Tenaga Listrik dan Penjelasan Singkat

Tenaga Listrik

dari Wikipedia, Ensiklopedia bebas

Tenaga listrik adalah suatu tingkat di mana energi listrik ditransfer oleh sebuah sirkuit listrik. Satuan SI dari daya listrik adalah watt, yaitu satu joule per detik.

Tenaga_Listrik_dan_Penjelasan_Singkat
Tenaga Listrik dan Penjelasan Singkat:
Tenaga listrik ditransmisikan pada saluran udara seperti ini,
dan juga pada kabel tegangan tinggi bawah tanah.
foto: Wikipedia

Tenaga listrik biasanya dihasilkan oleh generator listrik, tetapi juga dapat disediakan oleh sumber-sumber seperti baterai listrik. Hal ini umumnya dipasok ke bisnis dan rumah oleh industri tenaga listrik melalui jaringan tenaga listrik. Tenaga listrik ini biasanya dijual oleh kilowatt jam (3.6 MJ) yang merupakan produk dari power di kilowatt dikalikan waktu dalam jam. Perangkat listrik mengukur daya menggunakan meteran listrik, yang terus berjalan menghitung total energi listrik yang dikirim ke pelanggan.

Penjelasan

Tenaga listrik ditransformasikan ke bentuk lain dari daya ketika muatan listrik bergerak melalui potensial listrik (tegangan) perbedaan, yang terjadi pada komponen listrik dalam rangkaian listrik. Dari sudut pandang tenaga listrik, komponen dalam sebuah sirkuit listrik dapat dibagi menjadi dua kategori:
  1. Perangkat pasif atau beban: Ketika muatan listrik bergerak melalui beda potensial dari tegangan tinggi ke tegangan rendah, yaitu arus konvensional (muatan positif) bergerak dari terminal positif ke negatif, energi potensial dari tuduhan diubah menjadi energi kinetik , yang melakukan pekerjaan pada perangkat. Perangkat di mana hal ini terjadi disebut perangkat pasif atau beban; mereka mengkonsumsi daya listrik dari sirkuit, mengubahnya menjadi bentuk lain seperti kerja mekanik, panas, cahaya, dll Contohnya adalah peralatan listrik, seperti bola lampu, motor listrik, dan pemanas listrik.
  2. Perangkat atau sumber daya aktif: Jika tuduhan dipaksa oleh kekuatan luar untuk bergerak melalui perangkat ke arah dari potensial listrik yang lebih rendah ke yang lebih tinggi, jadi positif muatan bergerak dari negatif ke terminal positif, pekerjaan yang sedang dilakukan pada biaya, sehingga energi yang diubah menjadi energi potensial listrik dari beberapa jenis energi lainnya, seperti energi mekanik atau energi kimia. Perangkat di mana hal ini terjadi disebut perangkat aktif atau sumber daya; sumber arus listrik, seperti generator listrik dan baterai.

Beberapa perangkat dapat berupa sumber atau beban, tergantung pada tegangan atau arus melalui mereka. Sebagai contoh, sebuah baterai isi ulang bertindak sebagai sumber ketika memberikan kekuatan untuk sirkuit, tetapi sebagai beban ketika terhubung ke pengisi daya baterai dan sedang diisi ulang.

Referensi

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar