Sistem Operasi Android Smartphone

Android adalah sistem operasi berbasis kernel Linux, dan dirancang terutama untuk perangkat mobile touchscreen seperti smartphone dan komputer tablet. Awalnya dikembangkan oleh Android, Inc, yang didukung secara finansial oleh Google dan kemudian dibeli pada tahun 2005, Android diresmikan pada tahun 2007 seiring dengan berdirinya Open Handset Alliance - konsorsium perusahaan produsen  hardware, software, dan perusahaan telekomunikasi yang ditujukan untuk memajukan standar terbuka untuk perangkat mobile. Smartphone yang menjalankan sistem operasi Android pertama di dunia yang diluncurkan untuk publik, HTC Dream, dirilis pada tanggal 22 Oktober 2008.

Antarmuka pengguna Android didasarkan pada manipulasi langsung, menggunakan input sentuh yang longgar sesuai dengan tindakan di dunia nyata, seperti menggesekkan, penyadapan, mencubit, dan mencubit terbalik untuk memanipulasi obyek di layar. Internal hardware - seperti akselerometer, giroskop, dan sensor kedekatan - digunakan oleh beberapa aplikasi untuk menanggapi tindakan pengguna tambahan, misalnya menyesuaikan layar dari portrait ke landscape tergantung pada bagaimana perangkat berorientasi. Android memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan layar rumah mereka dengan cara pintas ke aplikasi dan widget, yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan konten langsung, seperti email dan informasi cuaca, langsung di layar awal. Aplikasi lebih lanjut dapat mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna untuk memberitahu mereka tentang informasi yang relevan, seperti email baru dan pesan teks. Meskipun terutama dirancang untuk ponsel dan tablet, juga telah digunakan dalam televisi, konsol game, kamera digital, dan elektronik lainnya.

Android adalah OS mobile yang paling populer dan pada tahun 2013, perangkat lunak ini juga menjual lebih banyak dari Windows, iOS dan perangkat OS Mac gabungan. Pada kuartal ketiga 2013, pangsa Android smartphone pasar pengiriman global 81,3 %, tertinggi yang pernah ada. Pada Juli 2013 toko Google Play telah memiliki lebih dari 1 juta aplikasi Android yang diterbitkan, dan lebih dari 50 miliar aplikasi yang telah didownload. Sebuah survei pengembang dilakukan pada bulan April - Mei 2013 menemukan bahwa Android digunakan oleh 71 % dari pengembang mobile. Keberhasilan sistem operasi telah membuatnya menjadi target litigasi paten sebagai bagian dari apa yang disebut "perang smartphone" antara perusahaan teknologi. Pada September 2013, satu miliar perangkat Android telah diaktifkan.

Source code Android dirilis oleh Google di bawah lisensi open source, meskipun perangkat Android yang paling akhirnya kapal dengan kombinasi open source dan software proprietary. Android populer dengan perusahaan teknologi yang membutuhkan sistem operasi murah, siap pakai, dan sistem operasi tersebut bisa disesuaikan untuk perangkat berteknologi tinggi. Sifat terbuka Android telah mendorong komunitas besar pengembang dan penggemar untuk menggunakan kode open-source sebagai dasar untuk proyek-proyek berbasis kepentingan masyarakat, yang menambahkan fitur baru untuk pengguna tingkat lanjut atau membawa Android ke perangkat yang resmi dirilis menjalankan sistem operasi lain.

Aplikasi

Android memiliki pilihan yang semakin banyak dari aplikasi pihak ketiga, yang dapat diperoleh oleh pengguna baik melalui toko aplikasi seperti Google Play atau Amazon Appstore, atau dengan men-download dan menginstal APK file aplikasi dari situs pihak ketiga. Google Play Store memungkinkan pengguna untuk browsing, download dan memperbarui aplikasi yang diterbitkan oleh Google dan pengembang pihak ketiga, dan aplikasi Play Store klien pra-instal pada perangkat yang sesuai dengan persyaratan kompatibilitas Google dan lisensi perangkat lunak Google Mobile Services. Aplikasi klien menyaring daftar aplikasi yang tersedia ke mereka kompatibel dengan perangkat pengguna, dan pengembang dapat membatasi aplikasi mereka untuk operator tertentu atau negara untuk alasan bisnis. Pembelian aplikasi yang tidak diinginkan dapat dikembalikan dalam waktu 15 menit dari waktu download, dan beberapa operator menawarkan penagihan operator langsung untuk pembelian aplikasi Google Play, di mana biaya aplikasi ditambahkan ke tagihan bulanan pengguna.

Pada Juli 2013, ada lebih dari satu juta aplikasi tersedia untuk Android di Play Store. Pada Mei 2013 , 48 miliar aplikasi telah diinstal dari Google Play store.

Aplikasi ("apps"), yang memperluas fungsionalitas dari perangkat, yang dikembangkan terutama dalam bahasa pemrograman Java, bahasa menggunakan Android software development kit (SDK). SDK termasuk seperangkat alat pengembangan, termasuk debugger, perpustakaan software, emulator handset berdasarkan QEMU, dokumentasi, kode contoh, dan tutorial. Lingkungan pengembangan terpadu resmi didukung ( IDE ) adalah Eclipse menggunakan Android Development Tools (ADT) Plugin. Alat pembangunan lainnya yang tersedia, termasuk Development Kit asli untuk aplikasi atau ekstensi di C atau C + +, Google App Inventor, lingkungan visual untuk programmer pemula , dan berbagai lintas platform mobile kerangka kerja aplikasi web.



Hardware

Ini diumumkan pada Januari 2014 bahwa aplikasi web Chrome HTML5 harus menjadi tersedia , menggunakan lapisan kompatibilitas dari open source kerangka Apache Cordova untuk memungkinkan aplikasi tersebut untuk dibungkus dalam aplikasi shell asli , memungkinkan distribusi mereka atas Google Play.

Platform hardware utama untuk Android adalah 32-bit arsitektur ARMv7 . Proyek Android - x86 menyediakan dukungan untuk arsitektur x86, dan Google TV menggunakan versi x86 khusus Android. Pada tahun 2012, prosesor Intel mulai muncul di platform Android lebih utama, seperti telepon. Pada tahun 2013, Freescale mengumumkan dukungan untuk Android pada prosesor i.MX nya , khususnya i.MX5X dan i.MX6X seri.

Pada November 2013, versi terbaru Android merekomendasikan setidaknya 512 MB ​​RAM (dengan 340 MB sebagai persyaratan), dan memerlukan ARMv7 32-bit , MIPS atau prosesor arsitektur x86 (dua terakhir melalui ports tidak resmi), bersama dengan OpenGL ES 2.0 graphics processing unit (GPU) yang kompatibel. Android mendukung OpenGL ES 1.1 , 2.0 dan 3.0. Beberapa aplikasi secara eksplisit mengharuskan versi tertentu dari OpenGL ES, sehingga hardware GPU yang cocok diperlukan untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Selain menjalankan langsung pada hardware berbasis x86, Android juga bisa dijalankan pada arsitektur x86 dengan menggunakan sebuah emulator Android yang merupakan bagian dari SDK Android, atau dengan menggunakan BlueStacks atau Andy.

Perangkat Android menggabungkan banyak komponen perangkat keras opsional, termasuk diam atau kamera video, GPS, sensor orientasi, kontrol game khusus, akselerometer, giroskop, barometer, magnetometer, sensor jarak, sensor tekanan, termometer, dan layar sentuh. Beberapa komponen hardware yang tidak diperlukan, tetapi menjadi standar dalam kelas-kelas tertentu dari perangkat, seperti smartphone, dan persyaratan tambahan berlaku jika mereka hadir. Beberapa perangkat keras lainnya pada awalnya diperlukan, tetapi kebutuhan tersebut telah santai atau dihilangkan sama sekali. Misalnya, seperti Android dikembangkan awalnya sebagai OS ponsel, perangkat keras seperti mikrofon yang diperlukan, meskipun dengan berjalannya waktu fungsi telepon menjadi opsional. Android digunakan untuk memerlukan kamera autofocus, yang santai dengan fixed-focus camera jika bahkan hadir sama sekali, karena kamera dijatuhkan sebagai syarat sepenuhnya ketika Android mulai digunakan pada kotak set-top-box.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar