Harga dan Spesifikasi Lengkap Yamaha YZF-R25

Yamaha akan memproduksi motor sport YZF-R25 di Indonesia. Dengan begitu, motor ini pun didaulat sebagai motor dengan kekuatan terbesar yang diproduksi Yamaha di Indonesia.

"Ini adalah motor berkekuatan terbesar yang kami produksi di Indonesia," kata Direktur Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Yutaka Terada di Danau Toba, Selasa (20/5/2015).

Di jantung R25 ada mesin injeksi 4 langkah 2 silinder segaris 250 cc, DOHC direct drive camshaft dengan 8 katup, ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independent injector 12 lubang, berpendingin cairan, DiASil Cylinder dan Forged piston Yamaha yang telah teruji ketahanannya.

Kekuatan mesin motor ini pun sangat besar di kelasnya yakni 26.5 kW atau 36 PS dengan torsi sebesar 22,6 Nm pada 10.000 RPM. Dengan begitu, motor ini pun didaulat sebagai motor dengan kekuatan terbesar yang diproduksi Yamaha di Indonesia.

Indonesia Negara Pertama Yang Memiliki Yamaha YZF-R25

Yamaha R25 resmi diperlihatkan di Indonesia. Ini adalah penampakan pertama motor ini di seluruh dunia. Karena itu, ini adalah hari yang bersejarah bagi Yamaha Indonesia.

Menurut Yamaha, motor ini adalah Baby M1 karena desain supersport yang dimiliki YZR-M1 jelas terwarisi di YZF-R25 (Mass forward silhouette design), predator headlight dengan sporty air duct di tengahnya dan bagian belakang yang meruncing dengan lampu tipe LED.

Sementara itu, balutan fairing multi layer di kanan dan kiri yang merupakan ciri khas R-Series, sekilas mirip seperti Yamaha R6 seperti gambar di atas (warna merah putih), serta dilengkapi velg aluminum dengan ban tapak lebar yang pada akhirnya membuat Yamaha menyebut motor ini sebagai superbike yang nyaman dikendarai sehari-hari.

Menjadi istimewa karena hari ini adalah Hari Kebangkitan Nasional untuk Indonesia dan debut dunia pertama bagi Yamaha YZF-R25.

"Ini adalah hari bersejarah untuk Indonesia, juga untuk Yamaha," lanjut Yutaka Terada.

Kekuatan mesin motor ini pun sangat besar di kelasnya yakni 26.5 kW atau 36 PS.

Keunggulan Yamaha YZF-R25

Yamaha pagi ini (20 Mei 2014) resmi memperlihatkan motor terbaru mereka, Yamaha YZF-R25. Menggendong mesin dua silinder dengan kapasitas 250 cc motor ini akan mengoncang kancah peperangan motor sport full-fairing bermesin 250 cc.

Motor yang merupakan keluarga terbaru R-Series ini mengusung tagline 'Revs Your Ego', yang menurut Yamaha merupakan sebuah superbike yang dapat membuat pengendara tampil lebih percaya diri, memuaskan ego dan adrenalin.

Ini adalah pertama kalinya motor ini diperlihatkan kepada dunia, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang diproduksi dengan target untuk konsumen Indonesia dan dunia.

"Yamaha mempersembahkan YZF-R25 yang sarat teknologi pada mesin dan fitur- fitur canggih yang ditargetkan untuk konsumen Indonesia dan Global," ujar GM Marketing Communication and Community Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Eko Prabowo.

YZF-R25 dijuluki Baby M1 karena desain supersport yang dimiliki YZR-M1 jelas terwarisi di YZF-R25 (Mass forward silhouette design), predator headlight dengan sporty air duct di tengahnya, bagian belakang yang meruncing dengan lampu tipe LED, Balutan fairing multi layer di kanan dan kiri yang merupakan ciri khas R-Series, serta dilengkapi velg aluminum dengan ban tapak lebar.

1. Motor Tercepat

Yamaha mengklaim R25 memiliki mesin tercepat. R25 menggunakan mesin injeksi 4 langkah 2 silinder segaris 250 cc, DOHC direct drive camshaft dengan 8 katup.

Mesin ini memiliki ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independent injector 12 lubang, berpendingin cairan, DiASil Cylinder dan Forged piston Yamaha yang telah teruji ketahanannya.

Para penggemar motor sport dan pelaku industri otomotif di Indonesia jelas penasaran ingin membuktikan klaim dari pihak Yamaha Motor Indonesia, apakah memang benar Yamaha YZF-R25 akan mampu mengasapi Kawasaki Ninja 250 R yang selama ini begitu mendominasi pasar motorsport di dalam negeri.

2. Bobot Ringan dengan Handling yang Sporty


Perpaduan diamond frame dan desain mesin yang kompak, dipadu suspensi depan dengan diameter inner tube 41 mm, suspensi belakang bertipe monocross, long asymmetric rear arm, mid ship muffler sebagai pusat dari gravitasi turut berkontribusi menghasilkan bobot motor menjadi 166 kg.

Distribusi bobot yang sempurna yakni 50%:50% pun membuat pengendalian yang disajikan lebih sporty.

Dalam waktu dekat pihak Yamaha menjanjikan awak media beserta pelaku industri otomotif untuk menjajal keunggulan dan kenyamanan mengendarai Yamaha YZF-R25. Sebagaimana yang telah dilakukan dengan pendahulunya YZF-R15 yang baru-baru ini melakukan touring lintas Sumatera.

3. Teknologi Yang Unggul di Kelasnya

Yamaha sudah memasang berbagai fitur penting di R25.

Antara lain supersport speedometer berteknologi terkini dilengkapi dengan fitur shift timing indicator light, gear position, fuel consumption indicator, oil changing indicator, trip meter, FI diagnostic, temperatur mesin, dan penunjuk waktu. Sistem rem depan tipe Floating Disk dengan piston ganda,

Sementara rangka tipe diamond dengan treatment khusus yang memiliki 2 lapisan coating, electrodeposition coating untuk lapisan dasar dan dibalut lapisan atas yang membuatnya lebih tahan lama serta menjadi standar global untuk rangka motor.

Berikut ini adalah artikel yang resmi dikutip dari Website Yamaha Motor Indonesia:

"Revs Your Ego With Yamaha YZF-R25"

Belum selesai publik mengagumi desain dan performa Yamaha YZF-R15. Yamaha kembali bikin kejutan dengan memperkenalkan produk terbaru R-Series Yamaha YZF-R25 dengan mengusung tagline “Revs Your Ego”, sebuah Superbike yang dapat membuat pengendara tampil lebih percaya diri, memuaskan ego dan adrenalin.

Revs the engine – Hear it Roars – Feel the power

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2014, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, untuk pertama kalinya memperlihatkan kepada dunia, “Yamaha YZF-R25”.

"With R-DNA, it's A Superbike you can ride everyday"

YZF-R25 adalah superbike yang nyaman dikendarai sehari-hari. Hal ini dimungkinkan karena superbike ini mengusung 3 hal penting, yakni:

1. FASTEST (TERCEPAT)

Superior Engine - Mesin injeksi 4 langkah 2 silinder segaris 250 cc, DOHC direct drive camshaft dengan 8 katup, ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independen injector 12 lubang, berpendingin cairan, DiASil Cylinder dan Forged piston Yamaha yang telah teruji ketahanannya.

2. LIGHTEST (SPORTY HANDLING)

Perpaduan Diamond frame dan desain mesin yang kompak, dipadu suspensi depan dengan diameter inner tube 41 mm, suspensi belakang bertipe monocross, long asymmetric rear arm, mid ship muffler sebagai pusat dari gravitasi turut berkontribusi menghasilkan bobot motor menjadi 166 kg dengan distribusi bobot yang sempurna yakni 50%:50% sehingga pengendalian yang disajikan lebih sporty.

3. ADVANCED (TEKNOLOGI TERKINI)

Supersport speedometer berteknologi terkini dilengkapi dengan fitur shift timing indicator light, gear position, fuel consumption indicator, oil changing indicator, trip meter, FI diagnostic, temperatur mesin, dan penunjuk waktu. (Multifunction meter)
Sistem rem depan tipe Floating Disk dengan piston ganda,
Rangka tipe diamond dengan treatment khusus yang memiliki 2 lapisan coating, electrodeposition coating untuk lapisan dasar dan dibalut lapisan atas yang membuatnya lebih tahan lama serta menjadi standar global untuk rangka motor.


Yamaha YZF-R25 dengan tenaga 26.5 kW (36 PS) dan dipadu dengan rangka tipe Diamond yang ramping serta distribusi berat yang sempurna membuat YZF-R25 mudah dikendarai. Sehingga layak menyandang sebutan ‘A Superbike You Can Ride Everyday’,” ujar M. Abidin, GM Service and Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Strategi Pemasaran

Peforma dahsyat dan sensasi mengendarai superbike makin atraktif dengan tiga pilihan warna yang tersedia,
  1. yang pertama adalah warna Racing Blue (Biru) yang konsepnya diturunkan dari semangat balap Yamaha, warna ini ditujukan bagi para pecinta dunia balap.
  2. Yang kedua adalah The Predator Black (Hitam) konsep warna ini adalah menyembunyikan performa yang sebenarnya dari R25, warna ini ditujukan untuk pribadi yang cool and calm, namun siap untuk menunjukan performanya kapanpun dibutuhkan.
  3. Yang ketiga adalah warna Diablo Red (Merah) konsep warna ini merefleksikan jiwa muda dengan adrenalin yang tinggi, warna ini ditujukan untuk mereka yang memiliki semangat tinggi dan ingin show off.
 Untuk 250 pembeli pertama yang membeli R25 melalui www.IWantYamahaR25.com akan mendapatkan helm ekslusif AGV Valentino Rossi dan 5 orang beruntung akan mendapatkan jaket kulit Dainese VR46 yang di import langsung dari Italia.

Spesifikasi R25

Tipe mesin: 4 Langkah, 8 valve DOHC Berpendingin Cairan
Jumlah Silinder/posisi: Dua/Tegak
Diameter X langkah: 60,0 X 44,1 mm
Perbandingan Kompresi: 11,6 : 1
Sistem bahan bakar: Fuel Injection

Sistem pengapian: TCI (Transistorized Control Ignition)
Tipe Busi: CR9E
Tipe Battery: GTZ8V (MF Battery 7.4 Ah)
Sistem Starter: Electric Starter

Sistem Pelumasan: Basah
Kapasitas Oli mesin: Total = 2,40 L ; Berkala = 1,80 L ; Ganti filter oli = 2,10 L
Panjang x Lebar x Tinggi: 2.090 mm X 720 mm X 1.135 mm
Tinggi tempat duduk: 780 mm
Ground clearance: 160 mm
Wheel base: 1380 mm
Caster angle: 25 derajat
Trail: 95 mm
Daya maksimum: 26,5 KW(36 PS) @ 12.000 rpm
Torsi maksimum: 22,1N.m @ 10.000 rpm
Berat Isi: 166 kg
Kapasitas Tangki: 14,3 L (Res : 3 L)
Tipe Rangka: Diamond
Tipe Transmisi: Manual, 6-percepatan
Tipe Kopling: Basah, Kopling manual , Multiplat
Ban Depan dan Belakang: Tubeless 110/70-17M/C(54S) & 140/70 - 17M/C(66S)
Rem Depan dan Belakang: Cakram Floating Ø 298mm, Piston Ganda & Cakram Ø 220mm Piston Tunggal
Suspensi Depan: Telescopic Fork (diameter 41 mm)
Suspensi Belakang: Monocross Suspension
Lampu depan: DC Halogen 12V,55W (H7)
Lampu belakang: LED
Yamaha Banderol R25 Rp 53 Juta

Yamaha R25 resmi diperlihatkan di Indonesia. Setelah lama dinanti, Yamaha akhirnya mengumumkan berapa harga motor ini di Indonesia. Harga Yamaha YZF-R25 adalah Rp 53 juta. Peluncuran R25 di Indonesia adalah penampakan pertama motor ini di seluruh dunia.

"Mengenai harganya, di Jakarta harganya Rp 53 juta," kata Direktur Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Yutaka Terada di Danau Toba, Sumatera Utara, Selasa (20/5/2014)..


"Yamaha tidak mau kompetisi harga. Yamaha mau kompetisi di performa, mau kompetisi di desain," tambah Terada.

(sebagaimana dikutip dari situs portal berita Detik.com dan situs resmi Yamaha Motor Indonesia)
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar