Kartel Tijuana: Kartel Terkejam di Meksiko

Tijuana

The Tijuana Cartel (Spanyol: Cartel de Tijuana) atau Arellano-Félix Organization (Spanyol: Cartel Arellano Félix - CAF) sekarang menjadi kartel narkoba di Meksiko yang berbasis di sebuah kota kecil bernama Tijuana. Kartel ini pernah digambarkan sebagai "salah satu kelompok kriminal terbesar dan paling keras di Meksiko". Namun sejak 2006 Kartel Sinaloa melaksanakan operasi serangan gencar terhadap kartel Tijuana di Baja California dan pada musim gugur, mereka berhasil menumpas dua bersaudara, Arellano-Félix, dari persaingan. Tijuana Cartel kini telah tereduksi menjadi kelompok sel kecil yang tersebar di beberapa negara bagian Meksiko.Namun tidak dipungkiri bahwa sel-sel kecil ini bisa berkembang lagi dan menguasai kembali wilayah yang dulu pernah didominasi oleh mereka di beberapa negara bagian Meksiko.

Sejarah

Miguel Ángel Félix Gallardo, pendiri Guadalajara Kartel ditangkap pada tahun 1989. Sementara dipenjara, ia tetap menjadi salah satu pedagang besar narkoba di Meksiko, ia mempertahankan organisasinya hanya dengan menggunakan ponsel sampai ia dipindahkan ke sebuah penjara keamanan maksimum yang baru selesai dibangun pada 1990-an. Pada saat itu, organisasi lamanya pecah menjadi dua faksi: Kartel Tijuana dipimpin oleh keponakannya, saudara-saudara Arellano Félix, dan Kartel Sinaloa, yang dijalankan oleh mantan letnan Héctor Luis Palma Salazar dan Joaquín Guzmán Loera, alias El Chapo.Nama terakhir kemudian berkembang menjadi salah satu bos Kartel terbesar dan terkaya di dunia melalui jaringan Kartel yang dibangunnya bernama Kartel Sinaloa, namun pada bulan Februari 2014 berhasil ditangkap oleh pasukan Marinir Meksiko saat sedang membuat pancake dengan istrinya di sebuah pulau terpencil di Meksiko.

Saat ini, sebagian besar rute penyelundupan narkotika di Meksiko dikendalikan oleh tiga kartel besar:
Meskipun pada saat itu Tijuana adalah kartel yang paling kuat. The Tijuana kartel semakin melemah pada bulan Agustus 2006 ketika tokoh utamanya, Javier Arellano Félix, ditangkap oleh US Coast Guard di atas perahu di lepas pantai Baja California. Pasukan militer Meksiko juga dikirim ke Tijuana pada bulan Januari 2007 dalam operasi untuk memulihkan ketertiban ke kota perbatasan dan membasmi polisi yang korup, yang sebagian besar telah bekerjasama dengan kartel Tijuana. Sebagai hasil dari upaya ini, kartel Tijuana tidak dapat proyek dan banyak kekuasaan di luar basisnya di Tijuana beralih ke kartel saingan. Sebagian besar kekerasan yang muncul pada tahun 2008 di Tijuana adalah hasil dari konflik dalam kartel Tijuana. Di satu sisi, faksi yang dipimpin oleh Teodoro Garcia Simental (alias El Teo) menyukai metode penculikan. Faksi lainnya, dipimpin oleh Luis Fernando Sánchez Arellano (alias El Ingeniero), difokuskan terutama pada perdagangan narkoba. Faksi yang dipimpin oleh Arellano Sánchez menuntut pengurangan penculikan di Tijuana, tetapi tuntutannya ditolak oleh García Simental, sehingga di tingkat tinggi terjadi kekerasan. Meskipun demikian, sebagian besar korban di Tijuana adalah pengusaha kerah putih, dan penculikan yang membawa "terlalu banyak gejolak pada jaringan kejahatan terorganisir" dan mengganggu kegiatan kriminal dan kepentingan kartel. Pemerintah federal Meksiko merespon dengan menerapkan "Operasi Tijuana," koordinasi yang dilakukan antara militer Meksiko dan pasukan Satpol PP (hahaha..) di daerah. Untuk menghentikan tindak kekerasan, Insight Crime menyatakan bahwa pakta itu mungkin dibuat antara pejabat militer dan anggota Fraksi Sánchez Arellano untuk menghilangkan kelompok Simental itu. Pihak berwenang AS berspekulasi melalui WikiLeaks pada tahun 2009 bahwa mantan bos polisi Tijuana, Julián Leyzaola,. telah membuat perjanjian dengan Sánchez Arellano untuk membawa perdamaian relatif di Tijuana. Dengan penangkapan El Teo pada Januari 2010, banyak faksinya tersingkir dari kota Tijuana; beberapa sisa-sisa yang pergi dan bergabung dengan Kartel Sinaloa. Tetapi banyak dari upaya yang dilakukan antara 2008 dan 2010 di Tijuana tidak akan mungkin terjadi tanpa koordinasi pasukan polisi setempat dan militer Meksiko - dan mungkin dengan gencatan senjata kartel - untuk menghindari konflik kekerasan.

Situasi menjadi relatif damai di kota Tijuana di tahun 2010-2012 telah menimbulkan spekulasi kemungkinan perjanjian antara Tijuana Cartel dan Kartel Sinaloa untuk menjaga perdamaian di daerah tersebut. Menurut pihak berwenang Meksiko dan AS, sebagian besar dari anggota Kartel Tijuana berada di bawah dominasi kartel Sinaloa, sementara Luis Fernando Sanchez Arellano dari kartel Tijuana tetap  menjadi "kepala dari kerajaan boneka." tepatnya, para ahli dari Insight Crime menyatakan bahwa perdamaian ada karena Joaquín Guzmán Loera ingin seperti itu, dan berpendapat bahwa organisasi kartel Sinaloa - telah tersebar dan terpecah dengan perang dengan Los Zetas dan kartel Juárez bahwa membuka perang ketiga akan nyaman. The Cartel of Tijuana, bagaimanapun mereka tidak memiliki hubungan bisnis dan politik di seluruh kota. Insight Crime percaya bahwa hal ini bisa menjelaskan mengapa kartel Sinaloa telah meninggalkan Sánchez Arellano sebagai boneka, karena itu mungkin terlalu mahal bagi El Chapo secara finansial dan politik untuk membuat dorongan terakhir untuk menghabisi mereka. Selain itu, kartel Tijuana membayar biaya tol ("piso") pada kartel Sinaloa untuk perdagangan narkoba di wilayah mereka, yang berfungsi sebagai ilustrasi untuk melanjutkan hegemoni kartel Tijuana sebagai kelompok lokal. Meskipun serangkaian penangkapan petinggi kartel sepanjang 2011-2012 telah dilakukan, kemampuan untuk memelihara infrastruktur kriminal yang sangat terpusat menunjukkan betapa sulitnya untuk mencabut kartel yang telah lama mapan dengan kehadiran mereka di tengah masyarakat Meksiko.

Organisasi

Keluarga The Arellano Félix awalnya terdiri dari tujuh orang bersaudara dan empat saudara perempuan, yang mewarisi organisasi dari Miguel Ángel Félix Gallardo atas penahanannya di Meksiko pada tahun 1989 karena keterlibatannya dalam pembunuhan Agen Khusus DEA, Enrique Camarena. Meski kematian saudara berikutnya dan penangkapan di tahun 2000-an (dekade) adalah pukulan bagi kartel Arellano Felix, tidak membongkar organisasi yang saat ini dipimpin oleh Arellano keponakan, Luis Fernando Sánchez Arellano.

The Tijuana Cartel telah menyusup ke penegak hukum Meksiko dan sistem peradilan dan secara langsung terlibat dalam tingkat-jalan perdagangan di Amerika Serikat. Organisasi kriminal ini bertanggung jawab untuk transportasi, impor, dan distribusi dalam jumlah multi-ton kokain dan ganja, serta sejumlah besar heroin dan methamphetamine.

Organisasi memiliki reputasi untuk kekerasan ekstrem. Ramón Arellano Félix memerintahkan hit yang mengakibatkan pembunuhan massal 18 orang di Ensenada, Baja California, pada tanggal 17 September 1998. Ramón akhirnya tewas dalam baku tembak dengan polisi di Mazatlán Sinaloa, pada tanggal 10 Februari 2002.

The Arellano Félix keluarga memiliki tujuh orang bersaudara :
  • Rafael Arellano - Félix † ( lahir 24 Oktober 1949 ) - Ditangkap ( 1993) , dibebaskan ( 2008) , dibunuh pada 18 Oktober 2013 [ 16 ]
  • Benjamín Arellano - Félix (lahir 3 Desember 1952 ) - Ditangkap pada tanggal 9 Maret 2002, diekstradisi pada April 29, 2011 [ 17 ]
  • Carlos Arellano - Félix (lahir 20 Agustus 1955 ) - . Saat ini tidak sedang diburu aparat.
  • Eduardo Arellano - Félix (lahir 11 Oktober 1956 ) , - Ditangkap pada tanggal 26 Oktober 2008, diekstradisi pada 31 Agustus 2012
  • Ramón Arellano - Félix † ( lahir 31 Agustus 1964 ) - Almarhum , ditembak oleh polisi pada Februari 2002
  • Luis Fernando Arellano - Félix ( diyakini lahir 26 Januari 1966 ) saat ini tidak sedang diburu.
  • Javier Arellano - Félix (lahir 11 Desember 1969 ) - Ditangkap pada bulan Agustus 2006

Mereka juga memiliki empat saudara, di mana Alicia dan Enedina yang paling aktif dalam urusan kartel. Keluarga mewarisi organisasi dari Miguel Ángel Félix Gallardo atas penahanannya. Eduardo Arellano Félix ditangkap oleh Angkatan Darat Meksiko setelah tembak-menembak di Tijuana, Baja California, pada tanggal 26 Oktober 2008; ia telah yang terakhir dari saudara Arellano Félix pada umumnya. Menurut seorang pejabat Meksiko, putra Enedina itu, Luis Fernando Sánchez Arellano, telah mengambil alih operasi kartel tersebut. Dua letnan atas nama Armando Villareal Heredia dan Edgardo Leyva Escandon. Leyva tetap pada umumnya dan Villareal ditangkap pada Juli 2011. Pada tanggal 5 November 2011, pasukan Meksiko menangkap letnan kartel Francisco Sillas Rocha, dilaporkan sebagai orang nomor dua dari pemimpin kartel, dan beberapa rekan dekatnya. Ahli berpendapat bahwa penangkapan Rocha telah menempatkan Kartel Tijuana "pada tali gantungan". Meskipun beberapa pendapat berbeda menyatakan penangkapan menempatkan "paku terakhir di peti mati" untuk Kartel Tijuana.

Aktivitas

Tijuana kartel hadir dalam setidaknya 15 negara bagian Meksiko dengan wilayah penting operasi di Tijuana, Mexicali, Tecate, dan Ensenada di Baja California , di beberapa bagian Sinaloa dan Zacatecas. Setelah kematian pada tahun 1997 dari Juárez Cartel itu Amado Carrillo Fuentes, Tijuana Cartel berusaha untuk mendapatkan pijakan di Sonora. The Cartel Oaxaca dikabarkan bergabung dengan pasukan Tijuana Cartel pada tahun 2003.


Empat belas anggota geng narkoba Meksiko tewas dan delapan lainnya luka-luka dalam baku tembak di Tijuana dekat perbatasan AS pada Sabtu, 26 April, 2008 yang merupakan salah satu tembak-menembak paling berdarah dalam perang narkoba (narco-war) antara Tijuana Cartel dan Kartel Sinaloa. Pada tanggal 1 Desember 2011, William R. Sherman, bertindak agen khusus yang bertanggung jawab atas kantor Drug Enforcement Administration di San Diego, mengumumkan bahwa kartel telah dimusnahkan dan Kartel Sinaloa sekarang mengendalikan sejumlah besar rute obat yang pernah dimiliki oleh Tijuana Cartel. Pada tanggal 12 Desember 2011, Kapolda Tijuana Alberto Capella Ibarra juga mengumumkan bahwa menangkap letnan kartel Francisco Sillas Rocha yang mengaku bahwa Tijuana Cartel dan kartel Sinaloa telah membentuk gencatan senjata dan bahwa Tijuana Cartel sedang berusaha untuk bergabung dengan kartel Sinaloa. Setelah Benjamin Arellano Felix mengaku bersalah atas pemerasan dan konspirasi untuk mencuci uang pada tanggal 4 Januari 2012, itu diterima bahwa Tijuana Cartel telah sangat kehilangan pengaruh. Ia juga melaporkan bahwa kartel telah kehilangan bekas markas Tijuana ke tangan Kartel Sinaloa. Klan dari Arellano Felix terus melanjutkan operasinya, meskipun berkurang setelah penangkapan pemimpin mereka.

Penangkapan dan Pengadilan

Pada Oktober 1997, seorang pensiunan Angkatan Udara AS C - 130A yang dijual ke maskapai Aeropostal Cargo de México ditangkap oleh pejabat federal Meksiko, yang menyatakan bahwa pesawat itu telah digunakan untuk mengangkut obat-obatan untuk kartel naik dari Amerika Tengah dan Selatan, serta seluruh Meksiko. Penyidik ​​telah dikaitkan pemilik maskapai, Jesús Villegas Covallos, dengan Ramón Arellano Félix.

Pada tanggal 14 Agustus 2006 Francisco Javier Arellano Félix ditangkap oleh United States Coast Guard di lepas pantai Baja California Sur. Pada tanggal 5 November 2007, Francisco dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, di ADX Florence, setelah mengaku bersalah pada bulan September 2007 untuk menjalankan sebuah perusahaan kriminal dan pencucian uang.

Benjamin Arellano Felix, yang ditangkap pada tanggal 9 Maret 2002 oleh Angkatan Darat Meksiko di negara bagian Puebla, Meksiko, diekstradisi ke Amerika Serikat pada April 29, 2011 untuk menghadapi tuduhan perdagangan kokain ke California. Dia kemudian mengaku bersalah atas pemerasan dan konspirasi untuk mencuci uang , dan dijatuhi hukuman 25 tahun penjara pada tanggal 2 April 2012. Setelah itu diberitakan, ia akan dikirim kembali ke Meksiko untuk menyelesaikan dakwaan lain selama 22 tahun.

Pada tanggal 31 Agustus 2012, Eduardo Arellano Felix diekstradisi ke Amerika Serikat untuk diadili karena pemerasan, pencucian uang dan perdagangan narkotika biaya di Distrik Selatan California

Los Palillos

Los Palillos ("The Toothpick") adalah sebuah kelompok yang beroperasi di Tijuana Cartel, yang bekerja sebagai sayap bersenjata dari Tijuana Cartel di Amerika Serikat, untuk mengontrol kegiatan kriminal di Amerika Serikat khusus California dan Nevada.

Mereka adalah sebuah organisasi kriminal yang beroperasi dari San Diego ke Los Angeles dan kota-kota lain California dan Nevada. Untuk menghindari konfrontasi konstan dengan polisi, Arellano Felix mulai menyuap hampir semua pejabat yang bisa disuap. Ramon menerima uang dari anggota kelompok kriminal dan penjahat lokal untuk "menendang" uang dari kegiatan ilegal mereka seperti sebagai penculikan dan pembunuhan kontrak mengambil setengah dari uang itu dan memberikannya kepada Tijuana Cartel untuk launderning itu. Itu cara operasi Arellano Felix bersaudara termasuk klan lain di Tijuana dan Los Angeles.

The Tijuana Cartel diyakini memiliki hubungan dengan kelompok gerilya FARC Kolombia yang juga memiliki hubungan dengan beberapa Kartel narkoba Meksiko lainnya. Pada 1990-an, Tijuana Cartel menyimpulkan bahwa untuk memperluas peluang pasar mereka di Kolombia, dalam pertukaran untuk obat senjata. Kemudian pada tahun 2000-an mereka membentuk aliansi dengan Cali Cartel dan Norte del Valle Cartel memiliki sekutu baru untuk bisnis kokain.

Generasi Baru dan Penerusnya

The Luis Fernando Sánchez Arellano organisasi generasi baru kartel diyakini menjadi salah satu pemimpin terbaru di dalamnya untuk memulai pengiriman kokain dari Kolombia, terutama dari Los Rastrojos dan dealer Kolombia lainnya. Kartel terlibat dalam budidaya dan distribusi ganja di wilayah Baja California. Beroperasi di Tijuana, kartel sekarang diyakini membuat kegiatan lain seperti Penculikan, Penyelundupan manusia dan Suap dari jaringan sel anggota lokal meliputi wilayah perbatasan di mana obat disimpan sebelum pengiriman. The Tijuana Cartel telah kehilangan kekuasaan di Meksiko, tetapi tumbuh dengan lebih mengutamakan aliansi di luar negeri.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar