Tentang Kanker atau Cancer

Kanker

Hasil_CT_Scan_Coronal_Menunjukkan_Kanker
CT scan koronal menunjukkan
mesothelioma ganas (kanker)
gambar: Wikipedia
Kanker (dalam bahasa Inggris disebut "Cancer" atau dibaca "kænsər"), juga dikenal sebagai tumor ganas atau neoplasma ganas, adalah sekelompok penyakit yang melibatkan pertumbuhan sel abnormal yang berpotensi untuk menyerang atau menyebar ke bagian lain dari tubuh. Tidak semua tumor adalah kanker.; contohnya adalah tumor jinak yang tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Kanker diketahui merupakan penyakit yang dapat dicegah, tetapi cukup sulit untuk disembuhkan. Ketika tahapan penyakit kanker dimulai, penyakit itu selalu tidak menghasilkan gejala yang dapat dilihat atau dirasakan. Tanda dan gejala hanya muncul sebagai massa terus tumbuh atau sudah ulserasi. Temuan gejala yang dihasilkan tergantung pada jenis dan lokasi kanker. Beberapa gejala yang spesifik, dengan banyak dari mereka juga sering terjadi pada individu yang memiliki kondisi lain. Kanker dijuluki "peniru ulung". Sehingga tidak jarang orang didiagnosis dengan kanker telah dirawat karena penyakit lain yang diasumsikan menyebabkan gejala tersebut.

Tanda dan Gejala Kanker

Tanda dan gejala dari kanker misalnya termasuk:
  • Tumbuhnya benjolan baru di bagian tubuh tertentu,
  • Perdarahan abnormal,
  • Batuk berkepanjangan,
  • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dan
  • Perubahan gerakan usus.
Sementara gejala-gejala ini mungkin (bisa saja) menunjukkan adanya penyakit kanker, gejala-gejala tersebut diatas juga dapat terjadi karena masalah (penyakit) lain. Ada lebih dari 100 jenis kanker yang diketahui, dengan jenis berbeda-beda yang terjadi pada tubuh manusia.

Penyebab Kanker

Penyebab_Kanker
Diagram Penyebab Kanker
Penggunaan tembakau merupakan penyebab dari sekitar 22% dari kematian akibat kanker. Sekitar 10% lainnya adalah karena obesitas, pola makan yang buruk, kurangnya aktivitas fisik, dan minum alkohol. Faktor-faktor lainnya adalah termasuk infeksi tertentu, paparan radiasi pengion, dan polutan lingkungan.

Di negara berkembang hampir 20% dari kanker yang disebabkan oleh infeksi seperti hepatitis B, hepatitis C, dan human papillomavirus. Faktor-faktor ini bertindak, setidaknya sebagian, dengan mengubah gen dari sel. Biasanya banyak perubahan genetik tersebut terjadi sebelum kanker berkembang. Sekitar 5-10% dari kanker disebabkan oleh cacat genetik yang diturunkan dari orang tua seseorang. Kanker dapat dideteksi oleh tanda-tanda dan gejala tertentu atau melalui tes skrining. Hal ini kemudian biasanya diteliti lebih lanjut melalui pencitraan medis dan dikonfirmasi dengan tindakan medis yang dinamakan biopsi.

Pencegahan Kanker

Banyak kanker dapat dicegah dengan:
  • Tidak merokok,
  • Makan lebih banyak sayuran, buah-buahan dan biji-bijian,
  • Mengonsumsi lebih sedikit daging dan karbohidrat olahan,
  • Menjaga berat badan yang sehat,
  • Rutin Berolahraga,
  • Meminimalkan paparan sinar matahari langsung, dan
  • Divaksinasi terhadap penyakit menular tertentu.

Deteksi dini melalui skrining berguna untuk kanker serviks dan kolorektal. Manfaat skrining kanker payudara yang dianggap kontroversial bagi sejumlah kalangan. Kanker sering diobati dengan beberapa kombinasi dari terapi radiasi, pembedahan, kemoterapi, dan terapi yang ditargetkan. Nyeri dan manajemen gejala merupakan bagian penting dari perawatan. Perawatan paliatif sangat penting pada pasien dengan penyakit lanjut. Kesempatan untuk bertahan hidup tergantung pada jenis kanker dan luasnya penyakit pada awal pengobatan. Pada anak-anak di bawah 15 di diagnosis tingkat kelangsungan hidup lima tahun di negara maju adalah rata-rata 80%. Untuk kanker di Amerika Serikat rata-rata tingkat kelangsungan hidup lima tahun adalah 66%.

Pada tahun 2012 sekitar 14,1 juta kasus baru kanker terjadi secara global. Hal ini menyebabkan sekitar 8,2 juta kematian atau 14,6% dari semua kematian manusia. Jenis yang paling umum kanker pada laki-laki adalah kanker paru-paru, kanker prostat, kanker kolorektal, dan kanker perut, dan pada wanita, jenis yang paling umum adalah kanker payudara, kanker kolorektal, kanker paru-paru, dan kanker leher rahim. Kanker kulit tidak termasuk dalam statistik ini dan jika itu akan bertanggungjawab atas sedikitnya 40% kasus.

Pada anak-anak lymphoblastic leukemia dan tumor otak akut yang paling umum kecuali di Afrika di mana limfoma non-Hodgkin lebih sering terjadi. Pada tahun 2012 sekitar 165.000 anak kurang dari 15 tahun didiagnosis dengan kanker. Risiko kanker meningkat secara signifikan dengan usia dan banyak kanker terjadi lebih umum di negara-negara maju. Harga meningkat karena lebih banyak orang hidup sampai usia tua dan perubahan gaya hidup terjadi di negara berkembang. Biaya keuangan untuk memerangi kanker diperkirakan telah mencapai $ 1.160.000.000.000 dolar AS per tahun pada tahun 2010.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar