Menaikkan Google PageRank demi Meningkatkan Traffic

Jika Anda sudah memiliki blog dan mengisinya dengan berbagai artikel yang orisinil dan berkualitas, dan aplikasi pendaftaran pada Google Adsense sudah disetujui, maka kini saatnya untuk mendatangkan traffic atau pengunjung ke blog Anda. Jika blog Anda masih baru dan Anda juga bukan figur yang terkenal, maka seperti biasanya mesin pencari Google Search Engine adalah pintu masuk utama bagi para pengunjung ke blog Anda. Maka dari itu, blog Anda setidaknya harus muncul pada halaman pertama hasil pencarian agar bisa dilihat oleh pengguna internet yang sedang mencari informasi, dan mereka bisa memilih untuk masuk mengunjungi blog Anda.

Untuk memunculkan website atau blog Anda pada halaman pertama hasil penelusuran Google Search di internet, maka setidaknya artikel yang terdapat dalam blog Anda juga memuat kata kunci (keyword) yang diketik oleh pengguna internet ketika melakukan pencarian / penelusuran. Tetapi artikel yang memuat kata kunci saja tidaklah cukup. Google tidak menampilkan link menuju website pada hasil penelusuran dengan sembarangan atau secara acak. Mereka menggunakan sebuah algoritma khusus yang dikembangkan oleh perusahaan mesin pencari terbesar dunia tersebut yang lazim disebut dengan PageRank. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa hasil pencarian yang ditampilkan memang sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna Google Search. Hasil dari kalkulasi PageRank tersebut kemudian menentukan website mana yang ditampilkan pada halaman pertama, diurut berdasarkan ranking yang dihasilkan dari PageRank.

PageRank ini menganalisa hampir seluruh website yang ada di dunia, dengan mengirimkan robot pencari yang disebut crawler. Jutaan crawler ini dikirimkan ke seluruh website yang terdaftar pada direktori Google dan mengumpulkan informasi dalam tiap-tiap web, termasuk antara lain artikel kata demi kata yang disusun berdasarkan jumlah dan jenisnya, link yang terdapat di dalam web, serta konten meta yang terdapat di dalam kode HTML penyusun web. Hasil pengumpulan data ini kemudian dikirimkan oleh crawler ke pusat data Google (Google Database Center) untuk dianalisa lebih lanjut, baik itu susunan kode HTML yang baik, jumlah artikel yang memuat kata kunci tertentu, dan jumlah link baik link yang menuju keluar (outbond link), maupun link yang menuju ke dalam website tersebut (inbound link). Kemudian hasil dari analisa terhadap website Anda akan dimasukkan ke dalam indeks Google yang akan digunakan pada saat ada pencarian yang mencantumkan kata kunci yang sesuai dengan situs Anda, sehingga situs Anda bisa dimasukkan ke dalam salah satu hasil penelusuran Google.

Semakin tinggi PageRank sebuah situs, maka semakin besar peluang website tersebut untuk muncul di halaman pertama hasil penelusuran Google Search. Semakin tinggi juga posisi situs pada halaman pertama hasil penelusuran, yang disusun berdasarkan korelasi pencarian berdasarkan kata kucni yang diketik pengguna mesin pencari. Hubungannya dengan jumlah visitor, semakin sering situs Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian, maka semakin besar peluang situs Anda di klik oleh pengguna internet dan dikunjungi, sehingga iklan yang Anda pasang di situs Anda akan semakin banyak dilihat oleh pengunjung, dan itu berarti makin besar juga penghasilan yang akan Anda dapatkan dari pemasang iklan (dalam hal ini melalui program Google Adsense).



Jadi, demikian pentingnya ranking situs Anda (bisa berupa forum, website, ataupun blog) di situs Google Search Engine dalam mempromosikan situs Anda di internet, agar dilihat oleh jutaan orang yang sedang mencari informasi. Untuk menaikkan PageRank, Anda harus melakukan sejumlah langkah yang disebut dengan teknik SEO (Search Engine Optimization) yang artinya "Optimisasi Mesin Pencari" dimana teknik ini akan mengoptimalkan crawler untuk mengumpulkan data yang sudah disediakan oleh situs Anda sehingga data yang terkirim ke pusat database Google akan sesuai dengan target yang Anda canangkan.

Dengan demikian, maka langkah ini adalah salah satu dari beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mulai mendapatkan penghasilan melalui internet (selain dari berjualan tentunya).
  1. Membuat website (jika membuat website terlalu rumit untuk Anda, Anda bisa memulainya dengan membuat sebuah blog gratis terlebih dahulu dengan menggunakan layanan blog dari Google yaitu Blogger)
  2. Mengisi situs Anda dengan artikel berkualitas
  3. Mendaftarkan situs Anda pada program pemasangan iklan Google Adsense
  4. Mulai berusaha menaikkan PageRank situs Anda dengan menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization).
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar