Konsep Menghasilkan Uang dari Blog dengan Google Adsense

Uang dari Blog?

Hasilkan_Uang_Dengan_Google_Adsense
Apabila Anda sudah memiliki blog dan belum mendaftar di Google AdSense, cobalah untuk melihat statistik dari blog Anda. Apabila statistik blog Anda cukup menggembirakan, dalam artian sudah memiliki pengunjung tetap rata-rata seribu orang per hari? Maka sangat sayang apabila tidak dimanfaatkan untuk mencari tambahan penghasilan dari iklan.

Blog yang ideal untuk menghasilkan uang dari iklan biasanya yang sudah mendapatkan pengunjung rata-rata sebanyak 1.000 (seribu) "unique visitor" setiap harinya. Unique visitor adalah pengunjung yang benar-benar orang asing dan berasal dari IP address yg berbeda-beda yg berkunjung dan melihat laman web Anda. Kunjungan Anda ke blog sendiri tidak akan dihitung sebagai unique visitor, walaupun di statistik blog akan tetap dimasukkan ke dalam jumlah total pengunjung.

Cara untuk mendapatkan arus pengunjung blog (yg sering disebut sebagai "traffic") terlihat sangat sulit, dan memang kenyataannya iya, sulit sekali. Selain dari harus mengisi blog Anda dengan konten artikel yg asli, fresh, dan menarik serta bermanfaat untuk pengunjung.

Sedikit curhat, blog saya ini sebenarnya sudah dibuat pada tahun 2008, tetapi pada saat itu saya masih tidak fokus, hanya sekedar belajar bikin blog dan tidak rajin meng-update artikel di dalamnya. Pengetahuan saya juga tidak terlalu banyak tentang cara mempercantik tampilan blog. Hingga pada tahun 2014 saya baru mulai rajin posting artikel, dan mempelajari sedikit demi sedikit memodifikasi tampilan blog saya agar terlihat lebih rapi. Dan hingga saat ini (selama kurang lebih enam tahun), saya hanya memperoleh total pengunjung sebanyak 60.000 saja (itupun sudah termasuk kunjungan saya ke blog ini). Sedikit update, sejak setahun terakhir saya mulai rajin mengisi blog ini dengan artikel, sehingga efeknya jumlah pengunjung pun turut meningkat hingga sebelas kali lipat (sekitar 700.000-an visitors)

Google AdSense

Tetapi sejak saya mengenal Google Adsense, pola pikir saya tentang blog mendadak berubah. Saya mencoba mendaftar di program tersebut dan segera memasangkan iklan dari Google Adsense di blog saya, dan ajaibnya akun Adsense saya kini sudah memiliki saldo $3,09 dollar. Tidak banyak memang, tapi itu membuat saya sadar akan potensi dari blog saya. Cukup sayang bila dilewatkan begitu saja.

Kini hampir dua tahun berselang sejak mempelajari AdSense dan blogging, saya sudah berhasil memperoleh pendapatan dari Google AdSense yg benar-benar bisa dicairkan. Terhitung sejak April 2014, saya sudah dua kali mencairkan kiriman uang dari Google Singapore melalui Western Union. Tidak banyak memang, hanya $117 dan terakhir bulan lalu $116,-. Tapi jika dirupiahkan, totalnya Rp 3jutaan sudah cukup untuk membeli sebuah notebook murah dari Acer. Sangat lumayan untuk seorang newbie seperti saya.

Saya tidak perlu menuliskan tentang cara membuat blog di artikel ini, karena caranya sangat mudah. Anda tinggal menuju ke situs Blogger dan ikuti saja petunjuknya satu persatu. Syarat utamanya adalah Anda harus sudah memiliki akun Gmail.

Tapi cara untuk mendaftarkan blog ke Adsense yang cukup sulit. Berdasarkan pengalaman saya, kalau dulu saya melakukan posting minimal sebanyak dua belas artikel yang berbahasa Inggris, dan isi dari artikel tersebut harus asli ketikan kita sendiri, bukan copy paste dari website lain yang sudah ada di internet.

Harus dipahami bahwa Google tidak akan menyetujui pendaftaran akun Adsense atas blog plagiat. Mereka pasti punya kode algoritma tersendiri untuk mengantisipasi hal ini. Lalu saya setelah membuat dua belas artikel yang berbahasa inggris dan asli tulisan saya sendiri, saya tidak serta-merta langsung mendaftarkan blog tersebut ke Google Adsense. Saya membiarkannya dulu selama setidaknya enam bulan, hal ini dimaksudkan untuk membiarkan blog tersebut dikunjungi oleh orang-orang dan terutama robot crawler milik Google yang mengindeks satu persatu dari semua halaman website di Internet. Setelah enam bulan, saya mendaftar ke Google Adsense dan berhasil!

Setelah berhasil terdaftar sebagai publishers di Adsense, saya lalu memasangkan iklan yang sudah disediakan oleh Google ke dalam blog saya, seperti yang Anda lihat di bagian atas dan sidebar blog ini.

Tugas berikutnya adalah mendatangkan traffic atau pengunjung ke blog Anda sebanyak-banyaknya. Setiap pengunjung unik (unique visitors) yang datang melihat blog Anda, akan dihitung sebagai konsumen yang juga melihat iklan yang ditampilkan oleh Google AdSense. Google sebenarnya membayar Anda untuk setiap klik iklan yg dilakukan oleh oleh pengunjung, tapi anggap saja kita menggunakan Rate Per Milestone (RPM).

page_RPM_Google_AdSense
Page RPM Google AdSense

Untuk saat ini, rataan page RPM saya adalah 0,39, dimana artinya Google akan membayar saya sebanyak 0,39 US$ dollar untuk setiap 1.000 (seribu) pengunjung yang melihat blog Anda. Itu kalau dirupiahkan berarti Rp 5.000,- untuk seribu pengunjung. Jadi untuk setiap pengunjung yang datang dan melihat iklan tersebut, Anda akan dibayar Rp 5,- (tujuh rupiah) oleh Google.

Peluang dari Pengguna Internet di Indonesia

Terlihat kecil bukan? Tujuh rupiah untuk satu pengunjung unik.. Tapi bayangkan jika pengunjung blog Anda sebanyak seribu orang per hari, dalam setahun (365 hari) blog Anda bisa menghasilkan sebanyak Rp 1.800.000,-. Cukup lumayan untuk sesuatu yang kita tuliskan lalu kita tinggalkan setiap harinya.

Lebih jauh lagi kita berkhayal, bagaimana kalau blog Anda meraih sukses dengan capaian jumlah total pengunjung unik sebanyak 10.000 (sepuluh ribu) orang per harinya, blog Anda bisa menghasilkan Rp 50.000,- per hari, dan itu berarti Rp 1.500.000,- per bulan, dan total Rp 18.000.000,- per tahunnya. Lumayan bukan buat beli-beli gadget atau keperluan lainnya! He he he..

Hal itulah yang terjadi kepada Facebook dan Twitter, dan menjawab mengapa mereka bisa menjadi perusahaan besar dan beromset puluhan trilyun per tahunnya. Pemasukan dari iklan ini juga membuat Mark Zuckerberg menjadi pria muda yang kaya raya tanpa harus banyak bekerja di sisa umurnya. Bayangkan dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 200.000.000 (dua ratus juta) orang, dan yang rajin membuka halaman facebook sebanyak 50 juta orang setiap harinya, satu orang bisa me-refresh atau membuka halaman facebook orang lain sebanyak sepuluh kali.

Itu berarti iklan mereka aktif ditayangkan sebanyak 500.000.000 (lima ratus juta) kali setiap harinya. Dan itu ekuivalen dengan pemasukan iklan minimal sebanyak Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) per hari.

Jumlah_Pengguna_Internet_Di_Indonesia
Grafik yang menunjukkan jumlah pengguna internet di Indonesia.
Kita tidak usah berkhayal sejauh itu, sebuah blog sederhana tidak mungkin meraih kunjungan sebanyak jutaan unique visitor per hari. Tetapi melihat dari jumlah pengguna internet yang semakin bertambah setiap tahunnya di Indonesia, itu adalah peluang yang sangat menggiurkan. Statistik mencatat pada tahun 2012, dari 250.000.000 penduduk Indonesia, 15,4% persen diantaranya adalah generasi muda yang melek internet. Dan dari 5.000.000 (lima juta) pengguna internet aktif di Indonesia, angka 10.000 pengunjung untuk blog Anda bukanlah sesuatu yang tidak mungkin untuk diraih. Jumlah 10.000 itu hanya 0,2% dari total pengguna internet yang aktif di Indonesia.

Sudah percaya bahwa Anda sebenarnya bisa melakukannya?
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

3 komentar:

  1. Kalkulasi yang memotivasi gan,,,, saya juga sering berpikir secara sederhana,,, kalau dengan jumlah penduduk orang Indonesia saja kita dapat mengasilkan beribu-ribu bakan puluhan ribu di Internet bahkan bisa seratus ribu heheh,, smoga kita semua bisa mencapai apa yg di inginkan sebagai blogger aminn.. www.atobasahona.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam mas Ato Basahona.

      Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di blog sederhana saya ini.

      Memang benar apa yg mas Ato sampaikan, dengan target pembaca puluhan juta, seharusnya kita bisa mempelajari untuk menarik 1 atau 2 persen saja dari total pengguna internet.

      blog agan bagus, sy udah berkunjung kesana..

      Keep blogging, Gan!

      Hapus
  2. Mantap terus berjuan dan tetap semangat... bagikan saja di facbook atau twireer tulisan nya kan itu akan menigkatkan jumlah pengunjung ke blog anda

    BalasHapus