Tanda Gejala Penyebab Kanker Paru-Paru

Tanda dan Gejala

Tanda dan gejala yang mungkin muncul sebagai akibat dari terjadinya kanker paru-paru antara lain:
  • Gejala pernafasan: batuk, batuk darah, mengi atau sesak napas
  • Gejala sistemik: penurunan berat badan, demam, nyeri di bagian kuku, atau kelelahan
  • Gejala karena massa kanker menekan struktur organ tubuh yang berdekatan: nyeri dada, nyeri tulang, obstruksi vena kava superior, kesulitan menelan
Jika kanker tumbuh di saluran udara atau pernafasan, mungkin kanker telah menghalangi aliran udara, menyebabkan kesulitan bernapas. Obstruksi dapat menyebabkan akumulasi sekret di belakang sumbatan, dan menyebabkan pengidap kanker menjadi rentan terhadap pneumonia.

Tergantung pada jenis tumor, gejala fenomena paraneoplastic tidak disebabkan oleh kehadiran lokal kanker - awalnya mungkin menarik perhatian terhadap penyakit ini. Sebagai contoh, saya memiliki seorang teman yang Ayahnya adalah dokter sekaligus sebagai kepala Rumah Sakit Umum, Ibunya meninggal karena didiagnosis menderita kanker paru-paru, padahal almarhumah Ibunya tidak pernah merokok, dan gaya hidupnya cenderung sehat. Ternyata pada saat awal diagnosa, dokter mengira bahwa penyakit yang dideritanya adalah pneumonia.

Paru_paru_yang_terkena_kanker
Paru-paru yang terkena kanker.
Pada kanker paru-paru, fenomena ini mungkin termasuk dalam sindrom miastenia Lambert-Eaton (kelemahan otot akibat autoantibodi ), hiperkalsemia, atau sindrom tidak pantas hormon antidiuretik (SIADH, normal terkonsentrasi urin dan encer darah). Tumor di bagian atas paru-paru, yang dikenal sebagai tumor Pancoast, dapat menginvasi bagian lokal dari sistem saraf simpatik, yang mengarah ke sindrom Horner (menjatuhkan kelopak mata dan pupil kecil di sisi itu), serta kerusakan pada pleksus brakialis.

Banyak gejala kanker paru-paru (kurang nafsu makan, penurunan berat badan, demam, kelelahan) tidak spesifik. Pada banyak orang, kanker telah menyebar di luar situs asli tempat awal mereka berkembang pada saat mereka memiliki gejala yang disebutkan diatas dan mencari penanganan medis. gejala yang menunjukkan adanya penyakit metastasis termasuk penurunan berat badan, nyeri tulang dan gejala neurologis (sakit kepala, pingsan, kejang, atau kelemahan anggota gerak). Situs umum penyebaran meliputi otak, tulang, kelenjar adrenal, paru-paru yang berlawanan, hati, perikardium, dan ginjal. Sekitar 10% dari penderita kanker paru-paru tidak memiliki gejala saat didiagnosis.; kanker ini kebetulan ditemukan pada radiografi dada rutin.

Penyebab kanker paru paru

Kanker berkembang mengikuti kerusakan genetik DNA dan perubahan epigenetik. Perubahan ini mempengaruhi fungsi normal sel, termasuk proliferasi sel, kematian sel terprogram (apoptosis) dan perbaikan DNA. Sebagai kerusakan lebih terakumulasi, risiko kanker meningkat.

Merokok atau Rokok

Korelasi_merokok_dengan_kanker_paru
Korelasi merokok dengan kanker paru-paru.
Grafik yang menunjukkan bagaimana peningkatan umum
dalam penjualan produk tembakau di Amerika Serikat
dalam empat dekade abad ke-20 (rokok per orang per tahun)
menyebabkan peningkatan pesat yang sesuai dalam tingkat
kanker paru-paru selama tahun 1930-an, '40s dan' 50s
(kematian akibat kanker paru-paru per 100.000 penduduk
laki-laki per tahun)
Merokok, terutama rokok sigaret (sigaret kretek dan sigaret lainnya), adalah sejauh ini merupakan penyumbang utama kanker paru-paru. Asap rokok mengandung setidaknya 73 jenis karsinogen (zat pemicu kanker), termasuk benzo [a] pyrene, NNK, 1,3-butadiena dan radioisotop polonium-210.

Di negara maju, 90% dari kematian akibat kanker paru-paru pada pria selama tahun 2000 dikaitkan dengan merokok (70% untuk wanita). Jumlah dari perokok adalah 80-90% dari kasus kanker paru-paru yang terjadi.

Perokok Pasif (perokok - yang menghirup asap dari perokok lain yang sedang merokok) adalah penyebab kanker paru-paru pada sebagian perokok. Seorang perokok pasif dapat didefinisikan sebagai seseorang yang tinggal atau bekerja dengan perokok. Studi dari Amerika Serikat, Eropa, dan Inggris telah secara konsisten menunjukkan peningkatan risiko yang signifikan antara mereka yang terkena asap pasif. Mereka yang hidup dengan seseorang yang merokok memiliki peningkatan 20-30% dalam risiko sementara mereka yang bekerja di lingkungan dengan asap tangan kedua memiliki peningkatan 16-19% dalam risiko. Penyebab Perokok pasif memicu Investigasi bahwa asap sidestream (asap yang dihembuskan oleh perokok) adalah lebih berbahaya daripada asap langsung (yang langsung dihirup oleh perokok saat dibakar). Sekitar 3.400 kematian akibat kanker paru-paru setiap tahun di Amerika Serikat, sebagian besar diantaranya adalah perokok.

Merokok ganja juga merupakan faktor risiko untuk kanker paru-paru. Asap Marijuana mengandung banyak karsinogen yang jumlahnya sama dengan asap tembakau.

Gas radon

Radon adalah gas tidak berwarna dan tidak berbau yang dihasilkan oleh pemecahan radium radioaktif, yang pada gilirannya merupakan produk peluruhan uranium, yang ditemukan di kerak bumi. Produk peluruhan radiasi ionisasi materi genetik, menyebabkan mutasi yang kadang-kadang berubah menjadi kanker. Radon adalah penyebab kedua yang paling umum dari kanker paru-paru di Amerika Serikat, menyebabkan sekitar 21.000 kematian setiap tahun. Risiko meningkat 8-16% untuk setiap 100 Bq / peningkatan m³ konsentrasi radon. Kadar gas radon bervariasi menurut wilayah dan komposisi tanah dan batuan yang mendasarinya. Sekitar satu dari 15 rumah di AS memiliki kadar radon di atas pedoman yang direkomendasikan dari 4 picocuries per liter (pCi / l) (148 Bq / m³).

Asbes

Asbes dapat menyebabkan berbagai penyakit paru-paru, termasuk kanker paru-paru. Merokok tembakau dan asbes memiliki efek sinergis pada pembentukan kanker paru-paru. Dalam perokok yang bekerja dengan asbes, risiko kanker paru-paru meningkat 45 kali lipat dibandingkan dengan populasi umum. Asbes juga dapat menyebabkan kanker pleura, yang disebut mesothelioma (yang berbeda dari kanker paru-paru).

Polusi udara

Polusi udara luar ruangan memiliki efek kecil pada peningkatan risiko kanker paru-paru. Partikel-partikel halus (PM2.5) dan aerosol sulfat, yang mungkin akan dirilis dalam lalu lintas asap knalpot, berhubungan dengan sedikit peningkatan risiko. Untuk nitrogen dioksida, peningkatan inkremental dari 10 bagian per miliar meningkatkan risiko kanker paru-paru sebesar 14%. Polusi udara terbuka diperkirakan mencapai 1-2% dari kanker paru-paru.

Bukti sementara mendukung peningkatan risiko kanker paru-paru dari polusi udara dalam ruangan yang berhubungan dengan pembakaran kayu, arang, kotoran atau sisa tanaman untuk memasak dan pemanasan. Wanita yang terpapar dalam ruangan asap batubara memiliki sekitar dua kali risiko dan nomor dari produk sampingan dari pembakaran biomassa diketahui atau diduga karsinogen. Risiko ini mempengaruhi sekitar 2,4 miliar orang di seluruh dunia, dan diyakini untuk memperhitungkan 1,5% dari kematian akibat kanker paru-paru.

Genetika

Sekitar 8% dari kanker paru-paru adalah karena faktor keturunan. Dalam kerabat penderita kanker paru-paru, risiko meningkat 2,4 kali. Hal ini mungkin disebabkan oleh kombinasi gen. Polimorfisme pada kromosom 5, 6 dan 15 yang diketahui mempengaruhi risiko kanker paru-paru.

Penyebab lain

Banyak zat lain, pekerjaan, dan paparan lingkungan telah dikaitkan dengan kanker paru-paru. Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) menyatakan ada "bukti yang cukup" untuk menunjukkan berikut karsinogenik pada paru-paru:
  • Beberapa logam (aluminium produksi, kadmium dan kadmium senyawa, chromium (VI) senyawa, berilium dan berilium senyawa, besi dan baja pendiri, senyawa nikel, arsen dan arsen anorganik senyawa, pertambangan hematit bawah tanah),
  • Beberapa produk pembakaran (pembakaran tidak sempurna, batubara (emisi dalam ruangan dari pembakaran batubara rumah tangga), gasifikasi batubara, batubara tar pitch, produksi coke, jelaga, mesin diesel knalpot),
  • Radiasi pengion (X-radiasi, radiasi gamma, plutonium),
  • Beberapa gas beracun (metil eter (kelas teknis), Bis- (klorometil) eter, sulfur mustard, MOPP (vincristine-prednison-nitrogen mustard-prokarbazin campuran), asap dari lukisan),
  • Produksi karet dan debu silika kristalin.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar