Mengenal Sosok Bang Napi di Acara Sergap RCTI

Bang Napi

Arie_Broto_Bang_Napi
Arie Broto saat memerankan tokoh Bang Napi di acara Sergap.
Pembaca sekalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan tampang pria berperawakan agak gemuk dengan topeng berwarna putih yang menutupi separuh wajahnya, dan sering mengucapkan kata-kata "Kejahatan tidak selalu terjadi hanya karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan! Waspadalah, waspadalah!!!" untuk mengingatkan pemirsa televisi agar selalu waspada dan tidak memberi orang lain kesempatan untuk berbuat jahat. Ya, dia adalah Bang Napi, tokoh yang sering muncul di televisi membawakan acara berita seputar kriminalitas di Indonesia yang bertajuk Sergap.

Sebagaimana dikutip dari Wikipedia berbahasa Indonesia, Sergap adalah sebuah program berita yang ditayangkan di stasiun televisi RCTI di Indonesia. Program berita kriminal ini resmi diluncurkan pada tanggal 2 Oktober 2001 (menggantikan acara Indonesia Today) dan menyiarkan berita-berita kriminal yang terjadi setiap hari. Tayangan berita Sergap berdurasi kurang lebih 30 menit dan disiarkan pada pagi dan siang hari.

Acara Sergap sendiri terdiri dari 4 segmen acara yaitu:
  • Ungkap - Segmen ini berisi berita kriminal dan hukum terkini
  • Bidik - Segmen ini mengupas lebih dalam tentang sebuah berita yang materinya dianggap kuat
  • Justisia - Dialog interaktif seputar masalah kriminal
  • Galeri - Feature atau kisah petugas kepolisian

Segmen Sergap

Sergap juga memiliki segmen yang khas, yaitu segmen Bang Napi yang diperankan oleh Arie Broto (kadang-kadang diperankan oleh Siswanto), sempat juga bersama Raffi Ahmad dan Olga Syahputra, pada tanggal 29 Juni 2009, muncul episode khusus "Bang Napi Lepas" di akhir segmen bersama Abu Marlo dan hanya beberapa menit Bang Napi lepas dan kembali ke penjara lagi. Di segmen ini, Bang Napi menyampaikan pesan-pesan yang berkaitan dengan berita yang sudah disampaikan. Bang Napi biasanya menyampaikan sebuah kredo dipenghujung pesannya, yang berbunyi "Kejahatan tidak selalu terjadi hanya karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan!! Waspadalah,... waspadalah!!!". Lalu oleh acara komedi plesetan bertajuk Beritawa di stasiun televisi Trans 7, Bang Napi dipelesetkan menjadi Bang Narji dengan jargon "Daripada mendapat keuntungan dari kerugian orang lain mendingan dari usaha sendiri. Swadayalah...Swadayalah...Swadayalah!".

Pada akhir tayangan Sergap ditampilkan sosok Bang Napi yang menggambarkan seorang narapidana bijak yang memberikan nasehat kepada pemirsa agar selalu waspada dan terhindar dari tindak kriminal, hal itu semakin diper kuat dengan seruan ”Waspadalah waspadalah” yang diucapkan Bang Napi di akhir kalimatnya dan juga menayangkan informasi tentang orang hilang.

Rumah Bang Napi dibobol Maling

wajah asli Bang Napi alias Arie Broto
saat nggak pakai topeng.
Sayang, peringatan itu tidak diterapkan oleh dirinya sendiri. Rumah mewah Arie Broto sang pembawa acara “Bang Napi”, Raden Jadi Nurjaman (37), di Jalan Dalur Quran No 36 RT 03/02 Kelurahan Loji Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor di bobol maling, Senin (25/4) dini hari. Atas peristiwa ini, Bang Napi kehilangan 1 TV Flat 32 inci merek Sharp, I HP Blackberry, 2 pasang sandal, dan uang tunai senilai Rp 150 ribu.

Menurut keterangan, pelaku masuk saat penghuni rumah sedang terlelap tidur karena baru pulang syuting acara kriminal Bang Napi di RCTI. Hasil olah TKP petugas kepolisian, pelaku masuk ke dalam rumah dengan membongkar jendela depan. Korban mengaku, kejadian diperkirakan terjadi sekitar pukul 03:00 hingga pukul 04.00. Pasalnya dirinya baru beranjak tidur pada pukul 01.00, setelah menyelesaikan pekerjaannya.

Kepada petugas, pria berkepala plontos ini mengatakan, peristiwa pencurian tersebut pertama kali diketahui oleh Mira (35), istrinya sekitar pukul 05.30 subuh. Saat itu Mira terbangun, karena bunyi jam weker yang distel untuk membangunkan dirinya, guna mempersiapkan Dinda, anaknya, untuk persiapan ke sekolah.

Setelah istri saya bangun, ternyata televisi di ruang tengah sudah nggak ada. Jendela depan juga sudah rusak,” paparnya di Mapolsek Bogor Barat.

Kanit Reskrim Polsek Bogor Barat, AKP Puji Astono, membenarkan peristiwa pencurian tersebut. "Iya, kami sudah mendapat laporan pencurian dari pemeran Bang Napi dengan slogan Waspadalah... Waspadalah…" kata AKP Puji. Laporan ditindaklanjuti dengan olah TKP dan meminta keterangan saksi.

Untuk saat ini barang yang hilang teridentifikasi adalah 1 unit televisi, uang tunai ratusan ribu, HP BB dan sandal,” tandas AKP Puji. Beruntungnya tidak ada korban luka ataupun korban jiwa hingga meninggal dunia di dalam kejadian ini. Sepertinya bang Napi harus lebih Waspadalah!!! Waspadalah!!!

Bang_Napi_Kemalingan
Rumah bang Napi dibobol maling, TV flat, Blackberry, dan uang tunai raib.

Just for your information, berikut ini adalah nama-nama dari pembawa acara Sergap di RCTI:
  • Ira Syarief
  • Ledy Simarmata
  • Zaldy Noer (Penyiar Sergap Pagi)
  • Andi Iskandar
  • Trini Agustini
  • Crisanty Suwarso
  • Chandra Sugarda
Bang_Napi_Arie_Broto_Berpose_Dengan_Polisi
Bang Napi alias Arie Broto Berpose dengan Polisi.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar