Review dan Spesifikasi Nvidia GeForce GTX 980

GTX 980

GeForce GTX980 adalah Graphic Processing Unit (GPU) yang paling canggih di dunia saat artikel ini ditulis. Didukung oleh arsitektur NVIDIA Maxwell™ Next Generation, memberikan kinerja yang luar biasa, efisiensi daya yang tak tertandingi, dan fitur-fitur terkini.

Spesifikasi_Harga_Gigabyte_GeForce_GTX_980
Spesifikasi dan Harga GeForce GTX 980 | by: www.adrianoize.com

Teknologi pembunuh baru Nvidia GeForce: GTX 980 dan GTX 970

Nvidia akhirnya memungkinkan multi-Frame Sampel Anti-Aliasing dalam kartu grafis terbaru, yg memungkinkan untuk grafis yang lebih halus dan mengagumkan.

Fitur ini, yg juga dikenal sebagai MFAA, tersedia dalam seri kartu grafis Nvidia GeForce GTX 970 dan 980, yg diluncurkan dalam dua versi: desktop dan notebook beberapa bulan yang lalu. Tetapi pengguna diharuskan mengunduh driver GeForce 344,75 WHQL untuk mengaktifkan fitur baru yg tersedia.

Anti-aliasing adalah cara menghilangkan tepi bergerigi dan lekukan tajam dari grafis yg ditampilkan PC dengan memperhalus tepi gambar serta mengaburkan warna pada kedua sisi garis. Dengan Multi-Sample Anti-Aliasing (atau disingkat MSAA), GPU melihat dua atau lebih poin dalam pixel untuk secara akurat menentukan di mana bagian yg dikaburkan harus terjadi. Masalah dengan MSAA adalah bahwa dibutuhkan pengorbanan dalam setiap kinerja yg memuaskan, karena setiap frame memerlukan setidaknya dua kali lebih banyak sampel untuk membuat gambar menjadi lebih halus.

Baca juga: memilih merk VGA NVidia GeForce terbaik.

MFAA bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut secara bergantian antara dua titik sampel dengan setiap frame. Nvidia kemudian menggunakan filtrasi untuk menggabungkan dua gambar, dan untuk sementara hasilnya tidak terlihat sangat berbeda dari MSAA, Nvidia mengatakan cara itu menghasilkan peningkatan kinerja GPU sekitar 30 persen.

Video review: Demo DirectX 12 berjalan pada VGA GeForce GTX 980

Sayangnya, hal itu akan menjadi saat sebelum MFAA menjadi fitur standar untuk game PC. Saat ini, hanya 21 pertandingan yang didukung, tetapi Nvidia mengatakan dukungan game tambahan akan datang melalui update driver di masa depan.



Mengapa hal ini penting?

Seiring dengan diperkenalkannya teknologi "Dynamic Super Resolution" yang mengemulasi resolusi 4K seperti kelancaran visual pada layar 1080p, MFAA sesuai dengan tiruan grafis high-end fitur pada GPU yang lebih rendah. Sementara GTX 970 dan 980 diposisikan untuk berada di bagian atas lineup produk Nvidia yg sudah ada, kami mengharapkan MFAA akan muncul pada kartu grafis yg lebih murah dari waktu ke waktu, sehingga bahkan jika Anda tidak mampu mendapatkan kualitas grafis terbaik, Anda setidaknya bisa mendapatkan gambar yang lebih halus pada budget yg lebih murah.

Spesifikasi Nvidia GeForce GTX 980

Berikut adalah spesifikasi dari kartu grafis tingkat dewa GeForce GTX980 ini:
GTX 980 Engine Specs:
2048 CUDA Cores
1126 Base Clock (MHz)
1216 Boost Clock (MHz)
144 Texture Fill Rate (GigaTexels/sec)
GTX 980 Memory Specs:
7.0 Gbps Memory Clock
4 GB Standard Memory Config
G DDR5 Memory Interface
256-bit Memory Interface Width
224 Memory Bandwidth (GB/sec)
GTX 980 Technology Support:
(4-way) NVIDIA SLI® Ready
NVIDIA G-Sync™-Ready
NVIDIA GameStream™-Ready
GeForce ShadowPlay™
2.0NVIDIA GPU Boost™
Dynamic Super Resolution
MFAA
NVIDIA GameWorks™
12 APIMicrosoft DirectX
4.4OpenGL
CUDA
PCI Express 3.0 Bus Support
Windows 8 and 8.1, Windows 7, Windows Vista, Linux, FreeBSD x86OS Certification
Display Support:
4096x2160 Maximum Digital Resolution
2048x1536 Maximum VGA Resolution
Dual Link DVI-I, HDMI 2.0, 3x DisplayPort 1.2 Standard Display Connectors
4 displays Multi Monitor
HDCP
Internal Audio Input for HDMI
GTX 980 Graphics Card Dimensions:
4.376 inches Height
10.5 inches Length
Dual-width Width
Thermal and Power Specs:
98 Celcius Maximum GPU Tempurature (in C)
165 Watt Graphics Card Power (W)
500 Watt Minimum System Power Requirement (W)
2x 6-pins Supplementary Power Connectors

Performa saat menjalankan Game berat

Berikut ini adalah performa GeForce GTX 980 saat menjalankan sejumlah game-game berat yang sering menjadi patokan benchmark gamers untuk mengetahui kinerja kartu grafis berdasarkan Frame per Second atau FpS.

Performa_GeForce_GTX_980_Menjalankan_Game
Tabel performa GeForce GTX 980 saat menjalankan game-game berat.
Dari tabel diatas diketahui bahwa GeForce GTX 980 melampaui jauh kinerja dari GTX 680 (yang memang bukan lawan sebanding, sehingga tidak layak menjadi tandingannya).

Harga

Harga Nvidia GeForce GTX 980 di luar negeri adalah US $ 585 dollar, dan di dalam negeri berkisar antara 7 hingga 8 juta rupiah. Sayangnya dengan bergejolaknya kurs dollar terhadap rupiah, maka turut mempengaruhi harga dari kartu grafis besutan NVidia ini.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar