Selamat Hari Blogger Nasional Ke-7, Teman!

27 Oktober

Menurut Wikipedia, tanggal 27 Oktober adalah hari ke-300 (hari ke-301 dalam tahun kabisat) dalam perhitungan kalender Gregorian. Hari ke-300 sendiri dapat dikaitkan dengan legenda pejuang Sparta di film Hollywood 300, yang terkenal dan abadi karena semangat juang 300 orang sanggup mengimbangi tentara kekaisaran Persia yang jumlahnya puluhan ribu prajurit. Oleh karena itu boleh dikatakan bahwa hari ini kita dapat mengambil inspirasi dari pada pejuang pejuang Sparta tersebut.

Masih berdasarkan info dari situs ensiklopedia gratisan yang terpopuler tersebut, hari ini adalah hari yang diperingati sebagai:
  1. Indonesia - Hari Listrik Nasional
  2. Indonesia - Hari Blogger Nasional
  3. Internasional - Hari Cium Sedunia (World Kiss Day)
Kalau semuanya digabungkan dengan anting fusion Dragonball, maka hari ini adalah "Harinya Para Blogger Nasional Cium Listrik Sedunia". Silakan duluan cium listriknya, lalu laporkan hasilnya di blog Anda. Pasti saya kunjungi dan berikan link-back gratis untuk Anda.

Selamat_Hari_Blogger_Nasional_27_Oktober
Selamat Hari Blogger Nasional yang ke-7, 27 Oktober 2014. Gambar: Cecilliette

Khusus untuk Hari Listrik Nasional, minggu lalu saya juga sempat mengikuti lomba blog yang diselenggarakan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Berhubung temanya adalah "Ideku Untuk PLN", maka saya berusaha menulis tentang ide "normatif" yang bisa dilakukan oleh PLN, namun ternyata pemenangnya adalah blogger yang memberikan ide "aplikatif" yang bisa langsung dipraktekkan oleh PLN. Saya sendiri hanya mendapat hadiah ketiga, dan berada di urutan lima. Lumayan voucher listrik 500k, buat dihadiahkan ke orangtua.

Sejarah Hari Blogger Nasional

Suasana_Pesta_Blogger_2007
Suasana Pesta Blogger 2007.
foto: inet.detik.com
Hari Blogger Nasional ditetapkan pertama kali oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo), Muhammad Nuh (yang sebelum SBY lengser menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud) pada tanggal 27 Oktober 2007 saat memberi sambutan di acara pembukaan "Pesta Blogger" tahun itu. Tanpa ada yang menduga sebelumnya, Mohammad Nuh yang hadir memberikan pembukaan secara spontan mengukuhkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. "Hari ini saya nyatakan sebagai Hari Blogger Nasional!" kata Nuh ketika pembukaan Pesta Blogger pertama kali yang langsung disambut dengan tepuk tangan meriah oleh para peserta.

Pesta Blogger yang berlangsung di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Sabtu 27 Oktober 2007 silam itu awalnya digelar sebagai ajang kopi darat (kopdar) blogger nasional untuk pertama kalinya. Empat tahun berselang, Pesta Blogger telah bertransformasi menjadi event On Off Indonesia (OnOffID).

Jika empat tahun 2007 Pesta Blogger hanya berfokus kepada pesta akbar sekaligus ajang pertemuan para blogger se-Indonesia, kali ini konsep tersebut mulai dikombinasikan dengan unsur bisnis, utamanya internet marketing. Sejak mengalami perubahan nama menjadi event OnOffID, acara ini mulai menekankan pentingnya blogger agar bisa mengelola blog dengan serius, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang lebih riil. Sebagai contoh dapat dijadikan sumber keuangan tambahan, memperluas jaringan sosial di dunia maya dan dunia nyata, dan lain-lain.

Secara global, blog adalah singkatan dari web log, yakni bentuk aplikasi di jaringan internet yang berbentuk tulisan atau artikel (yang disebut sebagai "posting") pada sebuah halaman situs tertentu. Media blogger pertama kali diperkenalkan oleh wordpress.com dan blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab, yang kemudian diakuisisi Google Inc. pada tahun 2002. Sejak itu, mulai bermunculan berbagai aplikasi yang sifatnya terbuka, yang membantu para blogger mengembangkan blog yang dimilikinya, seperti misalnya widget dan script tambahan.

Blog menjadi semakin populer di Indonesia, ketika banyak orang yang kemudian menjadi terkenal hanya karena hobi menulis blog. Ambil contoh Raditya Dika. Karena menulis blog, Raditya Dika menjadi pemenang "Indonesian Blog Award" dan "The Online Inspiring Awards 2009" oleh Indosat. Dari penghargaan tersebut, ia memberanikan diri mencetak isi blog-nya dan buku pertama terbit dengan judul Kambing Jantan. Buku ini merupakan catatan hariannya yang selama ini ditulis di blog kemudian dibukukan dan mendapat penjualan terbaik dalam skala nasional. Cerita dalam buku itu juga kemudian diangkat ke dalam film dengan judul yang sama dan dibintangi sendiri oleh Raditya Dika.

Dalam data "Social Media Landscape" yang dikeluarkan salingsilang.com, jumlah pengguna blogger di Indonesia mencapai 4,1 juta pada Februari 2011 (sayang sekali blog ini masih menempati peringkat 1,5juta berdasarkan situs pemeringkat Alexa). Sebanyak 80,65 persen menggunakan blogspot.com (blogger.com) dan 14,5 persen menggunakan Wordpress. Sisanya menggunakan layanan lain.

Selamat_Hari_Blogger_Nasional
Selamat Hari Blogger Nasional. Images: Asanggisari

Referensi

  1. Wikipedia: 27 Oktrober. http://id.wikipedia.org/wiki/27_Oktober
  2. Kompas Tekno: Hari Blogger Nasional, Sejarah dan Perkembangannya, http://tekno.kompas.com/read/2011/10/27/18033547/Hari.Blogger.Nasional.Sejarah.dan.Perkembangannya
  3. Detik iNet: Selamat Hari Blogger Nasional! http://inet.detik.com/read/2014/10/27/062330/2730160/398/selamat-hari-blogger-nasional
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar