Cara Menjaga Blog Agar Tetap Segar (Site Freshness)

Dalam menulis blog, diperlukan konsistensi untuk mencapai kesuksesan. Jika Anda punya tujuan tertentu untuk blog Anda, maka tekun bekerja untuk meraih cita-cita Anda.

Bagaiamana_Cara_Menjaga_Blog_Agar_Tetap_Fresh
Bagaimana cara untuk menjaga blog agar tetap segar (fresh)

Alexa

Cukup senang melihat peringkat Alexa terus merangkak naik. Jika beberapa bulan lalu sejak pertama kali AdrianoizE.com didaftarkan masih berada di posisi belasan juta, kini angkanya sudah mendekati peringkat 1 juta kebawah. Oleh karena judulnya sudah jelas, Alexa Traffic Rank, maka tentu peringkat dari blog / situs akan ditentukan dari jumlah kunjungan atau traffic. Hanya saja disini perbedaannya Alexa menghitung traffic yang tercatat oleh toolbar atau widget Alexa, jadi jika Anda tidak menanamkan widget Alexa di blog Anda, maka peringkatnya tidak akan tercatat dengan baik di database Alexa.

Ternyata salah satu faktor penting yang menjaga agar peringkat blog Anda di Alexa Rank tidak turun atau terus merangkak naik adalah site freshness, atau kesegaran situs. Tetapi hal yang patut diingat adalah, Anda tidak bisa begitu saja memposting artikel yang tidak berkualitas atau hasil copy paste, karena bukannya site freshness yang Anda dapatkan, tetapi blog Anda justru akan mendapatkan penalty dari Google, dimana situs Anda akan dihukum menghilang dari daftar hasil penelusuran mesin pencari (SERP / Search Engine Result Page) yang efeknya akan membuat peringkat situs Anda turun drastis karena kehilangan pengunjung dari mesin pencari. Mungkin ini terdengar info yang sudah basi, tetapi teknik ini adalah salah satu teknik dasar SEO yang tidak akan pernah hilang. Lalu bagaimana caranya untuk menjaga blog Anda agar tetap segar (fresh)?

Cara menjaga blog agar tetap fresh.

  1. Pikirkan artikel berkualitas untuk ditulis setiap hari, tetapi tentunya sesuaikan dengan tema blog (niche / ceruk) yang sudah Anda tetapkan sebelumnya.
  2. Jangan copy paste mentah-mentah dari artikel lain, hargai hasil karya orang lain, dan mungkin blog Anda juga akan menerima hukuman penalty yang cukup berat.
  3. Jika Anda tidak mempunyai bahan untuk dituliskan, maka dengan terpaksa gunakan teknik translation atau terjemahkan artikel dari bahasa lain ke bahasa Indonesia, tentunya yang sudah diedit dulu sebelum di publish supaya enak dibaca pengunjung.
  4. Perhatikan kaidah-kaidah SEO agar tulisan Anda muncul di halaman daftar hasil penelusuran mesin pencari, seperti misalnya penggunaan header tag, image alt, dan lain-lain.
  5. Gunakan fasilitas penerbitan terjadwal (scheduled publishing yang ada di blogger).
  6. Jangan ragu untuk blogwalking dan meninggalkan jejak ke halaman situs Anda, ketahuilah bahwa link tersebut akan tetap hidup dan dibaca oleh pengunjung blog yang Anda komentari, sehingga satu link saja akan berguna untuk menambah kunjungan ke blog Anda bahkan di masa yang akan datang.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar