Honda CBR 150R: Pertaruhan Di Kelas Motor Sport

Honda CBR150R

dari Wikipedia, ensiklopedia bebas.

Honda CBR150R adalah sebuah motor sport dengan kapasitas mesin 150 cc empat langkah (four-stroke engine), yang merupakan bagian dari Honda CBR series diproduksi oleh pabrikan Honda, dan pabrikan subsidiari A.P. Honda di Thailand. Dibangun sebagai suksesor dari Honda NSR 150 yang bermesin dua-langkah, generasi pertama dari motor ini sudah dijual di pasar otomotif Thailand market sejak tahun 2002 dan telah banyak diekspor ke berbagai negara di Asia serta Afrika Selatan. Honda Thailand kemudian memproduksi versi terbaru dari CBR 150R yang sudah menggunakan teknologi PGM-FI (Fuel-injection) pada tahun 2010, namun tenaga yang dihasilkan oleh motor sport berteknologi PGM-FI versi CBR 150 R menjadi lebih rendah dari versi karburator. Pada tahun 2012, Honda meluncurkan varian terbaru yang berkelir mengikuti versi MotoGP, Repsol Edition.

Honda kemudian memutuskan untuk menjual CBR 150R di India pada bulan Maret 2012.

Fitur
  • DOHC four-valve, single-cylinder 149.4 cc water-cooled engine with balance shaft
  • Six-speed sequential manual transmission
  • Front and rear Nissin disc brakes
  • Key slot cover for better protection against theft (2006 onwards)
  • Monoshock rear shock absorber
  • Secondary Air Supply System (SASS) which delivers extra air to the exhaust system for cleaner emissions
  • Catalytic converter
  • Constant velocity carburetor

Panel Instrument

Sepeda motor sport ini memiliki fitur sebuah analog instrument panel dengan gauge bahan bakar, speedometer, odometer, tachometer, temperature gauge, indikator sinyal berbelok (lampu sein) dan indikator high beam headlight (lampu jarak jauh).

Berita

Pada tanggal 20 October 2010, Honda Thailand memperkenalkan varian terbaru all-new Honda CBR150R dengan PGM-FI (Fuel-injection) yang sayangnya di pasar otomotif dalam negeri Thailand mendapat response negatif dari berbagai kalangan pencinta motor sport. Hal ini diakibatkan hilangnya ciri khas motor sport pada CBR 150R PGM-FI, yakni motor yang bertenaga, tetapi berubah menjadi motor yang irit bahan bakar, dan ini tidak dikehendaki oleh sebagian besar konsumen otomotif khususnya mereka yang mengidolakan motor sport. Diyakini bahwa tenaga yang dihasilkan Honda CBR 150R PGM-FI kalah besar dibandingkan teknologi lama yaitu yang menggunakan karburator, walaupun secara konsumsi bahan bakar, versi karburator lebih boros dan tidak ramah lingkungan.

Sebagaimana diambil dari laman resmi penjualan Honda CBR 150 R, sepeda motor generasi sport terbaru Honda ini memang secara resmi di Indonesia di luncurkan sejak Juni 2011. Tapi Honda CBR 150R terbaru ini akan berbeda dari sisi desain, tampilan dan fitur-fitur terbaru di dalamnya. Anda akan merasakan sensasi Sporty yang luar biasa, denngan desain baru yang lebih sporty dan tampilan yang berbeda dengan generasi yang sebelum ya, membuat Honda CBR 150R ini dengan cepat merebut perhatian para pecinta motor sport di Indonesia. Hal itu terlihat dari antusiasme masyarakat Indonesia dengan motor ini. Inspirasi Honda CBR 150R terbaru ini memang di ambil dari Honda CBR 1000RR dan sebagain dari Honda VFR1200F.

Fitur Honda CBR 150R Terbaru
  1. Menggunakan Mesin 150cc DOHC, 6-Kecepatan,4-Katup,4-Langkah, teknologi PGM-FI mampu menghasilkan kecepatan tinggi yang responsif, sangat irit bensin, juga ramah lingkungan
  2. Menggunakan Rangka POLYGON yang ringan dan sangat inovatif sebagai desain baru untuk rangka, di desain secara khusus dan presisi untuk menunjang kinerja mesin yang optimal dan bisa memaksimalkan kinerja sistem suspensi, sehingga menjadi lebih stabil, lincah, aman dan nyaman dalam mengenadarai Honda CBR 150R yang legendaris ini.
  3. Honda CBR 150R ini juga memiliki radiator yang sangat canggih dengan adanya kipas elektrik yang bekerja secara otomatis menjaga temperatur tetap konsisten di seluruh bagian mesin, mampu menambah tenaga lebih, efisien dan membuat mesin tetap terjaga dan awet.
  4. Sistem suspensi Pro-Link layaknya CBR 250R memungkinkan guncangan pada tempat duduk terasa lebih lembut melalui mekanisme kerja yang lebih progresif dan memiliki kemampuan tinggi dalam menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi jalan.Sistem suspensi Pro-Link yang di pakai di Honda CBR 150R ini membuat guncangan yang Anda rasakan saat berkendara pada tempat duduk Anda terasa lebih lembut, serta mampu beradaptasi di berbagai kondisi jalan.

Terdapat 2 Varian dari Honda CBR 150R terbaru ini berikut Harga Resmi Honda CBR 150R. Yaitu
  1. CBR 150R STD, yang dibanderol seharga Rp 42.900.000,- OTR Jabodetabek
  2. CBR 150R Repsol, yang dibanderol seharga Rp 43.650.000,- OTR Jabodetabek

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap Honda CBR 150 R sebagaimana dikutip dari laman resmi Astra Motor

VarianCBR 150R STD
GroupSpesifikasi
Dimensi (P x L x T)1.977 x 701 x 1.130 mm
Jarak Sumbu Roda1.310 mm
Jarak Terendah ke Tanah190 mm
Ketinggian Tempat Duduk797 mm
Berat Kosong138 kg
RangkaPola Berlian (Diamond)
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangMono Suspension
Ukuran Ban Depan100/80-17M/C 52P
Ukuran Ban Belakang130/70-17M/C 62P
Rem DepanCakram hidrolik, dengan Piston Ganda
Rem BelakangCakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
Sistem Pengereman
Tipe MesinCS150RE, 4 Langkah, DOHC, Silinder Tunggal
Sistem PendinginanPendingin Cairan (Radiator) dengan Kipas Elektrik
Diameter x Langkah63.5 x 47.2 mm
Volume Langkah149.4 cc
Perbandingan Kompresi11.0 : 1
Daya Maksimum
Torsi Maksimum
KoplingWet Multiplate with Coil Springs
StarterStarter Elektrik
Busi
Kapasitas Tangki Bahan Bakar13.1 liter
Sistem Bahan Bakar(PGM-FI/Programmed Fuel Injection)
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin1,0 liter
TransmisiConstant Mesh 6-Speed Return
Pola Pengoperan Gigi1-N-2-3-4-5-6
Aki
Sistem PengapianFull-Transistor Battery Ignition
Lampu Depan
Lampu Senja
Sudut Caster / Trail25 00 / 90
Radius Putar Minimum2.400 mm
Tipe Pelumasan
Rasio Perpindahan Gigi 1
Rasio Perpindahan Gigi 2
Rasio Perpindahan Gigi 3
Rasio Perpindahan Gigi 4
Rasio Perpindahan Gigi 5
Rasio Perpindahan Gigi 6
Rasio Reduksi Gigi Primer
Rasio Reduksi Gigi Sekunder
VarianCBR 150R Repsol
GroupSpesifikasi
Dimensi (P x L x T)1.977 x 701 x 1.130 mm
Jarak Sumbu Roda1.310 mm
Jarak Terendah ke Tanah190 mm
Ketinggian Tempat Duduk797 mm
Berat Kosong138 kg
RangkaPola Berlian (Diamond)
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangMono Suspension
Ukuran Ban Depan100/80-17M/C 52P
Ukuran Ban Belakang130/70-17M/C 62P
Rem DepanCakram hidrolik, dengan Piston Ganda
Rem BelakangCakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
Sistem Pengereman
Tipe MesinCS150RE, 4 Langkah, DOHC, Silinder Tunggal
Sistem PendinginanPendingin Cairan (Radiator) dengan Kipas Elektrik
Diameter x Langkah63.5 x 47.2 mm
Volume Langkah149.4 cc
Perbandingan Kompresi11.0 : 1
Daya Maksimum
Torsi Maksimum
KoplingWet Multiplate with Coil Springs
StarterStarter Elektrik
Busi
Kapasitas Tangki Bahan Bakar13.1 liter
Sistem Bahan Bakar(PGM-FI/Programmed Fuel Injection)
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin1,0 liter
TransmisiConstant Mesh 6-Speed Return
Pola Pengoperan Gigi1-N-2-3-4-5-6
Aki
Sistem PengapianFull-Transistor Battery Ignition
Lampu Depan
Lampu Senja
Sudut Caster / Trail
Radius Putar Minimum
Tipe Pelumasan
Rasio Perpindahan Gigi 1
Rasio Perpindahan Gigi 2
Rasio Perpindahan Gigi 3
Rasio Perpindahan Gigi 4
Rasio Perpindahan Gigi 5
Rasio Perpindahan Gigi 6
Rasio Reduksi Gigi Primer
Rasio Reduksi Gigi Sekunder
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar