Tentang Kanker Paru-Paru

Kanker Paru

Segera konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki gejala medis yang berkaitan dengan kanker paru-paru.

Kanker paru-paru adalah kanker yang dimulai di paru-paru. Paru-paru terletak di dada. Ketika Anda bernapas, udara melewati hidung, bawah tenggorokan Anda (trakea), dan ke paru-paru, di mana ia menyebar melalui tabung yang disebut bronkus. Kanker paru-paru yang paling dimulai pada sel-sel yang melapisi tabung ini.

Foto_Rontgen_Kanker_Paru
Sebuah rontgen dada menunjukkan tumor
di paru-paru (ditandai dengan panah)
Kanker paru-paru, juga dikenal sebagai karsinoma karsinoma paru-paru atau paru, adalah tumor paru-paru ganas yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam jaringan paru-paru.

Jika tidak diobati, pertumbuhan ini dapat menyebar ke luar paru-paru dengan proses metastasis ke jaringan di dekatnya atau bagian lain dari tubuh. Sebagian besar kanker yang dimulai di paru-paru, dikenal sebagai kanker paru primer, adalah karsinoma yang berasal dari sel-sel epitel. Jenis primer utama adalah karsinoma sel kecil paru-paru (SCLC) dan karsinoma paru non-sel-kecil (NSCLC). Gejala yang paling umum adalah batuk (termasuk batuk darah), penurunan berat badan, sesak napas, dan nyeri dada.

Penegakan Diagnosis

Sebagian besar (80-90%) dari kasus kanker paru-paru akibat paparan jangka panjang untuk asap tembakau. Sekitar 10-15% kasus terjadi pada orang yang tidak pernah merokok. Kasus-kasus ini biasanya disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan paparan gas radon, asbes, atau bentuk lain dari polusi udara, termasuk perokok pasif. Kanker paru-paru dapat dilihat pada radiografi dada dan computed tomography (CT) scan. Diagnosis ditegakkan dengan biopsi yang biasanya dilakukan oleh bronkoskopi atau CT-bimbingan.

Pengobatan dan jangka panjang hasil tergantung pada jenis kanker, stadium (tingkat penyebaran), dan kesehatan secara keseluruhan seseorang, diukur berdasarkan status kinerja. Perawatan umum meliputi operasi, kemoterapi, dan radioterapi. NSCLC kadang-kadang diobati dengan pembedahan, sedangkan SCLC biasanya merespon lebih baik terhadap kemoterapi dan radioterapi. Secara keseluruhan, 16,8% orang di Amerika Serikat didiagnosis dengan kanker paru-paru bertahan hidup lima tahun setelah diagnosis, sementara hasil rata-rata lebih buruk di negara berkembang. Di seluruh dunia, kanker paru-paru adalah penyebab paling umum kematian terkait kanker pada pria dan wanita, dan bertanggung jawab atas 1,56 juta kematian setiap tahunnya, pada 2012.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar