Cara Root Galaxy Tab 3 Android 4.2.2 Jelly Bean

Galaxy Tab 3

Samsung Galaxy Tab 3 8.0 SM T-311


Pengguna Samsung Galaxy Tab 3 8.0 sekarang bisa nge-root perangkat mereka yang menjalankan Android 4.2.2 Jelly Bean dengan menggunakan CF-Auto-Root file yang dirilis oleh XDA developer, Chainfire. Paket root package berisikan SuperSU binary, APK dan stock recovery.

CF-Auto-Root adalah software root yang ditujukan khusus untuk pemula dan bagi mereka yang ingin sedekat mungkin dengan stock. CF-Auto-Root juga merupakan cara termudah dan paling aman yang tersedia hingga saat ini.

Pengguna Galaxy Tab 3 8.0 yang ingin nge-root perangkat mereka yang menjalankan Android 4.2.2, bisa mengikuti langkah demi langkah yang akan dipandu melalui artikel ini.

IBTimes UK mengingatkan adanya resiko bahwa tidak tertutup kemungkinan terjadinya kerusakan pada perangkat / tablet Anda. Pengguna selalu disarankan untuk memastikan bahwa perangkat mereka sudah memenuhi ketentuan dan peralatan yang dibutuhkan.

Persiapan
  1. Install USB Driver untuk Samsung Galaxy Tab 3 8.0 untuk mentransfer file antara perangkat Android dengan komputer Anda.
  2. Enable USB Debugging Mode pada tablet untuk menghubungkannya dengan komputer dan menggunakan SDK Android dengan perangkat tersebut [Pergi ke Settings - Developer Options untuk mengaktifkan USB Debugging.]
  3. Sebagaimana tutorial ini bisa menghapus semua data dari tablet Anda, buatlah sebuah backup. Apabila perangkat Anda sudah mempunyai custom recoveries seperti misalnya ClockworkMod atau TWRP, maka backup data Anda dengan menggunakan recovery tersebut.
  4. Jika tablet Android Anda mati karena kekurangan daya baterai ketika sedang dalam proses rooting, hal tersebut dapat merusak perangkat Anda. Dengan demikian, Galaxy Tab Anda harus dalam posisi sudah di charge minimal diatas 80% daya baterai
  5. Perangkat Tablet Android Anda akan kehilangan masa garansi pabrik resminya ketika proses root sudah berhasil ter-install.
  6. CF-Auto-Root files hanya berfungsi dengan Samsung Galaxy Tab 3 8.0. Mencoba menggunakan aplikasi ini pada varian tablet yang tidak tepat hanya akan membuat tablet Anda menjadi BATU BATA. Jadi berhati-hatilah dan periksa kembali dengan seksama model number dari Tablet Samsung Galaxy Tab Anda dengan pergi ke Setting - About Tablet - Model Number. dan install root files sesuai dengan model number yang tertera pada perangkat Android Anda.

Download file-file berikut ini:
**(perhatikan apakah nama file CF Root yang Anda download sudah sesuai model number dari tablet Anda akan rooting)



Bagaimana cara Root Samsung Galaxy Tab 3 8.0 pada Android 4.2.2 Jelly Bean:

Langkah-1: Ekstrak root zip menggunakan extracting tool apa saja seperti misalnya WinRAR/7-Zip/WinZip untuk mendapatkan file .tar.md5 

Langkah-2: Ekstrak Odin zip untuk mendapatkan Odin3 v3.09.exe dengan file yang lainnya

Langkah-3: Matikan Galaxy Tab 3 8.0

Langkah-4: Boot tablet Anda ke Download Mode dengan menekan dan menahan tombol Volume Down, Home dan tombol Power bersamaan sampai muncul icon robot construction Android dengan segitiga peringatan muncul di layar tablet Anda. Sekarang tekan tombol Volume Up untuk masuk ke Download Mode.

Langkah-5: Jalankan aplikasi Odin di komputer sebagai user Administrator.

Langkah-6: Hubungkan tablet ke Komputer dengan menggunakan kabel USB ketika tablet sedang dalam Mode Download (Download Mode). Tunggu beberapa saat sampai Odin berhasil mendeteksi perangkat Anda. Ketika tablet sudah berhasil terhubung, sebuah pesan bertuliskan "Added!" akan muncuk di kotak pesan Odin (message box). Anda akan melihat kotak ID: COM (ID: COM box) di Odin berubah menjadi berwarna biru dengan COM port number yang mengindikasikan koneksi sukses dilakukan.

Catatan: Jika pesan "Added" tidak muncul maka coba hubungkan tablet dengan menggunakan USB port yang lainnya, seperti misalnya di bagian belakang komputer. Apabila masih tidak berhasil, maka cobalah untuk menginstall kembali USB Driver.

Langkah-7: di Odin, klik tombol AP dan pilihlah CF-Auto-Root with .tar.md5 extension

Langkah-8: Verifikasi kembali Re-Partition checkbox di Odin tidak terpilih / tercentang.

Langkah-9: Klik tombol START di Odin untuk memulai instalasi

Langkah-10: Ketika proses instalasi sudah selesai, maka tablet akan restart otomatis dan beberapa saat kemudian sebuah pesan PASS akan muncul disertai latar belakang berwarna hijau yang muncul di sudut kiri extreme di sisi paling atas dari ODin. Anda sekarang bisa mencabut kabel USB dari tablet untuk memutuskan koneksi dengan komputer.

Samsung Galaxy Tab 3 8.0 yang menjalankan OS Android 4.2.2 sekarang seharusnya sudah di-root dengan sukses. Buka app drawer di tablet dan periksa SuperSU app. Juga verifikasi ulang status root dari perangkat Anda dengan mendownload aplikasi Root Checker app yang tersedia di Google Play Store.


Tips lainnya yang mungkin berguna:


Reset Flash Counter

Beberapa perangkat samsung menyimpan flash counter yang menyimpan data dan track berapa kali perangkat lunak custom (Custom Firmware) di flashed di perangkat Anda. Gunakan aplikasi Triangle Away app untuk mereset flash counter kembali ke angka nol.

Membetulkan 'Unfortunately SuperSU has stopped'

Langkah-1: Download dan install APK versi terbaru SuperSU pada Galaxy tablet Anda

Langkah-2: Buka aplikasi SuperSU (Update binary jika diperingatkan) dan izinkan aplikasi untuk menonaktifkan (disable) Knox

Langkah-3: Reboot perangkat Anda.

Anda bisa mengunjungi forum XDA Developers untuk mengetahui update terbaru dari rooting software perangkat Android.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

2 komentar:

  1. Nice informasinya sangat membantu cuma kalo di table v3 smt116 gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf baru membalas komentar Anda dua minggu kemudian, oleh karena sangat sulit mencari referensi tentang cara root di Tablet Galaxy Tab 3 SM-T116. Bahkan saya sudah blusukan ke forum luar negeri juga tidak mendapat tutorial yang pasti kecuali dari Youtube yang mungkin terasa sulit tanpa referensi artikel.

      Coba baca disini, http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2712379&page=4 , orang2 aja pada kebingungan.

      Thanks sudah meninggalkan komentar.

      Hapus