Review Harga Samsung Galaxy S5

Samsung Electronics, perusahaan produsen elektronik asal Korea Selatan ini telah meluncurkan penerus dari serial smartphone andalannya yang berbendera Samsung Galaxy, dengan hadirnya smartphone terbaru Samsung Galaxy S5 yang sekaligus menjadi lawan tangguh bagi Apple iPhone 5s. Meneruskan kesuksesan sang kakak, Samsung Galaxy S4, yang sebelumnya telah berhasil mendominasi penjualan perangkat berbasis sistem operasi Android dengan keberhasilan perusahaan menjual lebih dari empat puluh juta perangkat di seluruh dunia, maka sang adik diharapkan untuk bisa mengulangi atau bahkan mengalahkan prestasi dari kakaknya itu.

Pertanyaannya sanggupkah Galaxy S5 menyamai kesuksesan S4 atau bahkan melampaui target penjualan yang diharapkan pihak Samsung? Sebelum kita mengetahui jawabannya, ada baiknya kita melihat terlebih dahulu spesifikasi dari perangkat Samsung Galaxy terbaru ini.

Tidak seperti Galaxy S4 yang hanya memiliki dua varian ketika diluncurkan pertama kali, kali ini Samsung memutuskan untuk membagi varian Samsung Galaxy S5 menjadi enam produk dengan seri yang berbeda sesuai dari daerah pemasaran atau operator yang menaunginya. Produk ini terbagi menjadi tiga area penjualan yakni Eropa dan Amerika, Asia, dan khusus di dalam negeri Korea Selatan. Sedangkan tiga yang lainnya didesain khusus untuk tiga operator besar yang menguasai jaringan telekomunikasi di Eropa dan Amerika:
Samsung Galaxy S5 tersedia sebagai:
  • Samsung SM-G900F untuk pasar Eropa dan Amerika
  • Samsung SM-G900I untuk pasar Asia
  • Samsung SM-G900K/G900L/G900S untuk pasar dalam negeri (Korea Selatan)
  • Samsung SM-G900M untuk operator Vodafone
  • Samsung SM-G900A untuk operator AT & T
  • Samsung SM-G900T untuk operator T-Mobile
FITUR UTAMA

Masih mengandalkan kemampuan beroperasi di jaringan terbaru LTE Advanced teknologi (yang sayangnya belum resmi tersedia di Indonesia, fitur Samsung Galaxy S5 yang cukup menggoda adalah adanya sensor sidik jari / fingerprint sensor (PayPal certified / sudah disertifikasi oleh PayPal), IP67 certified untuk ketahanan terhadap debu dan air, serta diklaim tahan air pada kedalaman 1 meter selama 30 menit. Apabila Anda meragukan fitur ini, Anda bisa mencari tahu dengan melakukan penelusuran di internet. Tapi kami dengan tegas tidak menyarankan Anda untuk sengaja merendam Samsung Galaxy S5 Anda pada bak mandi dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit karena resiko ditanggung sendiri.

LAYAR

Untuk kecerahan layar tidak perlu diragukan lagi karena menggunakan Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors sama seperti sang adik. Resolusi yang digunakan juga masih sama yakni 1080 x 1920 pixels, 5.1 inches (~432 ppi pixel density) dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3 sebagai jaminan layar yang tahan goresan.

MEMORY DAN KAPASITAS PENYIMPANAN

Kapasitas penyimpanan internal yang ditawarkan adalah 16GB dan 32GB, serta dapat ditambahkan kartu memori hingga 128GB. Kapasitas Random Access Memory yang sebesar 2 GB RAM akan memastikan gadget akan tetap berjalan lancar walaupun digunakan untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dan sudah mendukung Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot.

KAMERA

Kamera juga sudah ditingkatkan dengan kamera primer 16 MegaPixels, 5312 x 2988 pixels, phase detection autofocus, LED flash yang telah disertakan teknologi 1/2.6'' sensor size, 1.12 µm pixel size, Dual Shot, Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, High Definition Recording. Kemampuan merekam video di klaim sudah mencapai resolusi 2160p pada kecepatan tampilan 30 frame per second, 1080p@60fps, 720p@120fps, HDR, video stabilization, dual-video recording. Cukup mengagumkan dan sudah bisa mengalahkan kemampuan kamera saku digital Anda.

SISTEM OPERASI, PROCESSOR, GPU, SENSORS, Serta FITUR LAINNYA

Menjalankan sistem operasi Android terbaru yakni OS, v4.4.2 (KitKat) dengan menggunakan processor Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 yang berintikan Quad-core 2.5 GHz Krait 400 serta dipersenjatai Graphic Processing Unit (GPU) Adreno 330, maka dijamin OS Android KitKat akan berjalan dengan sangat lancar dan halus di gadget Anda, bahkan setelah Anda membuka beberapa game dan aplikasi secara bersamaan. Samsung tidak lagi mempercayakan Samsung Exynos sebagai processor utama dimungkinkan karena alasan tidak stabilnya Samsung Galaxy S4 terhadap panas yang dihasilkan oleh processor Exynos pada seri yang sebelumnya, dimana ketika processor bekerja keras, panas yang ditimbulkan mengakibatkan overheat pada seluruh handset sehingga ketika digunakan akan mengganggu kenyamanan penggunanya. Dan dilengkapi berbagai sensor yang ditanamkan seperti Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, gesture, heart rate (untuk mendeteksi detak jantung Anda?), Anda tidak perlu khawatir Gadget Anda tidak bisa menjalankan aplikasi apapun yang tersedia di Google Play Store.

Didukung with A-GPS support and GLONASS, gadget ini tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu: Charcoal Black, Copper Gold, Electric Blue, Shimmery White.

Berikut ini adalah fitur tambahan lainnya:
- Wireless charging (tergantung wilayah pemasarannya)
- ANT+ support
- S-Voice natural language commands and dictation
- Smart stay, Smart pause, Smart scroll
- Air gestures
- Dropbox (50 GB cloud storage)
- Active noise cancellation with dedicated mic
- TV-out (via MHL 2.1 A/V link)
- SNS integration
- MP4/DivX/XviD/WMV/H.264/H.263 player
- MP3/WAV/WMA/eAAC+/FLAC player
- Organizer
- Image/video editor
- Document viewer (Word, Excel, PowerPoint, PDF)
- Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa
- Voice memo/dial/commands
- Predictive text input (Swype)

BATERAI

Sayangnya baterai hanya ditingkatkan sebesar 200mAh dari versi yang sebelumnya. Jika Samsung Galaxy S4 dilengkapi dengan baterai Li-Ion 2600 mAh dan itupun masih cepat panas sehingga mengakibatkan konsumsi daya yang sangat boros, maka Samsung Galaxy S5 ini hanya naik sedikit menjadi Li-Ion 2800 mAh battery. Semoga permasalahan yang sebelumnya yakni kenapa Samsung Galaxy S4 cepat panas bisa ditemukan penyebabnya dan segera diperbaiki oleh pihak Samsung sehingga tidak lagi menjadi kelemahan yang sangat mengganggu bagi penggunanya.

HARGA

Untuk harga, menurut situs knowyourmobile.com, Samsung Galaxy S5 dilepas di pasaran eropa seharga 579 GPB (Great British Pound) atau jika dirupiahkan menurut kurs hari ini adalah seharga Rp 11.259.265,-. Sedangkan untuk harga di Indonesia, Samsung Galaxy S5 telah tesmi diluncurkan di Indonesia pada tanggal 3 Maret 2014 di Jakarta. Ponsel flagship terbaru dari Samsung ini dibanderol seharga Rp. 8.499.000,- (per tanggal 08 April 2014) sehingga menjadikannya lebih mahal dari Galaxy S4 dan Galaxy Note 3. sesuai keterangan dari web Tabloid PULSA.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar