Finally, Peringkat Alexa Dibawah Sejuta!

Excited!

Mungkin itu perasaan yang tepat untuk menggambarkan apa yang saya rasakan ketika melihat peringkat Alexa blog AdrianoizE sudah menembus angka dibawah satu juta.

Finally_Peringkat_Alexa_Dibawah_Sejuta
Finally, Peringkat Alexa Dibawah Sejuta!

Mungkin terlihat naif, atau katrok. Tapi saat-saat ini adalah yang saya tunggu-tunggu sejak beberapa bulan yang lalu. Saya memang menargetkan agar ranking Alexa di blog AdrianoizE mampu menembus peringkat di bawah 1 juta hanya dalam kurang dari 6 bulan, dan itulah yang terjadi.

Bagi yang berperingkat dibawah seratus ribu, mohon pengertiannya. Blog ini dikelola oleh newbie yang baru belajar SEO, jadi tidak usah dikomentari dengan pedas ya. He he.. Setidaknya bagi saya pribadi, ini adalah sebuah kemajuan. Semakin terasa luar biasa apabila mengingat enam bulan lalu peringkat blog AdrianoizE masih berada di ranking 20 jutaan.
Domain age? 6 months 2 days (According to Whois created on 08.05.2014 )

Strategi

Cara yang saya lakukan sebenarnya cukup mudah
  1. Menaruh Alexa Widget di blog,
  2. Memasang Alexa Toolbar di Browser,
  3. Belajar mengoptimasi situs / blog, agar lebih mudah terlihat di mesin pencari. Masuk ke dalam SERP sama dengan tambahan pengunjung. Tambahan pengunjung sama dengan traffic meningkat, dan traffic yang meningkat sama dengan meningkatnya ranking kita di situs pemeringkat Alexa.com
  4. Senantiasa menjaga site freshness dengan berusaha memposting minimal satu artikel sehari,
  5. Selalu menjaga agar konten yang saya tuliskan tidak melenceng dari niche yang saya incar.
Saya sebenarnya bisa meraih peringkat di bawah sejuta dalam waktu kurang dari tiga bulan, jika saja saya konsisten melalukan langkah ketiga hingga kelima. Tetapi saya tidak mampu melakukannya.

Oleh karena kesibukan saya bekerja di kantor, saya tidak rajin mempelajari cara mengoptimasi blog dengan teknik-teknik SEO dasar yang sebenarnya sangat mudah diterapkan, sehingga banyak dari posting saya sebelumnya yang tidak menggunakan tag header, image alt, dan sebagainya.

Kemudian dikarenakan hal yang sama, saya tidak memposting satu artikel sehari seperti yang saya tulis di atas. Sayangnya hal ini sangat berpengaruh terhadap ranking blog ini, tetapi mau bagaimana lagi, sekali lagi kesibukan saya di dunia nyata menghalangi saya untuk mengupdate blog secara rutin setiap harinya.

Langkah kelima sebenarnya terlalu mudah tetapi sangat sulit saya terapkan, godaan untuk menulis topik atau tema lain selalu menghantui, bahkan ketika ayah saya terkena kanker, saya setidaknya menuliskan lebih dari sepuluh artikel tentang kanker dan kanker paru-paru.

Target berikutnya

Target saya yang berikutnya adalah bagaimana agar saya bisa menembus peringkat 100 ribu. Walaupun sepertinya hal tersebut akan jadi mustahil mengingat saingan saya di seluruh dunia adalah mereka yang sudah lama menekuni SEO. Jadi target ini akan saya jadikan kesenangan semata, untuk menyalurkan hobby baru saya blogging dan optimizing situs. Kalaupun tidak tercapai, peringkat naik sedikit demi sedikit saja sudah cukup menyenangkan bagi saya.

Terima kasih telah berkunjung!
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar