Penyebab Kanker: Karsinogen dari Merokok

Sebab Kanker

Asap tembakau yang anda hirup dapat membantu menyebabkan kanker paru-paru. Ekspose berlebihan pada kulit Anda dari sinar matahari bisa menyebabkan melanoma pada kaki Anda. Tapi matahari tidak akan memberikan kanker paru-paru dan merokok tidak akan memberikan melanoma. Terlepas dari penyakit menular, sebagian besar penyakit (termasuk kanker) adalah multifaktorial.

Berbagai_Penyebab_Kanker
Berbagai penyebab Kanker.

Sebagian besar kanker, beberapa persen diantara 90-95% dari seluruh kasus yang ditemui, adalah kanker yang disebabkan karena faktor lingkungan. Sisanya 5-10% disebabkan oleh genetika yang diwariskan. Lingkungan, seperti metode penelitian yang digunakan oleh peneliti kanker, berarti setiap penyebab yang tidak diwariskan secara genetik bisa mencakup banyak faktor penentu, seperti misalnya gaya hidup, ekonomi dan faktor-faktor perilaku manusia, dan bukan hanya polusi. Umumnya faktor lingkungan yang berkontribusi terhadap kematian kanker termasuk:
  1. Penggunaan tembakau (25-30%),
  2. Diet dan obesitas (30-35%),
  3. Infeksi (15-20%),
  4. Radiasi (baik pengion dan non-pengion, hingga 10%),
  5. Stress / beban pikiran / tekanan hidup,
  6. Kurangnya aktivitas fisik (jarang / tidak pernah berolahraga), dan
  7. Polutan lingkungan (polusi udara, asap kendaraan bermotor, sampah, dll).

Hampir mustahil untuk membuktikan apa yang menyebabkan kanker dalam setiap kasus yang dialami masing-masing individu, karena sebagian besar kanker memiliki beberapa kemungkinan penyebabnya. Sebagai contoh, jika seseorang yang menggunakan tembakau sangat mengembangkan kecurigaan terhadap timbulnya penyakit kanker paru-paru, maka penyakit itu mungkin disebabkan oleh penggunaan tembakau, tapi karena setiap orang memiliki kemungkinan kecil terkena kanker paru-paru sebagai akibat dari polusi udara atau radiasi, maka ada kemungkinan kecil bahwa kanker berkembang karena polusi udara atau radiasi. Kecuali transmisi langka yang terjadi dengan kehamilan dan hanya beberapa donor organ marjinal, kanker umumnya bukan penyakit menular.

Karsinogen Rokok yang Menyebabkan Kanker

Karsinogen_Rokok_yang_Menyebabkan_Kanker
Zat "Karsinogen" pada rokok yang menyebabkan Kanker.
Paparan zat tertentu telah sejak lama dikaitkan dengan jenis kanker tertentu. Zat ini disebut dengan "karsinogen". Karsinogen adalah substansi, radionuklida, atau radiasi yang merupakan agen yang terlibat langsung dalam menyebabkan kanker. Hal ini dimungkinkan karena zat ini memiliki kemampuan untuk merusak genom atau gangguan proses metabolisme sel tubuh.

Merokok tembakau menyebabkan 90% dari penyakit kanker paru-paru. Hal ini juga menyebabkan kanker pada laring (biasa disebut kotak suara, yaitu organ di leher amfibi, reptil, dan mamalia yang terlibat dalam proses pernapasan, produksi suara, dan melindungi trakea terhadap penyerapan makanan, memanipulasi pitch dan volume), kepala, leher, perut, kandung kemih, ginjal, esofagus dan pankreas.

Asap tembakau mengandung lebih dari lima puluh jenis karsinogen, termasuk nitrosamin dan polisiklik aromatik hidrokarbon. Tembakau bertanggung jawab atas satu dari tiga (sepertiga) dari semua kematian akibat kanker di negara maju, dan sekitar satu dari lima (seperlima) di seluruh dunia. Tingkat kematian akibat kanker paru-paru di Amerika Serikat telah mencerminkan pola merokok, dengan kenaikan dalam jumlah perokok diikuti dengan peningkatan yang dramatis dalam tingkat kematian akibat kanker paru-paru dan, baru-baru ini, penurunan jumlah perokok sejak tahun 1950 diikuti oleh penurunan tingkat kematian akibat kanker paru-paru pada pria sejak tahun 1990.

Di Eropa Barat 10% dari kanker pada laki-laki dan 3% dari semua kanker pada wanita yang dikaitkan dengan paparan alkohol, terutama kanker hati dan saluran pencernaan.

Kanker yang berhubungan dengan paparan zat di tempat kerja diyakini mewakili antara 2-20% dari semua kasus. Setiap tahun, setidaknya 200.000 orang meninggal di seluruh dunia akibat kanker yang berhubungan dengan zat terpolusi di tempat kerja mereka. Jutaan pekerja menjalankan risiko mengembangkan penyakit kanker di dalam tubuhnya seperti kanker paru-paru dan mesothelioma dari menghirup asap rokok atau serat asbes pada pekerjaan, atau leukemia dari paparan benzena di tempat kerja mereka.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar