Cara Root Samsung Galaxy Tab 3 8.0 SM-T311

Root Tab 3

Samsung Galaxy Tab 8.0 3 secara resmi dirilis pada bulan Juli 2013 dengan Android 4.2.2 Jelly Bean dan masih berjalan pada 4.2.2, namun telah menerima beberapa update firmware kecil sampai sampai saat ini. Tablet 8 inci besar dengan beberapa spesifikasi mengagumkan seperti 1,5 GHz dual-core Cortex -A9 CPU, Mali - 400MP GPU, 2GB RAM, Exynos 4212 dual chipset.

Pada artikel ini Anda akan menemukan langkah demi langkah melakukan proses rooting, cara aman hingga Anda berhasil mendapatkan akses root pada Galaxy Tab 3 8.0.

Rooting perangkat Android Anda akan memberikan Anda kebebasan dan kekuasaan atas perangkat Anda, karena memberikan hak penuh untuk menginstal aplikasi yang membutuhkan kuasa SuperUser, menyingkirkan aplikasi bawaan pabrik yang tidak berguna, yang akhirnya membebaskan storage / media penyimpanan pada perangkat Anda, ada mods yang meningkatkan kinerja ponsel Anda dan di atas semua, Anda dapat melakukan Custom Flash Recovery yang membantu Anda menginstal Custom ROM, yang memberikan Anda kesempatan untuk menguji Android OS terbaru, seperti Android 4.4.2 KitKat dan sebagainya sebagai Anda perangkat sejauh ini hanya menerima Android 4.2.2 Jelly Bean. Jadi jika Anda telah memutuskan untuk segera mendapatkan root pada SG Tab 3 8.0 Anda, maka ikuti prosedur di bawah ini.



Pedoman dan Persyaratan:
  1. Anda akan membutuhkan Samsung Galaxy Tab 3 8.0 beserta kabel USB
  2. Driver USB pada PC juga harus sudah terinstall. Jika Anda belum terinstall, cek apakah Samsung Kies sudah terinstal, jika sudah maka itu bagus, jika belum, maka download di sini.
  3. Pergi ke option "Settings" dan Aktifkan "USB Debugging from Developer Options".
  4. Sebelum Anda mulai rooting tablet Anda, pastikan bahwa baterai tablet Anda punya cukup daya (minimal 75% daya baterai terisi, atau baterai penuh itu lebih bagus lagi).
  5. Terakhir, Rooting perangkat Anda akan membuat void garansi resmi dari tablet Anda dan keputusan untuk melakukan Root merupakan risiko Anda sendiri.


File Yang Dibutuhkan:
  1. Download CF-Root zip package for Samsung Galaxy Tab 3 8.0 SM-T310 (Wi-Fi) Dari Sini
  2. Download CF-Root zip package for Samsung Galaxy Tab 3 8.0 SM-T315T Dari Sini
  3. Download CF-Root zip package for Samsung Galaxy Tab 3 8.0 SM-T311 (3G) Dari Sini
  4. Download CF-Root zip package for Samsung Galaxy Tab 3 8.0 From SM-T315 (LTE) Dari Sini
  5. Download CF-Root zip package for Samsung Galaxy Tab 3 8.0 SM-T312 Dari Sini
  6. Download versi terbaru dari Odin3


Cara Root Samsung Galaxy Tab 8.0 3 berjalan pada Android 4.2.2 Jelly Bean
  • Langkah 1: Pertama download file yang diperlukan spesifik untuk model tablet Anda dan unzip file di desktop Anda.
  • Langkah 2: Matikan Tablet Anda dan reboot ke "Mode Download / Download Mode", Tahan tombol Volume Turun + Home + Tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik lalu lepaskan ketika Anda melihat pesan peringatan pada layar Anda. Selanjutnya tekan tombol Volume Naik untuk melanjutkan.
  • Langkah 3: Jalankan aplikasi Odin3 dengan meng-doubleklik dan hubungkan perangkat tablet Anda ke PC menggunakan kabel USB ketika tablet sudah dalam mode download.
  • Langkah 4: Periksalah apakah Odin3 telah mengenali perangkat Anda dan tersambung, dan ID:COM box telah berubah warna menjadi biru. Anda juga seharusnya melihat "Added!!" di bagian pesan (message).
  • Langkah 5: Setelah semuanya telah diatur dengan benar, Klik tombol "PDA" dan pilih file rooted kernaltar.md5, file dan klik pada tombol Start untuk mulai rooting pada Galaxy Tab 3 8.0.
  • Langkah 6: Proses ini akan selesai dalam waktu satu menit atau lebih dan ketika selesai, Odin3 akan memberitahu Anda melalui PASS!! pada bagian pesan dan tablet Anda secara otomatis akan reboot.
Selamat! Samsung Galaxy Tab 8.0 3 telah berhasil di-root menggunakan CF - Root.

Setelah tablet berhasil reboot dengan normal, periksalah apakah aplikasi SuperSU telah diinstal, Anda lebih lanjut dapat memverifikasi akses root dengan menginstal "Root Checker" aplikasi dari Google Play Store, Setelah menginstal "Root Checker", luncurkan untuk memverifikasi root. Untuk Android Berita terbaru, Apps, dan Tutorial terus mengunjungi kami.

Sumber: Android Central

Referensi Lainnya:
  • http://androidcentral.us/2014/03/root-samsung-galaxy-tab-3-8-0/
  • http://androidcentral.us/2013/12/root-and-install-recovery-on-galaxy-tab-3-8-running-android-4-2-2/
  • http://www.ibtimes.co.uk/root-galaxy-tab-3-8-0-wi-fi-3g-lte-android-4-2-2-jelly-bean-1438460
  • http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2525630
  • http://www.droidreport.com/how-root-samsung-galaxy-tab-3-80-running-android-422-jelly-bean-7022
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

8 komentar:

  1. Makasih gan .. Tutorial root SAMSUNG GALAXY TAB 3 nya 100% WORK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Gan, senang artikelnya bisa bermanfaat dan bekerja 100%. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

      Hapus
  2. Maaf gan..kelebihan dan kekurangan stelah di root apa saja....cos sya juga punya sg tab 3.8 sm t311 pengin ke kitkat .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelebihan dari root Agan dapat otorisasi Super User (seperti akun Administrator di Windows / PC), sehingga agan bebas mau install apa saja baik mod, software (launcher, GUI, dsb), aplikasi pihak ketiga (game, apps) tanpa melalui PlayStore, kekurangannya ya kalau gagal root jadi tanggungan resiko pribadi masing-masing. Ada juga yang bilang garansi resmi akan otomatis void jika ditemukan kerusakan tablet sebagai akibat dari percobaan root.

      Kalau hanya ingin di upgrade ke Kitkat, Samsung sudah menyediakan update resminya, seharusnya otomatis terupdate saat tersambung ke jaringan. Coba cek di setting tablet Agan.

      Tab 3 8" SM-T311 saya sudah pakai Kitkat download update resmi dari Samsung.

      Thanks sudah berkunjung dan meninggalkan komentar..

      Hapus
  3. Kenapa yaa pc saya tak baca tablet, padahal semua udah dilakukan,, bantu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tablet apa? dan PC Anda menggunakan Windows berapa? Jika Windows 8, memang dilaporkan bahwa Windows 8 memiliki sejumlah isu pada USB Drivers. Saya mungkin menyarankan Anda mencoba di PC yang menggunakan Windows 7 atau Windows XP.

      Atau coba cara-cara berikut:
      - Coba ganti ke port yang lain, jika masih tidak bisa kemungkinan port USBnya tidak bermasalah.
      - Periksa kabel USB Anda. Jika di tablet lain terbaca, maka kabel USB Anda tidak bermasalah. Tetapi jika dicoba dengan kabel lain, tablet justru terbaca, maka masalahnya ada di kabel USB.
      - Jika masalah bukan di port USB atau kabelnya, maka coba download USB driver yang baru, lalu coba re-install USB driver lalu colokkan ulang.
      - Coba jalankan di PC yang menggunakan Windows 7 atau Windows XP.
      - Jika semua cara masih tidak bisa connect, maka kemungkinan masalahnya ada di tabletnya.

      Hapus
  4. Di langkah ke5, setelah klik PDA kok tidak ada pilihan file rooted kernaltar.md5.

    BalasHapus
  5. Gan kalau reset trus hasilnya kenapa yah ? Kan harusnya PASS

    BalasHapus