Yamaha YZF-R15: Jagoan Penantang Baru Di Kelas Motor Sport

Pada tanggal 15 April 2014 yang lalu, Yamaha Motor Indonesia secara resmi membuka pemesanan Yamaha YZF-R15 dengan menggunakan mekanisme pemesanan secara online di situs www.IWantYamahaR15.com, sebanyak 1.500 unit sepeda motor sport keluaran terbaru Yamaha ini telah dipersiapkan untuk memenuhi pesanan tersebut. Secara fantastis hanya dalam waktu kurang dari 1x24 jam, kuota yang disiapkan terjual habis oleh konsumen.

Kemudian menindaklanjuti hal tersebut, pada tanggal 12 Mei 2014 menjadi hari yang dinanti-nanti oleh para konsumen yang telah memesan Yamaha YZF-R15 lewat web marketing online www.IWantYamahaR15.com. Sebanyak 600 unit YZR-R15 mulai distribusikan pada konsumen dalam seminggu sejak tanggal 12 Mei. Sisanya akan dikirim satu minggu setelah pemilik pertama resmi menerima YZF-R15. Pengiriman Yamaha YZR R15 kepada pembeli pertama ini secara simbolis dilakukan di Yamaha Flagship Shop Jl. Letjen Suprapto No. 402 Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Pengiriman perdana Yamaha YZF-R15 ke pembeli pertama ini diantar langsung oleh Mr. Yutaka Terada selaku Direktur Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menuju rumah konsumen.

Ini merupakan bukti penghormatan kami kepada konsumen Yamaha, sekaligus menandakan mulai didistribusikannya Yamaha YZF-R15 kepada para pemesan dalam hal ini pemiliknya,” ujar Eko Prabowo selaku GM Marketing Communication and Community Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Konsumen pertama yang menerima R15 adalah pemesan online pertama yang menyelesaikan administrasi, bukan diurut berdasarkan nomor urut pemesan. Dan menurut data konsumen pertama yang berhak menerima Yamaha YZR-R15 adalah Andre Rizky Budhitama yang tinggal di kawasan Tebet, Jakarta.

Sementara itu pemesanan secara langsung di dealer Yamaha akan mulai didistribusikan akhir bulan Mei 2014.

Touring Perdana Yamaha YZF-R15, Menjelajahi Pulau Sumatera Untuk Uji Performa

Tidak hanya tampilannya yang keren, performa dan akselerasi Yamaha YZF-R15 juga mumpuni, sesuai dengan taglinenya “Keep Cool and Ride R15”. Tak heran, kehadiran motor ini cukup dinanti konsumen Indonesia.

Untuk menguji ketangguhan YZF-R15, selama 8 hari (dimulai sejak tanggal 16 hingga 23 Mei 2014) Yamaha menggelar Touring Jelajah Sumatera YZF-R15, dengan mengambil rute Sabang-Medan-Bukittinggi. Lintasan ini dipilih karena memiliki trek berkelok dan kondisi jalan naik-turun dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Belum lagi cuaca diperjalanan yang bisa berubah sewaktu-waktu. Performa dan akselerasi Yamaha YZF-R15 benar-benar diuji di jalur ini.

Touring jelajah Sumatera dilaksanakan mulai KM 0 dengan awak media untuk mencoba R15. Salah satu kegiatan paling pertama dari R15 untuk menguji performa dari motor ini. Melintasi banyak jenis kondisi jalan, agar awak media bisa merasakan langsung motor ini,” jelas Eko Prabowo, GM Marketing Communication and Community Development Yamaha Indonesia.

Titik Nol KM di Sabang, yang merupakan ujung Indonesia bagian barat jadi titik awal perjalanan perdana dan bersejarah YZF-R15 menjelajahi pulau Sumatera. Touring kali ini diikuti 20 peserta menggunakan 20 YZF-R15 yang terdiri dari perwakilan Yamaha Indonesia, wartawan serta perwakilan dari YRFI (Yamaha Riders Federation Indonesia). Peserta memulai touring dari pelataran museum Tsunami, Banda Aceh pada Sabtu (16 Mei 2014). Kemudian finis di danau Toba, tepatnya di Parapat, Medan pada Selasa (20 Mei 2014), bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Selanjutnya touring akan diteruskan oleh perwakilan YRFI menuju Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Sepanjang perjalanan, peserta touring tidak hanya suguhkan trek jalan menantang, tapi juga panorama keindahan hutan pegunungan dan pantai. Jalur Banda Aceh, Meulaboh, Blangpidie, Tapaktuan, Subussalam, Sidikalang, Kabanjahe, Prapat (jalur Selatan Sumatera) sepanjang 1.200 Kilometer yang dilewati peserta touring YZF-R15 memang jalur favorit para biker bila menjelajah Sumatera. Deretan hutan hijau yang asri di lereng pegunungan di kanan-kiri jalan begitu menyatukan mata, belum lagi pantai dan hamparan pasir putih di tengah perjalanan seperti obat lelah bagi peserta touring di perjalanan. Di tambah lagi performa YZF-R15 yang luar biasa tangguh, benar-benar menjadi sebuah kombinasi sempurna untuk sebuah perjalanan. Ini merupakan tagline “Keep Cool and Ride” memang pantas disematkan pada YZF-R15.

**(sebagaimana dikutip dari Website resmi Yamaha Motor Indonesia)

Berdasarkan resensi dari Wikipedia, Yamaha YZF-R15 adalah sepeda motor sport silinder tunggal yang diproduksi oleh India Yamaha Motor sejak tahun 2008. Pada 23 April 2014, versi kedua YZF-R15 v2.0 resmi dirilis di Indonesia.

Spesifikasi Yamaha YZF-R15 di India:

Menurut situs Wikipedia, Yamaha YZF-R-15 sebenarnya berasal dari V-Ixion yang dijual di Indonesia, dengan mesin dan sasis yang tetap sama persis. Penampilan Yamaha YZF-R-15 terlihat sangat terinspirasi dari Yamaha YZF-R1 yang merupakan jagoan andalan Yamaha di Superbike Championship dan berhasil menjuarai kompetisi Superbike empat kali berturut-turut. Mesinnya di tune untuk tenaga dan torsi yang lebih tinggi, sistem transmisi 6-percepatan juga ditanamkan, sebuah tipe suspensi sport yang saling terhubung (linked type sport suspension) ditambahkan pada bagian belakang. Fairings juga digunakan untuk aerodinamika yang lebih baik.  Jika kita melihat perkembangan Yamaha YZF-R15 seri pertama yang diluncurkan di India dengan versi 2.0 yang kemudian dirilis sebagai penggantinya, maka akan terlihat jelas persamaan versi pertama dengan Yamaha V-Ixion. Sedangkan versi terbarunya dirancang lebih sporty dan meninggalkan jauh kesan V-Ixion.

Yamaha YZF-R15 versi pertama di India

Mesinnya merupakan mesin berkapasitas 149.8 cc dengan silinder tunggal empat-langkah dengan empat buah katup dan sebuah overhead cam tunggal. The bore and stroke of the engine are 57.0 mm × 58.7 mm (2.24 in × 2.31 in). Radiator diletakkan di bagian depan mesin dengan sebuah kipas di belakangnya. Cairan coolant reserve ada di bagian sebelah kiri atas dan di belakang radiator. Transmissi is return type six-speed with a constant mesh wet multiplate clutch.

Sepeda motor sport ini memiliki sebuah 270 mm single disc dengan dual piston calipers di bagian depan dan sebuah 220 mm single disc single piston caliper pada bagian belakang, kedua sistem pengereman pada motor ini diproduksi oleh Nissin dari Jepang. Suspension bagian depan adalah twin telescopic fork dan pada bagian belakang menggunakan advanced linked type monocross suspension. Motor ini dilengkapi dual headlight sebagaimana motor lainnya yang merupakan keluarga dari Yamaha R-series.

Pada tahun 2011, Yamaha India mengeluarkan model terbaru yang dinamakan R15 version 2 dengan beberapa perubahan pada frame, body, rim sizes, banana swing arm (models seperti R6), ukuran ban dan beberapa perubahan kecil pada sitem ECU. Ukuran asli ban depan R15 adalah 80/90-17 dan ban belakang adalah 100/80-17 sementara versi 2.0 menggunakan ban radial ukuran 90/80-17 untuk bagian depan dan ukuran 130/70-R17 untuk ban belakang.

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap Yamaha YZF-R15 yang dikutip dari situs semisena.com:

Spesifikasi Yamaha R15
Kapasitas mesin :149.8cc
Tipe Mesin :SOHC
Perbandingan Kompresi :10.4 : 1
Max Power :14.8 PS/8500 RPM
Max Torque :13.10 nm/7500 RPM
Bore x Stroke :57mm x 58.7 mm
Sistem Pengkabutan :Injeksi
Transmisi :6 – Speed
Sistem Pendingin :Radiator
Ukuran Ban Depan :90/80-17 Tubeless
Ukuran Ban Belakang :130/80-17 Tubeless
Rem Depan :Cakram 245mm
Rem Belakang :Cakram 220mm
Suspensi Depan :Telescopic
Suspensi Belakang :Link Type Monocross
Kapasitas tangki :12 Liter
Rangka :Delta Box
Speedometer :Semi Digital

Sementara untuk harga jual, sebagaimana dirilis oleh situs www.iotomotif.com, harga Yamaha YZF-R15 ini dibanderol hanya Rp 28.000.000,- On The Road (OTR) di area Jabodetabekser (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Serpong). Berikut ini adalah tabel jika Anda berencana untuk memesan Yamaha YZF-R15 baik secara tunai maupun menggunakan mekanisme kredit.



Berikut ini adalah foto-foto lengkap Yamaha YZF-R15 yang diambil dari situs resmi Yamaha Motor Indonesia:











Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar