Tips Memilih Merk Produsen VGA NVidia Terbaik

VGA Card

Gamers, mungkin Anda sering kebingungan ketika memilih motherboard dan VGA Card saat ingin merakit sebuah dekstop PC, dikarenakan saking banyaknya merk yg beredar di Indonesia saat ini. Dalam artikel ini akan diulas secara singkat tentang berbagai merk yang banyak dijual dipasaran, siapa produsennya, dan bagaimana reputasinya di dunia.

Sebelumnya, perlu dipahami agar tidak terjadi kerancuan, artikel ini membahas tentang merk dagang yang diproduksi oleh produsen VGA Card, bukan seri dari GPU yang digunakan. Jadi seri GPU NVidia GTX 460 misalnya, dapat digunakan oleh berbagai merk misalnya AFOX GTX 460, MSI GTX 640, GIGABYTE GTX 460, dan lain-lain. Jadi GTX 460 adalah Graphic Processing Unit (GPU) yang diproduksi oleh NVidia, dan AFOX / MSI / GIGABYTE adalah produsen atau merk dagang yang digunakan oleh produsen VGA Card.

Berikut ini adalah sejumlah merk produsen Video Graphic Card yang banyak beredar di Indonesia:
  • AFOX

    AFOX CORPORATION Ltd. yang berbasis di Hongkong ini merupakan pemain baru di dunia gaming. Tetapi produknya cukup banyak yang dilepas ke pasaran. Mulai beroperasi sejak Juni 2008 (baru berusia 6 tahun), produsen ini mengklaim perusahaan mereka sebagai Leading manufacturer of Graphics Card, Motherboard and Laptop. Kantor pusatnya berada di Hong Kong dan memiliki beberapa kantor representative di USA (New Castle), GERMANY (Hueckelhoven), TAIWAN (Taipei), RUSSIA (Moscow). Pan-Asia Sales office berada di CHINA (Shenzhen) dan mereka mengklaim memiliki pabrik yang sudah bersertifikat ISO 9001. Website resmi mereka bisa dikunjungi di: http://www.afox-corp.com. Sayangnya apabila dilihat sepintas dari websitenya tampaknya produk ini kurang digarap dengan serius, mencirikan sebagai produk buatan China yang berharga murah namun berkualitas rendah. Tidak ada satupun referensi yang valid dan dapat dipercaya tentang AFOX, terutama dari Wikipedia, menandakan bahwa perusahaan ini belum menjadi bagian dari sejarah industri komputer dunia.

  • ASUS

    ASUS adalah perusahaan pemain besar yang sudah lama menguasai industri teknologi komputer. Perusahaan ini adalah produsen notebook dan laptop terbesar ketiga di dunia dan peraih penghargaan terbanyak dari berbagai seri motherboard yang laris terjual di pasaran. Sedangkan khusus untuk VGA, produsen ini berada di jajaran lima besar terbaik dunia, sehingga kualitas produknya tidak perlu diragukan lagi. ASUSTeK Computer Inc. yang bermarkas di Beitou District, Taipei, Taiwan, berhasil menempatkan ASUS sebagai vendor PC terbesar kelima di dunia pada tahun 2013 berdasarkan unit produk yang terjual secara keseluruhan. (setelah Lenovo, HP, Dell and Acer). ASUS merupakan perusahaan dengan rangking 10 besar di benua asia dalam bidang Information Technologi dan sekaligus sebagai peringkat pertama alias paling top dalam katagori produsen IT Hardware pada tahun 2008 di Taiwan. Jadi menjatuhkan pilihan Anda kepada merk ASUS saya rasa bukanlah merupakan suatu kesalahan.

  • AXLE

    Website cukup informatif, walaupun ada beberapa iklan produk yang cukup membingungkan karena menggunakan bahasa China. AXLE International Holding Limited, mulai didirikan sejak tahun 1988, lebih dari 20 tahun berkompetisi dan hingga saat ini masih menelurkan produk menandakan bahwa perusahaan ini telah melewati seleksi alam di kompetisi industri manufaktur teknologi yang sangat ketat. Sayangnya website ini menyombongkan pabriknya di daratan China yang memiliki lebih dari 600 orang pegawai dengan kapasitas produksi hingga 190 ribu unit hardware per bulannya. Jika dibaca oleh para petinggi ASUS, maka mereka akan membacanya sambil tersenyum. :) Jadi kesimpulannya, merk ini adalah merk kelas menengah ke bawah, produk China tetapi dilihat dari lamanya mereka sudah beroperasi, menandakan bahwa produknya sukses melewati seleksi alam. (Kalau produknya tidak bagus tentu tidak laku sehingga perusahaan seharusnya sudah tutup sejak lama). Boleh dipertimbangkan untuk mencari produk China yg murah tapi tetap terjaga kualitasnya.

  • BIOSTAR

    Biostar Microtech International Corp (atau apabila ditulis dalam aksara China: 映泰股份有限公司) sejatinya adalah perusahaan produsen motherboard yg berbasis di Taiwan. Terdaftar di bursa saham Taiwan Stock Market merupakan bukti bahwa perusahaan ini bukan produsen kacangan, dijual dengan nomor identitas saham (kode emiten) TWSE: 2399. Biostar memproduksi mulai dari entry-level, mainstream hingga high-end markets. Berdiri sejak tahun 1986, mengartikan bahwa produsen yg satu ini cukup makan asam garam di kompetisi industri komputer dunia. Biostar bahkan sudah memproduksi alat penambang bitcoin profesional, sehingga dapat dikatagorikan perusahaan ini selalu berusaha menelurkan produk yg up-to-date mengikuti perkembangan zaman. Walaupun deskripsi yg diberikan Wikipedia tidak terlalu banyak, tapi Websitenya digarap dengan baik dan sangat informatif, download driver pun terasa mudah karena difasilitasi dengan sangat lengkap. Cukup layak untuk dijadikan pilihan apabila Anda ingin membeli motherboard atau VGA Card, produsen Taiwan dengan latar belakang yg jelas.

  • DIGITAL ALLIANCE

    Ini cukup membingungkan, saya tidak menemukan sedikitpun referensi tentang Digital Alliance di Wikipedia. Bahkan situsnya pun hanya tersedia dalam bahasa Indonesia di alamat http://www.digitalalliance.co.id/ dan saya tidak menemukan situs resminya yg berbahasa asing (english / chinese). Apakah merk ini memang asli produksi Indonesia? Mungkin ada readers yg bisa menjawab. Tapi yang pasti Service Center-nya tersebar cukup banyak di Indonesia, hingga di delapan kota besar seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Medan, Makassar, Bandung, dan Yogyakarta. Pilihan yg cukup menarik dikarenakan Anda tidak perlu khawatir apabila terjadi kerusakan, untuk klaim garansi bisa dilakukan di kota terdekat dari tempat Anda. Sehingga Anda tidak perlu risau lagi apabila berdomisili di luar Jakarta dan saat klaim garansi akan mendapatkan jawaban: "mohon maaf, barang masih dikirim ke Jakarta.." dan bulan depannya lagi balik ke distributor mendapat jawaban "mohon maaf, akan kami cek dulu.." atau "barang masih di Jakarta, belum dikirim kembali kesini.." =D (saya tuliskan karena ini sudah sangat sering terjadi apabila kita klaim garansi di distributor di daerah luar Jakarta). Sedikit testimoni dari salah satu rekan saya yg menggunakan produk Digital Alliance, yg mengatakan bahwa dia sangat puas karena pernah membeli VGA Card yg setahun dipakai rusak, ternyata saat di klaim garansi langsung diganti baru oleh distro nya di Mangga Dua Mall, Jakarta Utara. Jadi Dig All ini dapat diandalkan jika Anda ingin memilih produk VGA yg tepat.

  • FORSA

    Tidak menjanjikan banyak perubahan, kurang lebih sama saja dengan AFOX. Web sederhana, tanpa referensi apapun tentang profil perusahaan di internet. Diklaim berdiri sejak tahun 1998 tetapi tidak ada referensi tentang profil perusahaan di web yg kredibel (cukup aneh). Berkantor di Hong Kong, pabriknya di Shenzen dan Dongguan, China, dengan 800 orang karyawan yg diklaim sudah sertifikasi ISO 9001 dan bla-bla bla. Anda jangan keliru dengan website forsa berbahasa Indonesia karena itu bukan website dari produsen VGA Card yg sedang kita bahas, tetapi website resmi dari notebook/laptop merk Forsa yg diproduksi oleh KENT Komputer. Jadi dikarenakan produk VGA ini sangat minim informasi yg bisa ditemukan tentang perusahaan produsennya, tidak direkomendasikan apabila Anda sedang memilih sebuah perangkat komputer. Alasannya jelas: Layanan purna jual (garansi dan sebagainya) tidak terjamin dengan baik.

  • GAINWARD

    Merk yg satu ini cukup mengejutkan saya. Cukup mengetik Gainward di google dan Anda akan menemukan referensi lengkap tentang produk yg satu ini. Walaupun ulasan profil tentang Gainward di Wikipedia tidak terlalu panjang, tetapi sitemap dari situs resminya cukup lengkap dan informatif. Bahkan laman resmi produsen GPU yg sedang kita bahas, NVidia, menobatkan perusahaan ini sebagai premium board partners dari NVidia. Kemungkinan hal tersebut dikarenakan komitmen dari Gainward untuk selalu menggunakan chipset GPU produksi NVidia secara eksklusif dalam setiap seri produknya. Walaupun Gainward pernah merilis VGA Card yg berintikan GPU ATI pada masa kesuksesan ATI 4800-series, tetapi produsen ini diketahui tidak lagi memproduksi VGA Card yg menggunakan GPU produksi ATI. Dengan website yg tertata rapi dan menarik, tidak sulit untuk mencari informasi dari perusahaan ini. Kantor pusatnya berada di Taiwan dan Jerman.

      Produk Gainward terkenal akan "overclockability" atau kemudahan dalam melakukan overclock sehingga kemampuan overclocknya diatas rata-rata. Perusahaan ini juga merilis sejumlah kartu grafis yg spesifikasinya ditentukan secara eksklusif oleh NVidia sehingga memaksimalkan kinerja GPU yg ditanamkan didalamnya.

      Gainward juga dikenal akan metode Golden Sample range dari kartu grafis yg diproduksinya. Kartu-kartu grafis ini akan di overclock terlebih dahulu hingga melebihi batasan maksimalnya dan diuji-coba berkali-kali sebelum dipasarkan, hanya untuk memastikan kualitas dan kepuasan dari penggunanya. Contoh kartu-kartu yg sudah diproses dengan metode Golden Sample adalah Nvidia GTS 450, GTX 460 and GTX 470. Seringkali kartu-kartu Golden Sample ini di bundling dengan game voucher yang bisa digunakan oleh pembelinya untuk mendownload salah satu game yang dipilih melalui internet. Kartu-kartu yang diproduksi akhir-akhir ini sudah sepaket dengan sebuah game. Kesimpulannya? Untuk sementara dapat dikatakan VGA Card Gainward adalah pilihan terbaik jika Anda ingin menggunakan GPU NVidia untuk pengolah grafis pada komputer rakitan Anda. Kualitas premium dan dibuat eksklusif untuk NVidia GPU.

  • GALAXY

    Bisa dibilang ini adalah perusahaan campur-campur, dikarenakan selain memproduksi VGA Card, mereka juga memproduksi smartphone, tablet, charger wireless, selain dari hardware komputer seperti SSD dan Power Supply Unit. Terlepas dari diversifikasi produk yang dilakukan, mereka tetap mempertahankan produksi VGA Card sebagai core / inti bisnis yang mereka jalankan. Diklaim berdiri sejak 1994, saya tidak menemukan review atau ulasan yang cukup valid dari perusahaan ini. Selain dari site-map yang tidak digarap secara profesional, saya juga kesulitan untuk menemukan logo perusahaan ini agar bisa ditampilkan pada artikel yang sedang saya tulis. Walaupun websitenya cukup menarik dan informatif, tapi tidak menghalangi saya untuk mengklasifikasikan merk ini dalam kelas yang sama dengan merk AFOS dan FORSA.

  • GIGABYTE

    Gigabyte Technology Co., Ltd. (dalam aksara China: 技嘉科技股份有限公司; pinyin: Jìjiā Kējì Gŭfèn Yŏuxiàn Gōngsī, lit. High Skill Technology Corporation) adalah sebuah perusahaan manufaktur produk hardware komputer yang berbasis di Taiwan, utamanya dikenal pada produk-produk motherboard. Perusahaan ini sudah go-public dan sahamnya diperdagangkan di bursa saham Taiwan Stock Exchange.

    Berdiri sejak tahun 1986, mereka tidak hanya menjual produk hardware komputer langsung kepada konsumen, namun juga sebagai produsen parts komputer custom yang dipesan langsung oleh produsen lainnya seperti misalnya Alienware and Falcon Northwest. Mr. Pei-Cheng Yeh mendirikan GigaByte Technology Co. Ltd. pada tahun 1986 dan telah menjadi Chairman di perusahaan yang didirikannya sejak 1986. Gigabyte dikatagorikan oleh komunitas industri parts komputer sebagai perusahaan manufaktur Motherboard Tier 1 (didasarkan pada jumlah units yang terjual) bersama dengan Micro-Star International (MSI), Elitegroup Computer Systems (ECS) dan Asus. Jadi terjawab sudah, apabila Anda ingin membeli motherboard, maka pilihan Anda hendaknya jatuh kepada Gigabyte, MSI, ECS, atau ASUS. Sedangkan untuk VGA, sementara ini pilihan saya masih jatuh kepada Gainward :D (personal opinion).

  • INNO

    Jika browsing tentang INNO, jangan tertukar dengan sebuah perusahaan kasino yang berpusat di Paris-Perancis. Menurut situs resminya, INNO adalah sebuah perusahaan pionir di industri multimedia PC hardware product. Di klaim berdiri sejak 1998, bahkan pabriknya dikatakan sudah berdiri sejak 1990, namun tidak satupun referensi valid tentang perusahaan ini kecuali dari forum-forum tertentu yang membahas tentang produknya. Berkantor dagang di Hong Kong dan pabriknya di Shenzen - China, perusahaan ini mengklaim sudah memperoleh sertifikat ISO 9001-2000 untuk pabriknya. Dan tidak ketinggalan memajang sejumlah piagam penghargaan di webnya. Tapi dengan klaim sebagai pionir dan pajangan piagam penghargaan justru membuat saya akan menempatkan produk INNO di level bawah.

  • LEADTEK QUADRO

    Leadtek Research, Inc. adalah sebuah perusahaan Taiwan, didirikan pada tahun 1986, dimana mereka memfokuskan pada penelitian dan perkembangan yang dispesialisasikan pada rancangan dan manufaktur kartu grafis. Produk dari Leadtek Computer Group adalah termasuk dari seri WinFast Series 3D graphics accelerators (of the NVIDIA GeForce line, mainstream and workstation-class), motherboards dan multimedia cards . Sedangkan Leadtek juga memiliki divisi komunikasi, dimana produk dari Communications Group termasuk dari telepon khusus untuk video, surveillance, dan GPS solutions. Leadtek diketahui sebagai pionir dari perusahaan produsen GPS yang pertama didirikan di Taiwan. Website resminya cukup lengkap dan informatif, referensi valid, dan berhubung perusahaan ini memang memfokuskan inti usahanya sebagai produsen kartu grafis, maka layak dijadikan pilihan Anda ketika sedang mencari merk VGA Card yang bagus.

  • MANLI

    Ada yang membuat saya tergelitik ketika mengetik "MANLI" di google search, lalu muncul website resmi manli di hasil pencarian teratas dan deskripsi yang dituliskan dibawah link web sungguh lucu: "Manli Tachnology Group Ltd. Website. Established in 1996, Manli is the world?s largest and most innovative manufacturer of graphics cards". Kenapa saya katakan lucu? Selain dari pengetikan kata Technology yang salah, diketik "Tachnology", website ini juga mengklaim Manli sebagai perusahaan manufaktur kartu grafis terbesar di dunia dan paling inovatif. =D. Terbesar di dunia? Di dunia fantasy mungkin, bahkan mereka sendiri juga tidak yakin dengan menaruh tanda tanya di belakang kata world (kemungkinan sih salah ketik, pengennya mencet ' tetapi malah jatuh ke ?). Sudahlah, tidak usah dibahas panjang lebar, cukup langsung taruh MANLI di posisi terbawah bersama dengan Galaxy. =D (penulis yang cukup kejam :D)

  • MSI

    Micro-Star International Co., Ltd (MSI) (dalam aksara China: :微星科技, "Micro-Star Technology") adalah sebuah perusahaan elektronik asal Taiwan yang berbasis di New Taipei City. Mereka adalah satu dari hanya sedikit perusahaan terbesar di dunia yang bergerak di bidang teknologi informasi dan manufakturing dengan kompleks pabrik elektronik terbesa di Baoan Plant di kota Shenzhen serta fasilitas penelitian dan pengembangan teknologi di Kunshan.

    MSI adalah satu dari sejumlah kecil perusahaan besar dunia yang memproduksi motherboard dan kartu grafis. MSI juga memproduksi sejumlah perangkat elektronik lainnya seperti laptop, all-in-one PC, servers, industrial computers, peralatan rumah tangga berteknologi tinggi, produk IT untuk kendaraan bermotor, system tulang punggung IT perusahaan, dan berbagai jenis perangkat multimedia lainnya.

    MSI didirikan pada bulan Agustus tahun 1986 di Jhonghe, Taipei oleh lima orang pendirinya– Xu Xiang (a.k.a. Joseph Hsu), Huang Jinqing (a.k.a. Jeans Huang), Lin Wentong (a.k.a. Frank Lin), You Xian'neng (a.k.a. Kenny Yu), dan Lu Qilong (a.k.a. Henry Lu). MSI pada awalnya berkonsentrasi pada mengembangkan dan memproduksi motherboard dan kartu grafis, hingga pada tahun 1987, mereka merilis motherboard pertama yang bisa di overclock. MSI juga telah berekspansi ke daratan China, dengan membuka kompleks pabrik manufaktur Baoan Plant di Shenzhen pada tahun 2000 dan mendirikan pusat penelitian dan pengembangan IT di Kunshan pada tahun 2001. Pada tahun 2008, MSI mendirikan FUNTORO, sebuah anak perusahaan yang menyediakan solusi IT secara komprehensif kepada perusahaan produsen kendaraan bermotor, sistem informasi penumpang, dan kontrol operasi bagi kendaraan umum.

    Melihat dari sejarahnya yang mentereng, saya rasa pilihan motherboard dan kartu grafis merk MSI adalah sebuah pilihan yang tepat.

  • PixelView

    Singkat saja, merk PixelView adalah produk dari perusahaan yang dikenal sebagai produsen UPS (Uninteruptible Power Supply) dan kartu multimedia seperti TV Tuner, TV Box, dan sebagainya. Mungkin mereka juga ingin mengembangkan usahanya ke bidang parts komputer seperti VGA / kartu grafis. Dilihat dari latar belakang perusahaannya sih lumayan berkibar, orang terbiasa mendengar nama perusahaan Prolink, tapi itu di bidang UPS dan kawan-kawan. Tapi untuk VGA, sepertinya mereka belum mendapat brand recognition yang cukup dari penggemar kartu grafis. Mungkin nanti saya akan klasifikasikan merk produk ini pada kelas menengah ke bawah, (Tier 3) mengingat tidak banyak referensi yang bisa saya dapatkan dari internet.

  • SPARKLE

    SPARKLE Computer Co., Ltd. (dipasarkan sebagai merk SPARKLE), sebuah perusahaan Taiwanese yang memproduksi (manufakturing) discrete graphics controllers yang telah didirikan sejak tahun 1982 dan basis kantor pusatnya berada di Taipei, Taiwan. SPARKLE memasarkan produknya ke seluruh dunia, dan hingga saat ini hanya memproduksi kartu grafis yang berbasis GPU NVIDIA beserta dengan peripherals (kipas dan heatsinks) untuk kartu grafis, menargetkan gamer komputer enthusiasts.

    Kartu grafis merk SPARKLE's GeForce 9400 series dan 9500 series cards pernah menjadi kartu grafis paling powerful bagi mobo yang menggunakan PCI interface, membuat merk tersebut terkenal di kalangan gamers, komputer high-end builders, dan penikmat Home theater PC (HTPC) tanpa menggunakan PCI Express atau AGP motherboard. SPARKLE juga pernah memperkenalkan new GeForce 9 based high end cards dengan profil low-end menggunakan koneksi PCI Express.

  • WINFAST

    Winfast adalah produk dari Leadtek, jadi profilnya sama dengan Leadtek. Jika Anda mengetik Winfast di penelurusan google, maka yang muncul adalah website resmi dari Leadtek.

  • ZOTAC

    Zotac International Limited adalah sebuah perusahaan produsen hardware komputer yang berbasis di Hong Kong, intinya memproduksi elektronik untuk konsumen dalam bentuk motherboards (umumnya dalam bentuk mini-ITX dan mini-DTX form factors), mini PCs, nettops, dan kartu grafis dengan GPU berbasis NVidia. Perusahaan ini merupakan bagian dari perusahaan induknya PC Partner Ltd group dan mempekerjakan lebih dari 6,000 karyawan di seluruh dunia dengan kantor pusatnya berada di Hong Kong dan lebih dari 40 fasilitas manufaktur surface mount technology (SMT) di daratan China. Zotac bahkan sering mengadakan kompetisi untuk para gamers online yang membuat namanya semakin dikenal di kalangan gamers dunia. Walaupun websitenya ada yang berbahasa Indonesia, tetapi masih acak-acakan, bahkan ada beberapa laman yang dikosongkan. Tetapi melihat profilnya di internet yang cukup mentereng, mungkin produk dari Zotac cukup layak untuk dimasukkan ke Tier 2 alias katagori VGA level menengah ke atas.

Sebenarnya ada juga beberapa merk lagi namun cukup jarang yang menjualnya di Indonesia dikarenakan variasinya yang sangat terbatas. Merk-merk tersebut adalah:
  • CALIBRE
  • CREATIVE
  • VAIKOO

Tetapi ketiga merk tersebut tidak akan saya tuliskan reviewnya. Jadi apabila saya (pribadi) mengklasifikasikan merk-merk tersebut diatas pada empat kelas: Kelas Atas, Menengah Ke Atas, Menengah Ke Bawah, Kelas Bawah, maka akan menjadi seperti ini:


KatagoriMerk VGAUraian Alasan
Tier 1 (Kelas Atas)ASUS, GAINWARD, GIGABYTE, LEADTEK (QUADRO, WINFAST), MSILatar belakang perusahaan jelas, reputasi bagus, melantai di bursa saham, penjualan produk teratas, purna jual bagus
Tier 2 (Menengah ke Atas)BIOSTAR, DIGITAL ALLIANCE, SPARKLE, ZOTACLatar belakang perusahaan jelas, reputasi lumayan, seri produk cukup lengkap, purna jual lumayan (khusus Dig All sudah terbukti)
Tier 3 (Menengah ke Bawah)AFOX, AXLE, PIXELVIEWLatar belakang perusahaan lumayan jelas, reputasi kelas menengah, seri produk lumayan lengkap, purna jual tidak diketahui
Tier 4 (Kelas Bawah)FORSA, GALAXY, INNO, MANLI, Latar belakang perusahaan kurang jelas, website tidak informatif, rata-rata merupakan produk china yang kualitas produknya kurang bisa dipercaya


Jadi apabila Anda sedang mencari VGA Card yang bagus, jatuhkanlah pilihan Anda pada merk ASUS, MSI, GAINWARD, GIGABYTE, atau LEADTEK (baik seri QUADRO maupun WINFAST), tetapi apabila Anda ingin sedikit berhemat, tidak ada salahnya juga memilih merk BIOSTAR, DIGITAL ALLIANCE, SPARKLE, atau ZOTAC. Sedangkan untuk merk lainnya tidak terlalu jelas profil produsennya, ibarat motor, lebih pilih Honda atau Jialing? kalau mobil, pilih Toyota atau Geely? Semoga bermanfaat. (Mohon maaf, untuk kritik atas artikel ini, Anda bisa menulis apa saja, dan biarkan saya menulis apa saja, peace)


Berikut ini adalah beberapa produk VGA High-End yang berharga di bawah 1,2juta rupiah dengan merk yang cukup layak untuk dipilih:

ProdusenSeri GPUHargaBenchmark
GAINWARDGTX 550 Ti 1GB 192Bit DDR5Rp1,185,000.001930
MSIGTX 650 1GB 128Bit DDR5Rp1,257,000.001841
GAINWARDGTX 650 GS 1GB 128Bit DDR5Rp1,277,000.001841
WINFASTGTS 450 2GB 128Bit DDR5Rp977,000.001539
WINFASTGTS 450 1GB 128Bit DDR5Rp980,000.001539
GAINWARDGTS 450 1GB 128Bit DDR5Rp1,127,000.001539
MSIGT 640 1GB 128Bit DDR3Rp969,000.001286
ASUSGT 640 1GB 128Bit DDR3Rp1,061,000.001286
MSIGT 640 2GB 128Bit DDR3Rp1,061,000.001286
WINFASTGT 640 1GB 128Bit DDR3Rp1,072,000.001286
WINFASTGT 640 2GB 128Bit DDR3Rp1,124,000.001286
ASUSGT 640 2GB 128Bit DDR3Rp1,167,000.001286
GAINWARDGT 440 1GB 128Bit DDR3Rp677,000.00819

*VGA tersebut diatas dikatagorikan High-End karena berdasarkan situs benchmark Passmard videocardbenchmark.net, berada pada chart High-end Videocards.

**Nilai benchmark diambil dari passmark, harga diambil dari Quantum Computer-Harco Mangga Dua Mall-Jakarta.

*** Harga berpatokan pada saat artikel ini ditulis, yaitu pada bulan Mei tahun 2014. Harga spare parts komputer sangat dipengaruhi oleh kurs dollar terhadap rupiah.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

29 komentar:

  1. Minta referensi vga ATI Radeon donk fren!!

    BalasHapus
  2. keren nih reviewnya :D se detil itu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, sengaja dibuat detail biar nggak salah pilih.. :D

      Hapus
  3. Mantap gila gan,,,,
    Artikel yg kaya gni yg sy cari

    BalasHapus
  4. dulunya gw ragu sama build quality produk2 zotac, tapi sekarang saya tetep sangsi sih hahahaha

    BalasHapus
  5. tanya dong, saya liat di salah satu situs jual beli OL, ada yang jual "VGA NVIDIA GeForce GTX 960 2GB 256-bit GDDR5". dia g ada manufakturnya, digambarnya vganya juga g ada tulisan manufaktur seperti yang anda jelaskan di atas, hanya stiker "NVIDIA GEforce" di pusat kipasnya seperti biasa.
    menurut anda bagaimana itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy pernah baca itu vga seri gtx 560 diupgrade.coba diliat specnya mirip.

      Hapus
  6. klo menurut agan merk prototype bagus gan? klo liat chipnya sih bagus, sya tertarik karena harganya mura

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan,ane juga penasaran itu harga merk prototype beda jauh sama merk diatas,sedangkan katanya performanya setara
      tapi ada yg bilang itu sbnernya barang lama cuma diremake ulang

      Hapus
  7. klo merk prototype bagus gak gan? soalnya murah.. soal chipnya sih menurut saya sudah bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dilihat spec lengkap via gpu-z.ada info yg bilang merk2 antah berantah itu geforce seri lama cuma diflash ulang.

      Hapus
    2. Parah gan prototype itu merk ada merk lain juga Predator. Parah tuh vga rekondisi semua , vga kanibalan atau kawinan.

      Hapus
    3. Sekedar berbagi info untuk agan Anca, merk Pritotype itu fake vga gan,ato PALSU, coba agan googling reveiw dr Prototype, banyak yg komplain dan kecewa, soalnya dr info bberapa forum yg ane dpt, ini vga editan pake Hex program ato apalah namanya, jd kalo agan cek lewat gpu-z (prog buat cek spec vga) memang terlihat vga dgn kmapuan tinggi, tp coba agan bongkar vga nya mungkin baru kliatan smua, sperti seri chipset nya dll. Jd pd dasarnya itu vga lama yg d modif sistem dan biosnya supaya kliatan baru.

      Hapus
  8. saya ud coba vga galax..oke juga kok vga ny (gtx960)

    BalasHapus
  9. jangan beli nvidia yang merk prototype mending beli second ati 512mb 256bit buat game masih lebih baik ati yang second, harga jauh lebih murah hehe

    BalasHapus
  10. Review sangat membantu. Gan, skalian mau tanya, kalo merk EVGA itu gmn ya gan? Kualitas

    BalasHapus
  11. gan mau tanya untuk merk EVGA itu gmn gan? kualitasnya gmn?

    BalasHapus
  12. Semua tergantung dari perakitan komponennya uy..
    Dan juga kerapian pekerjaan karyawan/buruhnya...
    merk bagus juga ada yg gagal atau kurang awet ...
    Kalau mau bagus memilih anda juga harus berpengalaman bagus dalam memilih barang

    BalasHapus
  13. stau saya evga yg paling mahal, cmiw

    BalasHapus
  14. galax sama galaxy sama atau beda gan?

    BalasHapus
  15. Punya ane digipro gtx 650 ti bagus gak?

    BalasHapus
  16. pixelview banyak kok gan produk kartu grafisnya..seperti yg punya saya ini nvidia GT420 (2010)

    BalasHapus
  17. MSI GTX 750, so far enough lah...

    BalasHapus
  18. Sekedar tambahan #bukanpromosi
    Mungkin ada yang tau/kenal sama merek EVGA.
    Yap EVGA itu juga produsen ternama dari Amerika di bidang elektronik komputer. Kualitas yang dimiliki sangat baik dan garansi produk rata2 sekitar 2 tahunan. Reputasinya gak usah ditanya, bagus bener. 2 produk diantaranya (yang terkenal) itu VGA dan PSU.
    Kalo dikelompokin ke tabel diatas, bisa ditaro di tier 1 sejajar dengan asus, gigabyte, msi, leadtek.

    Jadi jgn ragu buat milih VGA/PSU yg mereka EVGA. Bagus kok, gak rugi deh.

    Sumber: youtube, temen, pengalaman sendiri.

    BalasHapus
  19. untuk merk Digital Alliance,brand yang satu ini merupakan brand asli Indonesia (kalau tidak salah berlokasi di Surabaya) makanya websitenya hanya tersedia bahasa Indonesia

    BalasHapus
  20. Buat yg blm tau digital alliance, itu produksi dalam negeri tapi bukan murni dari indo. DA merupakan OEM dari Palit yang di rebranding untuk Indonesia, Palit sendiri perusahan penghasil VGA asal Taiwan sejak 1988. Memang tidak setenar ASUS, MSI atau Gigabyte. Tapi kalo kualitas bias diadu, aftersale jg memuaskan

    BalasHapus