Honda CBR150R
dari Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Honda CBR150R adalah sebuah motor sport dengan kapasitas mesin 150 cc empat langkah (four-stroke engine), yang merupakan bagian dari Honda CBR series diproduksi oleh pabrikan Honda, dan pabrikan subsidiari A.P. Honda di Thailand. Dibangun sebagai suksesor dari Honda NSR 150 yang bermesin dua-langkah, generasi pertama dari motor ini sudah dijual di pasar otomotif Thailand market sejak tahun 2002 dan telah banyak diekspor ke berbagai negara di Asia serta Afrika Selatan. Honda Thailand kemudian memproduksi versi terbaru dari CBR 150R yang sudah menggunakan teknologi PGM-FI (Fuel-injection) pada tahun 2010, namun tenaga yang dihasilkan oleh motor sport berteknologi PGM-FI versi CBR 150 R menjadi lebih rendah dari versi karburator. Pada tahun 2012, Honda meluncurkan varian terbaru yang berkelir mengikuti versi MotoGP, Repsol Edition.
Honda kemudian memutuskan untuk menjual CBR 150R di India pada bulan Maret 2012.
Fitur
- DOHC four-valve, single-cylinder 149.4 cc water-cooled engine with balance shaft
- Six-speed sequential manual transmission
- Front and rear Nissin disc brakes
- Key slot cover for better protection against theft (2006 onwards)
- Monoshock rear shock absorber
- Secondary Air Supply System (SASS) which delivers extra air to the exhaust system for cleaner emissions
- Catalytic converter
- Constant velocity carburetor
Panel Instrument
Sepeda motor sport ini memiliki fitur sebuah analog instrument panel dengan gauge bahan bakar, speedometer, odometer, tachometer, temperature gauge, indikator sinyal berbelok (lampu sein) dan indikator high beam headlight (lampu jarak jauh).
Berita
Pada tanggal 20 October 2010, Honda Thailand memperkenalkan varian terbaru all-new Honda CBR150R dengan PGM-FI (Fuel-injection) yang sayangnya di pasar otomotif dalam negeri Thailand mendapat response negatif dari berbagai kalangan pencinta motor sport. Hal ini diakibatkan hilangnya ciri khas motor sport pada CBR 150R PGM-FI, yakni motor yang bertenaga, tetapi berubah menjadi motor yang irit bahan bakar, dan ini tidak dikehendaki oleh sebagian besar konsumen otomotif khususnya mereka yang mengidolakan motor sport. Diyakini bahwa tenaga yang dihasilkan Honda CBR 150R PGM-FI kalah besar dibandingkan teknologi lama yaitu yang menggunakan karburator, walaupun secara konsumsi bahan bakar, versi karburator lebih boros dan tidak ramah lingkungan.
Sebagaimana diambil dari laman resmi penjualan Honda CBR 150 R, sepeda motor generasi sport terbaru Honda ini memang secara resmi di Indonesia di luncurkan sejak Juni 2011. Tapi Honda CBR 150R terbaru ini akan berbeda dari sisi desain, tampilan dan fitur-fitur terbaru di dalamnya. Anda akan merasakan sensasi Sporty yang luar biasa, denngan desain baru yang lebih sporty dan tampilan yang berbeda dengan generasi yang sebelum ya, membuat Honda CBR 150R ini dengan cepat merebut perhatian para pecinta motor sport di Indonesia. Hal itu terlihat dari antusiasme masyarakat Indonesia dengan motor ini. Inspirasi Honda CBR 150R terbaru ini memang di ambil dari Honda CBR 1000RR dan sebagain dari Honda VFR1200F.
Fitur Honda CBR 150R Terbaru
- Menggunakan Mesin 150cc DOHC, 6-Kecepatan,4-Katup,4-Langkah, teknologi PGM-FI mampu menghasilkan kecepatan tinggi yang responsif, sangat irit bensin, juga ramah lingkungan
- Menggunakan Rangka POLYGON yang ringan dan sangat inovatif sebagai desain baru untuk rangka, di desain secara khusus dan presisi untuk menunjang kinerja mesin yang optimal dan bisa memaksimalkan kinerja sistem suspensi, sehingga menjadi lebih stabil, lincah, aman dan nyaman dalam mengenadarai Honda CBR 150R yang legendaris ini.
- Honda CBR 150R ini juga memiliki radiator yang sangat canggih dengan adanya kipas elektrik yang bekerja secara otomatis menjaga temperatur tetap konsisten di seluruh bagian mesin, mampu menambah tenaga lebih, efisien dan membuat mesin tetap terjaga dan awet.
- Sistem suspensi Pro-Link layaknya CBR 250R memungkinkan guncangan pada tempat duduk terasa lebih lembut melalui mekanisme kerja yang lebih progresif dan memiliki kemampuan tinggi dalam menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi jalan.Sistem suspensi Pro-Link yang di pakai di Honda CBR 150R ini membuat guncangan yang Anda rasakan saat berkendara pada tempat duduk Anda terasa lebih lembut, serta mampu beradaptasi di berbagai kondisi jalan.
Terdapat 2 Varian dari Honda CBR 150R terbaru ini berikut Harga Resmi Honda CBR 150R. Yaitu
- CBR 150R STD, yang dibanderol seharga Rp 42.900.000,- OTR Jabodetabek
- CBR 150R Repsol, yang dibanderol seharga Rp 43.650.000,- OTR Jabodetabek
Berikut ini adalah spesifikasi lengkap Honda CBR 150 R sebagaimana dikutip dari laman resmi Astra Motor
Varian | CBR 150R STD | |
---|---|---|
Group | Spesifikasi | |
Dimensi (P x L x T) | 1.977 x 701 x 1.130 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1.310 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 190 mm | |
Ketinggian Tempat Duduk | 797 mm | |
Berat Kosong | 138 kg | |
Rangka | Pola Berlian (Diamond) | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Mono Suspension | |
Ukuran Ban Depan | 100/80-17M/C 52P | |
Ukuran Ban Belakang | 130/70-17M/C 62P | |
Rem Depan | Cakram hidrolik, dengan Piston Ganda | |
Rem Belakang | Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal | |
Sistem Pengereman | ||
Tipe Mesin | CS150RE, 4 Langkah, DOHC, Silinder Tunggal | |
Sistem Pendinginan | Pendingin Cairan (Radiator) dengan Kipas Elektrik | |
Diameter x Langkah | 63.5 x 47.2 mm | |
Volume Langkah | 149.4 cc | |
Perbandingan Kompresi | 11.0 : 1 | |
Daya Maksimum | ||
Torsi Maksimum | ||
Kopling | Wet Multiplate with Coil Springs | |
Starter | Starter Elektrik | |
Busi | ||
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 13.1 liter | |
Sistem Bahan Bakar | (PGM-FI/Programmed Fuel Injection) | |
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 1,0 liter | |
Transmisi | Constant Mesh 6-Speed Return | |
Pola Pengoperan Gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | |
Aki | ||
Sistem Pengapian | Full-Transistor Battery Ignition | |
Lampu Depan | ||
Lampu Senja | ||
Sudut Caster / Trail | 25 00 / 90 | |
Radius Putar Minimum | 2.400 mm | |
Tipe Pelumasan | ||
Rasio Perpindahan Gigi 1 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 2 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 3 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 4 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 5 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 6 | ||
Rasio Reduksi Gigi Primer | ||
Rasio Reduksi Gigi Sekunder | ||
Varian | CBR 150R Repsol | |
Group | Spesifikasi | |
Dimensi (P x L x T) | 1.977 x 701 x 1.130 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1.310 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 190 mm | |
Ketinggian Tempat Duduk | 797 mm | |
Berat Kosong | 138 kg | |
Rangka | Pola Berlian (Diamond) | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Mono Suspension | |
Ukuran Ban Depan | 100/80-17M/C 52P | |
Ukuran Ban Belakang | 130/70-17M/C 62P | |
Rem Depan | Cakram hidrolik, dengan Piston Ganda | |
Rem Belakang | Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal | |
Sistem Pengereman | ||
Tipe Mesin | CS150RE, 4 Langkah, DOHC, Silinder Tunggal | |
Sistem Pendinginan | Pendingin Cairan (Radiator) dengan Kipas Elektrik | |
Diameter x Langkah | 63.5 x 47.2 mm | |
Volume Langkah | 149.4 cc | |
Perbandingan Kompresi | 11.0 : 1 | |
Daya Maksimum | ||
Torsi Maksimum | ||
Kopling | Wet Multiplate with Coil Springs | |
Starter | Starter Elektrik | |
Busi | ||
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 13.1 liter | |
Sistem Bahan Bakar | (PGM-FI/Programmed Fuel Injection) | |
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 1,0 liter | |
Transmisi | Constant Mesh 6-Speed Return | |
Pola Pengoperan Gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | |
Aki | ||
Sistem Pengapian | Full-Transistor Battery Ignition | |
Lampu Depan | ||
Lampu Senja | ||
Sudut Caster / Trail | ||
Radius Putar Minimum | ||
Tipe Pelumasan | ||
Rasio Perpindahan Gigi 1 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 2 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 3 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 4 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 5 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 6 | ||
Rasio Reduksi Gigi Primer | ||
Rasio Reduksi Gigi Sekunder |
0 komentar:
Posting Komentar