Patogenesis dan Diagnosa Kanker Paru-Paru

Patogenesis

Peringatan penulis blog: Bagi Anda yang tidak mengerti, bahasa medis atau istilah kedokteran ini mungkin akan menyebabkan gejala gagal paham, tidak mengerti, merasa kurang literasi, pusing, mual, dan nyeri di sekujur otak. Telah diuji coba dan dialami sendiri oleh penulis yang menterjemahkan tulisan ini dari http://en.wikipedia.org/wiki/Lung_cancer.

Patogenesis_dan_diagnosa_kanker_paru
Patogenesis dan Diagnosa Kanker Paru
Mirip dengan banyak kanker lainnya, kanker paru-paru dimulai dengan aktivasi onkogen atau inaktivasi gen supresor tumor. Karsinogen menyebabkan mutasi pada gen yang menyebabkan perkembangan kanker.

Mutasi pada K-ras proto-onkogen bertanggung jawab atas 10-30% dari adenokarsinoma paru. Sekitar 4% dari karsinoma paru sel non-kecil-melibatkan gen tyrosine kinase fusion EML4-ALK.

Perubahan-seperti epigenetik seperti perubahan metilasi DNA, histone ekor modifikasi, atau peraturan-mungkin microRNA menyebabkan inaktivasi gen supresor tumor.

Reseptor faktor pertumbuhan epidermal (EGFR) mengatur proliferasi sel, apoptosis, angiogenesis, dan invasi tumor. Mutasi dan amplifikasi EGFR yang umum pada karsinoma paru non-sel-kecil dan memberikan dasar untuk pengobatan dengan inhibitor EGFR-. Her2 / neu dipengaruhi lebih jarang. Gen lain yang sering bermutasi atau diperkuat adalah c-MET, NKX2-1, LKB1, PIK3CA, dan BRAF.

Garis sel asal tidak sepenuhnya dipahami. Mekanisme mungkin melibatkan aktivasi abnormal sel-sel induk. Dalam saluran udara proksimal, sel-sel yang mengekspresikan keratin 5 lebih mungkin akan terpengaruh, biasanya menyebabkan karsinoma paru sel skuamosa batang. Di saluran udara tengah, sel-sel induk yang terlibat termasuk sel klub dan sel neuroepithelial yang mengekspresikan protein klub sekretori sel. Karsinoma paru sel kecil mungkin berasal dari garis sel ini atau neuroendokrin sel, dan dapat mengekspresikan CD44.

Metastasis kanker paru-paru membutuhkan transisi dari epitel jenis sel mesenchymal. Hal ini dapat terjadi melalui aktivasi jalur sinyal seperti Akt / GSK3Beta, MEK-ERK, Fas, dan Par6.

Diagnosa kanker paru

CT_Scan_menunjukkan_tumor_berpotensi_kanker_di_paru
CT Scan menunjukkan tumor berpotensi
kanker paru-paru
Melakukan rontgen dada merupakan salah satu langkah investigasi pertama jika seseorang melaporkan gejala-gejala yang mungkin mengarah kepada kanker paru-paru. Ini dapat mengungkapkan massa yang jelas, pelebaran mediastinum (sugestif menyebar ke kelenjar getah bening di sana), atelektasis (kolaps), konsolidasi (pneumonia) atau efusi pleura. CT-scan biasanya digunakan untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang jenis dan luasnya penyakit. Bronkoskopi atau CT-dipandu biopsi sering digunakan untuk sampel tumor untuk histopatologi.

Kanker paru-paru sering muncul sebagai nodul paru soliter pada rontgen dada. Namun, diagnosis banding lebar. Banyak penyakit lain juga bisa memberikan penampilan ini, termasuk tuberkulosis, infeksi jamur, kanker metastatik atau mengorganisir pneumonia. Penyebab kurang umum dari nodul paru soliter termasuk hamartomas, kista bronkogenik, adenoma, malformasi arteri, penyerapan paru, nodul rheumatoid, granulomatosis Wegener atau limfoma. Kanker paru-paru juga bisa menjadi temuan insidental, sebagai nodul paru soliter pada dada radiografi atau CT scan dilakukan untuk alasan yang tidak terkait. Diagnosa definitif kanker paru-paru didasarkan pada pemeriksaan histologi dari jaringan yang mencurigakan dalam konteks gambaran klinis dan radiologi.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar