Kanker yang Disebabkan Radiasi Ultraviolet

Radiasi

Tahukah Anda bahwa Kanker juga dapat disebabkan oleh radiasi?

Kanker_Disebabkan_Radiasi_Ultraviolet_Matahari
Kanker juga dapat disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh matahari.

Sampai dengan 10% dari "kanker invasif" terkait dengan paparan radiasi, termasuk radiasi pengion dan radiasi ultraviolet non-ionisasi. Selain itu, sebagian besar kanker non-invasif adalah kanker kulit non-melanoma yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet non-pengion, sebagian besar dari sinar matahari. Sumber radiasi pengion termasuk pencitraan medis (x-ray) dan gas radon.

Radiasi pengion bukanlah mutagen sangat kuat. Paparan Residential gas radon, misalnya, memiliki risiko kanker yang sama seperti perokok pasif. Radiasi merupakan sumber lebih kuat dari kanker ketika dikombinasikan dengan agen penyebab kanker lainnya, seperti paparan gas radon ditambah merokok tembakau. Radiasi dapat menyebabkan kanker di sebagian besar bagian tubuh, di semua hewan, dan pada usia berapa pun. Anak-anak dan remaja dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan radiasi leukemia sebagai orang dewasa; paparan radiasi sebelum kelahiran telah melipatkan hingga sepuluh kali efek yang bisa dihasilkan olehnya.

Penggunaan medis radiasi pengion merupakan sumber kecil tapi tumbuh kanker akibat radiasi. Radiasi pengion dapat digunakan untuk mengobati kanker lainnya, tapi ini mungkin, dalam beberapa kasus, menyebabkan bentuk kedua dari kanker. Hal ini juga digunakan dalam beberapa jenis pencitraan medis.

Kontak yang terlalu lama radiasi ultraviolet dari matahari dapat menyebabkan melanoma dan kulit lainnya keganasan. Ada bukti yang jelas menetapkan radiasi ultraviolet, terutama non-pengion menengah UVB gelombang, sebagai penyebab kanker kulit non-melanoma, yang paling bentuk umum kanker di dunia.

Radiasi frekuensi radio non-ionisasi dari ponsel, transmisi tenaga listrik, dan sumber-sumber lain yang serupa telah digambarkan sebagai kemungkinan / diduga adalah karsinogen (zat pemicu sel kanker) oleh "World Health Organization's International Agency for Research on Cancer". Namun, penelitian belum menemukan hubungan yang konsisten antara radiasi ponsel dan risiko kanker.

Keturunan

Sebagian besar kanker non-herediter ("kanker sporadis"). Kanker herediter terutama disebabkan oleh cacat genetik diwariskan. Kurang dari 0,3% dari populasi adalah pembawa mutasi genetik yang memiliki dampak yang besar terhadap risiko kanker dan ini menyebabkan kurang dari 3-10% dari semua kanker. Beberapa sindrom ini meliputi:
  • Mutasi tertentu diwariskan dalam gen BRCA1 dan BRCA2 dengan risiko lebih dari 75% dari kanker payudara dan kanker ovarium, 
  • Nonpolyposis herediter kanker kolorektal (HNPCC atau "sindrom Lynch") yang hadir dalam sekitar 3% dari orang dengan kanker kolorektal, antara lain. agen fisik

Beberapa zat menyebabkan kanker terutama melalui fisik mereka, daripada kimia, efek pada sel. Sebuah contoh yang menonjol dari ini berkepanjangan paparan asbes, alami serat mineral yang merupakan penyebab utama mesothelioma, yang merupakan kanker serosa membran, biasanya membran serosa sekitar paru-paru.

Zat lain dalam kategori ini, termasuk alami dan serat asbes-seperti sintetis seperti wollastonite, atapulgit, glass wool, dan wol batuan, diyakini memiliki efek yang sama. Bahan partikulat Non-berserat yang menyebabkan kanker termasuk bubuk kobalt logam dan nikel, dan kristal silika (kuarsa, kristobalit, dan tridimit). Biasanya, karsinogen fisik harus masuk ke dalam tubuh (seperti melalui menghirup potongan-potongan kecil) dan memerlukan beberapa tahun terpapar untuk mengembangkan penyakit kanker di dalam tubuh.

Trauma fisik mengakibatkan kanker relatif jarang terjadi. Klaim bahwa patah tulang mengakibatkan kanker tulang, misalnya, tidak pernah terbukti. Demikian pula, trauma fisik tidak diterima sebagai penyebab kanker leher rahim, kanker payudara, atau kanker otak. Salah satu sumber diterima adalah aplikasi sering, jangka panjang benda panas ke tubuh. Ada kemungkinan bahwa berulang luka bakar di bagian yang sama dari tubuh, seperti yang dihasilkan oleh Kanger dan pemanas kairo (penghangat arang tangan), dapat menghasilkan kanker kulit, terutama jika bahan kimia karsinogenik juga hadir di dalam tubuh kita.

Sering minum teh panas mendidih dapat menghasilkan kanker kerongkongan. Secara umum, diyakini bahwa kanker muncul, atau kanker yang sudah ada didorong untuk berkembang, selama proses perbaikan trauma, daripada kanker disebabkan langsung oleh trauma. Namun, cedera berulang ke jaringan yang sama mungkin mempromosikan proliferasi sel yang berlebihan, yang kemudian bisa meningkatkan peluang mutasi kanker. Tidak ada bukti bahwa peradangan itu sendiri menyebabkan kanker, belum peradangan dapat berkontribusi untuk proliferasi, kelangsungan hidup dan migrasi sel-sel kanker dengan mempengaruhi lingkungan mikro di sekitar tumor.

Hormon

Beberapa hormon berperan dalam perkembangan kanker dengan mempromosikan proliferasi sel. Faktor pertumbuhan insulin-like dan protein yang mengikat mereka memainkan peran kunci dalam proliferasi sel kanker, diferensiasi dan apoptosis, menunjukkan kemungkinan keterlibatan dalam karsinogenesis.

Hormon adalah zat penting dalam kanker yang berhubungan dengan seks seperti kanker payudara, endometrium, prostat, ovarium, dan testis, dan juga kanker tiroid dan kanker tulang. Sebagai contoh, anak-anak perempuan dari wanita yang memiliki kanker payudara secara signifikan tingkat yang lebih tinggi dari estrogen dan progesteron dari anak-anak perempuan wanita tanpa kanker payudara. Kadar hormon yang lebih tinggi ini mungkin menjelaskan mengapa wanita memiliki risiko tinggi terkena kanker payudara, bahkan tanpa adanya gen kanker payudara. Demikian pula, orang-orang keturunan Afrika memiliki tingkat signifikan lebih tinggi dari testosteron dibandingkan pria keturunan Eropa, dan memiliki tingkat Sejalan jauh lebih tinggi dari kanker prostat. Hai orang-orang keturunan Asia, dengan tingkat terendah testosteron-mengaktifkan glukuronida androstanediol, memiliki tingkat terendah kanker prostat.

Faktor-faktor lain juga relevan: orang gemuk memiliki kadar beberapa hormon yang terkait dengan kanker dan tingkat yang lebih tinggi dari orang-kanker. Wanita yang mengkonsumsi terapi hormon pengganti memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker yang berhubungan dengan hormon-hormon Pada. Sebaliknya, orang yang berolahraga jauh diatas rata-rata memiliki tingkat lebih rendah dari hormon-hormon ini, dan menurunkan risiko kanker. Osteosarcoma dapat dipromosikan oleh hormon pertumbuhan. Beberapa pengobatan dan pencegahan pendekatan pengaruh penyebab ini dengan artifisial mengurangi hormon tingkat, dan kanker hormon-sensitif sehingga mengecewakan.

Anda bisa mengetahui tentang kanker di sini.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar