Advanced Micro Device AMD Processor

Advanced Micro Devices (AMD), Inc adalah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika yang berbasis di Sunnyvale, California, Amerika Serikat, yang mengembangkan prosesor komputer dan teknologi yang terkait untuk bisnis dan pasar konsumen pribadi. Sementara itu tujuan awalnya untuk memproduksi prosesor sendiri, perusahaan ini akhirnya menjadi berubah haluan setelah GlobalFoundries bangkrut pada tahun 2009. Produk utama AMD termasuk mikroprosesor, chipset motherboard, prosesor tertanam (built-in processor) dan prosesor grafis untuk server, workstation, dan komputer pribadi, dan aplikasi embedded system.

AMD adalah pemasok global terbesar kedua mikroprosesor berdasarkan arsitektur x86 dan juga salah satu pemasok terbesar dari graphics processing unit (GPU). Perusahaan ini juga memiliki 8,6 % dari Spansion, pemasok flash memory non-volatile.

AMD adalah satu-satunya saingan yang signifikan untuk Intel Corporation dalam prosesor sentral (CPU) dalam persaingan pasar (x86 based) komputer pribadi. Sejak mengakuisisi ATI pada tahun 2006, AMD dan pesaingnya Nvidia telah mendominasi pasar unit prosesor grafis (GPU / Graphic Processing Unit).

Advanced Micro Devices didirikan pada tanggal 1 Mei 1969, oleh sekelompok mantan eksekutif dari Fairchild Semiconductor, termasuk Jerry Sanders III, Ed Turney, John Carey, Sven Simonsen, Jack Gifford, dan tiga anggota dari tim Gifford, Frank Botte, Jim Giles, dan Larry Stenger. Perusahaan ini dimulai sebagai produsen logic chip, kemudian memasuki bisnis chip RAM pada tahun 1975. Pada tahun yang sama, ia memperkenalkan reversed clone-engineered dari mikroprosesor Intel 8080. Selama periode ini, AMD juga dirancang dan diproduksi serangkaian elemen processor bit-slice (Am2900, Am29116, Am293xx) yang digunakan dalam berbagai desain komputer mini (mini PC).

Selama waktu ini, AMD berusaha untuk merangkul perubahan yang dirasakan terhadap RISC dengan mereka sendiri AMD Am29000 (29k) prosesor, dan juga berusaha untuk diversifikasi ke grafis dan perangkat audio serta memori EPROM. Ini memiliki beberapa keberhasilan dalam pertengahan 1980-an dengan AMD7910 dan AMD7911 "Chip Dunia" modem FSK, salah satu yang pertama perangkat multi-standar yang menutupi kedua Bell dan nada CCITT sampai dengan 1200 baud half duplex atau 300/300 full duplex. 29k sebagai prosesor tertanam (built-in) dan Spansion sebagai perusahaan spin-off dari AMD dikonsentrasikan untuk memproduksi memori flash. AMD memutuskan untuk pindah perseneling dan hanya berkonsentrasi pada mikroprosesor Intel yang kompatibel dan memori flash, menempatkan mereka dalam kompetisi langsung dengan Intel untuk prosesor x86 - kompatibel dan pasar sekunder memori flash mereka.

AMD mengumumkan akuisisi ATI Technologies pada tanggal 24 Juli 2006. AMD dibayar US $ 4,3 miliar dalam bentuk tunai dan 58 juta saham dari saham, untuk total US $ 5,4 miliar. Transaksi diselesaikan pada tanggal 25 Oktober 2006. Sejak 2010, semua produk perusahaan yang berupa graphics processing telah dipasarkan di bawah nama merek AMD.

Dilaporkan pada bulan Desember 2006 bahwa AMD, bersama dengan saingan utama dalam industri grafis Nvidia, menerima panggilan dari pengadilan dari Departemen Kehakiman mengenai kemungkinan pelanggaran antitrust di industri kartu grafis, termasuk tindakan manipulasi harga.

Pada bulan Oktober 2008, AMD mengumumkan rencana untuk spin-off operasi manufaktur dalam bentuk usaha patungan bernilai miliaran dolar dengan Advanced Technology Investment Co, sebuah perusahaan investasi yang dibentuk oleh pemerintah Abu Dhabi. Usaha baru ini disebut GlobalFoundries Inc. Kemitraan ini akan memungkinkan AMD untuk fokus hanya pada desain chip. Berdirinya perusahaan spin-off ini dibarengi oleh hilangnya sekitar 1000 pekerjaan, atau sekitar 10 % dari tenaga kerja global AMD.

Pada bulan Agustus 2011, AMD mengumumkan bahwa mantan eksekutif Lenovo, Rory Baca, akan bergabung dengan perusahaan sebagai CEO, setelah Dirk Meyer.

AMD mengumumkan pada November 2011 rencana untuk memberhentikan lebih dari 10 % (1400) karyawan dari seluruh divisi di seluruh dunia. Tindakan ini adalah telah diselesaikan oleh Q1 2012 dengan sebagian besar keluar sebelum Natal 2011. AMD mengumumkan di Oktober 2012 berencana untuk merilis tambahan 15 % dari tenaga kerjanya dengan tanggal yang tidak ditentukan efektif untuk mengurangi biaya dalam menghadapi penurunan pendapatan penjualan.

AMD mengakuisisi produsen server berdaya rendah, SeaMicro, pada awal 2012 sebagai bagian dari strategi untuk mendapatkan kembali pangsa pasar yang hilang di pasar server chip.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar