Sejarah CPU (Central Processing Unit) / Processor Intel Corporation

Intel Corporation adalah pembuat / produsen chip semikonduktor, multinasional corporation asal Amerika yang berkantor pusat di Santa Clara, California. Intel merupakan salah satu pembuat semikonduktor terbesar dan perusahaan microchip yang termahal di dunia, berdasarkan pendapatannya. Mereka adalah penemu dari mikroprosesor seri x86, prosesor yang umum digunakan di sebagian besar komputer pribadi (personal computer / PC) di seluruh dunia.

Intel Corporation, yang didirikan pada tanggal 18 Juli 1968, adalah kepanjangan dari Integrated Electronics (fakta bahwa "intel" adalah istilah untuk informasi intelijen juga membuat nama yang tepat). Intel juga membuat chipset motherboard, pengendali antarmuka jaringan dan terintegrasi dalam papan sirkuit, memori flash, chip grafis, processor tertanam (built-in) dan perangkat lain yang berkaitan dengan komunikasi dan komputasi. Didirikan oleh perintis semikonduktor Robert Noyce dan Gordon Moore dan banyak terkait dengan kepemimpinan eksekutif dan visi Andrew Grove, Intel menggabungkan kemampuan desain chip canggih dengan kemampuan manufaktur terdepan di bidangnya. Meskipun Intel awalnya dikenal terutama untuk kalangan insinyur dan teknologi terbatas, "Intel Inside" sebagai kampanye iklan pada tahun 1990-an telah membuat nama Intel sangat dikenal luas oleh masyarakat dunia bersama dengan prosesor (procie) Pentium-nya .

Dalam sejarah nya, Intel merupakan pengembang awal SRAM dan DRAM chip memori, dan ini mewakili sebagian besar bisnisnya sampai 1981. Meskipun Intel menciptakan CPU / Central Processing Unit, microprocessor chip komersial pertama di dunia pada tahun 1971, ia tidak sampai pada keberhasilan personal computer (PC) yang ini menjadi bisnis utamanya. Selama tahun 1990, Intel berinvestasi dalam desain mikroprosesor baru mendorong pertumbuhan yang cepat dari industri komputer. Selama periode ini Intel menjadi dominan pemasok mikroprosesor untuk komputer pribadi / PC, dan dikenal karena taktiknya yang agresif dan kadang-kadang ilegal dalam membela posisi pasar, khususnya terhadap persaingan sengit dengan Advanced Micro Devices (AMD), serta perjuangan dengan Microsoft untuk mengontrol arah industri PC di masa depan.

Pada tahun 2013 Intel dinobatkan sebagai peringkat 100 merek paling berharga di dunia diterbitkan oleh Millward Brown Optimor menunjukkan nilai merek perusahaan di peringkat 61.

Intel juga telah mulai penelitian transmisi listrik dan generasi. Intel baru-baru ini memperkenalkan transistor 3-D yang meningkatkan kinerja dan efisiensi energi. Intel telah mulai memproduksi secara massal ini 3-D transistor, bernama Tri-Gate transistor, dengan nama proses mereka 22, yang saat ini digunakan dalam core generasi ke-3 mereka awalnya dirilis pada tanggal 29 April 2012. pada tahun 2011, SpectraWatt Inc, sebuah perusahaan spin-off yang mengembangkan sel surya dari Intel, mengajukan kebangkrutan di bawah Bab 11 Undang-Undang Amerika Serikat. Pada Juni 2013, Intel meluncurkan generasi keempat dari prosesor Core Intel (Haswell) dalam sebuah acara bernama Computex di Taipei.

The Open Source Technology Center di Intel host PowerTOP dan LatencyTOP, dan mendukung proyek-proyek open source lainnya seperti Wayland, Intel Array Building Blocks, Threading Building Blocks (TBB), dan Xen.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar