Meningkatkan Peringkat Alexa dalam Empat Bulan

Ranking Alexa

Saya cukup terkejut melihat perkembangan ranking Alexa blog ini sejak empat bulan terakhir, mengingat sejak saya mulai memperlakukan Alexa lebih serius pada bulan Juni 2014, yang ditandai dengan posting Bagaimana Cara Memasang Alexa Widget di Blogger. Bersamaan dengan posting tertanggal 13 Juni tersebut, saya memasang Widget Alexa di blog AdrianoizE.com dan memulai dari peringkat 20 juta-an di katagori "Global Rank" dan 50 ribuan di katagori Peringkat di Indonesia.

Sekitar empat bulan lebih setelah menerapkan sejumlah teknik yang disarankan oleh para suhu blogging yang saya temukan melalui Google search, atau tepatnya tanggal 28 Oktober 2014 (bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda), peringkat saya kini berada di angka 1.445.697 untuk katagori global rank, dan 20.010 di katagori Peringkat di Indonesia.

Peringkat_Alexa_Rank_Adrianoize_Com
Peringkat Alexa Rank dari situs www.adrianoize.com pada bulan Oktober 2014.

Hal ini cukup menyenangkan, karena jika dihitung beranjak dari ranking 20-juta saja, blog saya telah melonjak naik peringkat 18 juta hanya dalam empat bulan saja. Khusus untuk di Indonesia, saya mendapat lonjakan peringkat sebanyak 25-ribu dalam bulan-bulan tersebut. Kira-kira apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi? -Maklum, saya masih tergolong sangat newbie, walaupun blog ini sudah ada sejak tahun 2008, hingga tahun 2014 awal masih memiliki hanya 25 post saja. Saya baru benar-benar menyeriusinya pada bulan Mei 2014, dan langsung membeli domain murahan hanya dengan 99rb saja per tahunnya.

Tips dan Trik Meningkatkan Peringkat Alexa

Mungkin jika ditarik kesimpulan, berikut adalah trik-trik yang bisa membuat peringkat blog saya melonjak drastis hanya dalam waktu empat bulan:
  • Buat beberapa posting yang bertopik dengan Alexa, lalu buat link yang mengarah ke situs Alexa;
  • Pasang toolbar Alexa di web browser yang Anda gunakan;
  • Pasang widget Alexa di blog Anda;
  • "Sites Freshness" atau kesegaran situs sangat ditentukan dari seberapa sering Anda memperbaharui konten artikel di blog Anda, jadi usahakan menerbitkan minimal satu posting per hari.
  • Optimasi situs Anda untuk menarik lebih banyak pengunjung. Karena sesuai judulnya, Alexa Traffic Rank menentukan peringkat situs atau blog Anda berdasarkan jumlah kunjungan alias traffic. Saya sendiri mengalami peningkatan kunjugan dari rata-rata 200 unique visitor per hari kini menjadi lebih dari 1.000 per harinya. Peningkatan tersebut secara otomatis berpengaruh besar terhadap lonjakan peringkat blog saya di Alexa.
Demikian adalah sejumlah tips dan trik yang bisa Anda praktekkan jika Anda ingin meningkatkan peringkat alexa hanya dalam empat bulan saja. Semoga bermanfaat!
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar