Lima Tips untuk Menaikkan Google PageRank pada Blog Anda

Google Pagerank

Lima_Tips_Menaikkan_PageRank_Pada_Blog_Anda
Google PageRank adalah sebuah algoritma yang diciptakan oleh perusahaan situs mesin pencari terbesar di dunia, Google Inc., untuk menentukan peringkat sebuah situs yang akan ditampilkan dalam hasil penelusuran di Google Search Engine (disingkat SERP / Search Engine Result Page), dan kebanyakan blogger tidak benar-benar memahami akan hal ini.

Bahkan faktanya, mungkin hanya beberapa orang di dunia ini yang benar-benar mengerti tentang Google PageRank, hal ini dikarenakan Google sangat menjaga kerahasiaan dari algoritma Google PageRank dengan super ketat. Meningkatkan PageRank dari halaman situs Anda bukanlah sesuatu yang bisa dicapai dalam hitungan hari. Jika semudah itu, maka semua orang akan memiliki angka Google PageRank yang maksimal, yakni angka 10.

Bagaimana Cara Menaikkan Google PageRank?

Semua orang tentu ingin blog mereka mendapat banyak pengunjung, dan cara untuk mendapatkan traffic yg tinggi adalah dengan muncul sesering-seringnya di halaman pencarian Google (SERP). Sementara itu Google menampilkan hasil pencarian berdasarkan Google Pagerank, jadi memiliki Google PageRank yg tinggi adalah cara untuk menarik banyak pengunjung.

Tingkat pentingnya sebuah halaman situs bisa dilihat melalui PageRank. dimana Google menghitung berdasarkan faktor-faktor penting seperti misalnya jumlah link dari situs luar yg mengarah ke halaman situs tersebut. Halaman situs dengan PageRank yg lebih tinggi memiliki peluang yg lebih baik untuk muncul di bagian atas hasil pencarian Google.

Oleh karena itu, seorang blogger newbie seperti saya perlu tetap membaca berbagai artikel yg tersedia di internet untuk mempelajari sejumlah tips dan trik yg bermanfaat demi meningkatkan Google PageRank dari blog saya, terutama beberapa tips yang cukup mudah diimplementasikan dan trik tersebut tetap bertahan dari waktu ke waktu walaupun ada perubahan algoritma dari Google.

Berikut ini adalah lima tips untuk menaikkan Google PageRank pada blog Anda:
  1. Dapatkan Inbound Link / Backlink dari situs-situs berkualitas yang sudah memiliki PageRank tinggi, terutama situs yang berkaitan dengan topik di situs Anda.

    Cara terbaik untuk meningkatkan Google PageRank justru adalah tidak membuat perubahan dalam satu malam, tetapi akan membuat sebuah perbedaan besar jika dilakukan dalam jangka panjang. Kuncinya adalah untuk mendapatkan link yang menuju ke blog Anda dari situs web dan blog yang sudah memiliki traffic tinggi dan ter-otorisasi oleh Google dan situs-situs ini sebaiknya berkaitan dengan topic yang sering Anda bahas di dalam blog Anda.

    Sebagai contoh, jika Anda menulis sebuah blog tentang komputer dan gadget, mendapatkan sebuah backlink dari Chip.co.id akan memberikan nilai tambah yang sangat signifikan untuk blog Anda. dan jika Anda bisa mendapatkan beberapa lagi high quality link dari situs-situs populer seperti Tabloid Pulsa, Rakitan.com, atau bahkan situs-situs luar negeri, maka Google PageRank untuk blog Anda biasanya akan melompat lebih tinggi.

  2. Selalu ingat untuk menggunakan Teknik SEO

    Search Engine Optimization atau SEO adalah sebuah bagian penting dari usaha untuk meningkatkan Google PageRank. Penggunaan image alt, tag header, menaruh link yg benar, jumlah kata dalam artikel, penggunaan blockquote, dan lain-lain akan mempengaruhi penilaian google terhadap sebuah halaman situs.

    Tabel_Periodik_Faktor_Sukses_SEO_Search_Engine_Optimization
    Tabel Periodik yg memuat Faktor Penentu Kesuksesan SEO (Search Engine Optimization)

    Silakan baca artikel tentang SEO yang akan saya tuliskan berikutnya, dan pastikan Anda menggunakan mereka dalam menyusun blog Anda. Klik disini untuk membaca sekilas tentang Sejarah SEO (Search Engine Optimization).

  3. Tulislah Konten Original, bukan hasil Copy Paste.

    Jangan pernah sekalipun menjiplak tulisan dari situs lain. Bahkan ketika Anda menjiplak dan mem-publish ulang konten milik Anda sendiri dari sebuah situs milik Anda sendiri ke situs milik Anda yang lainnya, intinya jangan lakukan itu!

    Algoritma yang diciptakan oleh Google bisa menganalisa dan mendeteksi kesamaan isi konten dan hasilnya entah akan memberikan situs yang awal kredit tambahan atau justru malah men-downgrade situs yang menampilkan konten hasil jiplakan. Google akan bereaksi keras terhadap pembajakan konten di dunia maya, bahkan walaupun Anda tidak bersalah sama sekali. Sekali saja situs Anda di downgrade oleh Google, maka hampir tidak mungkin alias mustahil untuk meningkatkannya lagi.

  4. Jangan Terlalu Terobsesi Dengan Link

    Banyak blogger yang mendengar bahwa sangat penting untuk memiliki link yang menuju ke blog mereka untuk meningkatkan Google PageRank, jadi mereka mulai untuk meninggalkan komentar di berbagai situs dan di mana saja yang menurut mereka bisa menitipkan link ke blog mereka. Ingatlah tips pertama dari artikel ini menyebutkan, algoritma Google sangat menghargai kualitas dari link, bukan kuantitasnya. Faktanya, bahkan PageRank dari blog Anda bisa diturunkan apabila dinilai oleh Google sebagai blog dengan tidak lebih dari setumpukan link sampah.

  5. Tulislah Artikel yang berkualitas.

    Jika Anda menuliskan sebuah artikel yang cukup bermanfaat, maka orang-orang akan cenderung ingin untuk menautkan ke halaman Anda, utamanya website yang berkualitas tinggi. Masukkan diri Anda ke dalam radar pada website dan blog yang sudah memiliki kualitas tinggi dengan menuliskan komentar, berpartisipasi dalam forum, mengirimkan e-mail langsung, menuliskan artikel, dan lain-lain. Buatlah hubungan dengan orang-orang yang menulis untuk situs berkualitas tinggi. Link dari website yang berkualitas tinggi akan ikut menumbuhkan situs Anda untuk memiliki PageRank yang lebih baik di masa depan.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar: