Mereka mungkin mendapat masalah di sekolah, berjuang lebih dengan teman sebaya dan orang tua. Anak perempuan cenderung menginternalisasi penderitaan mereka. Mereka mungkin menjadi depresi, mengalami sakit kepala atau sakit perut, dan memiliki perubahan pola makan dan tidur mereka.

Penurunan pendapatan orang tua sering disebabkan oleh pendapatan yang sama sekarang mendukung dua rumah tangga secara langsung mempengaruhi anak-anak dari waktu ke waktu dalam hal nutrisi yang tepat, keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler, pakaian (tidak ada jeans rancangan desainer dan sepatu mewah), dan pilihan sekolah. Kadang-kadang orang tua yang telah tinggal di rumah dengan anak-anak dipaksa ke tempat kerja dan anak-anak mengalami peningkatan dalam waktu dalam perawatan anak.

Lanjutan keterlibatan seorang anak dengan kedua orang tuanya memungkinkan untuk hubungan yang realistis dan lebih seimbang di masa depan. Anak-anak belajar bagaimana menjadi dalam hubungan dengan hubungan mereka dengan orang tua mereka. Jika mereka aman dalam hubungan mereka dengan orang tua mereka, kemungkinan mereka akan beradaptasi dengan baik untuk berbagai jadwal waktu bersama-dan pengalaman keamanan dan kepuasan dalam hubungan intim mereka di masa dewasa. Dalam situasi khas di mana ibu memiliki hak asuh atas anak-anak, ayah yang terlibat dalam kehidupan anak-anak mereka juga ayah yang anaknya dukungan dibayar dan yang berkontribusi terhadap biaya yang luar biasa untuk anak: hal-hal seperti sepak bola, pelajaran musik, gaun prom, atau perjalanan kelas khusus. Salah satu faktor penting yang memberikan kontribusi untuk kualitas dan kuantitas keterlibatan ayah dalam kehidupan anak adalah sikap ibu terhadap hubungan anak dengan ayah. Ketika ayah meninggalkan pernikahan dan menarik diri dari peran orangtua mereka juga, mereka melaporkan konflik dengan ibu sebagai alasan utama.

Perasaan sedih seorang anak ketika Ayah dan Ibu kandungnya memutuskan untuk berpisah.

Dampak ayah atau kehilangan ibu tidak mungkin berkurang oleh pengenalan orang tua tiri. Tidak ada yang bisa menggantikan ibu atau ayah. Dan tidak ada yang bisa menghilangkan rasa sakit bahwa seorang anak merasa ketika orangtua memutuskan untuk menarik diri dari kehidupan mereka. Sebelum memulai sebuah keluarga baru, mendorong klien untuk melakukan beberapa bacaan pada mitos umum langkah keluarga. Seringkali orang tua beranggapan bahwa setelah pernikahan tersebut "kita semua akan hidup sebagai satu keluarga besar." Hubungan Langkah keluarga perlu dinegosiasikan, harapan harus diungkapkan, peran perlu didefinisikan, tujuan realistis perlu ditetapkan.

Sebagian besar remaja (dan orang tua mereka) akhirnya menyesuaikan untuk bercerai dan menganggapnya sebagai telah tindakan konstruktif, tetapi sepertiga tidak. Dalam contoh-contoh, gejolak fase perceraian (bagaimana permusuhan pertempuran itu), telah ditunjukkan untuk memainkan peran penting dalam menciptakan reaksi yang tidak sehat pada remaja yang terkena dampak.

Joan Kelly, PhD, mantan presiden Academy of Family mediator dan peneliti perceraian terkemuka dari California melaporkan bahwa, tergantung pada kekuatan ikatan orang tua-anak pada saat perceraian, hubungan orangtua-anak berkurang dari waktu ke waktu untuk anak-anak yang melihat ayah mereka kurang dari 35% dari waktu yang tersedia.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar