Pengertian dan Sejarah Komputer Desktop PC

Komputer
dari Wikipedia, ensiklopedia bebas

Pengertian sebuah komputer adalah perangkat dengan suatu tujuan umumnya yang dapat diprogram untuk melaksanakan seperangkat aritmatika atau operasi logika secara otomatis. Karena urutan operasi dapat segera diubah, komputer dapat memecahkan lebih dari satu jenis masalah .

Secara konvensional, komputer terdiri dari setidaknya satu elemen pengolahan, biasanya central processing unit (CPU), dan beberapa bentuk memori. Unsur pengolahan melaksanakan operasi aritmatika dan logika, dan unit sequencing dan kontrol dapat mengubah urutan operasi dalam menanggapi informasi yang tersimpan. Perangkat periferal memungkinkan informasi yang akan diambil dari sumber eksternal, dan hasil usaha disimpan dan diambil.

Sejarah mencatat pada Perang Dunia II, komputer analog mekanik yang digunakan untuk aplikasi militer khusus. Selama waktu ini pertama komputer digital elektronik yang dikembangkan. Awalnya mereka adalah perangkat dengan ukuran yang memerlukan ruangan besar, mengkonsumsi daya setara dengan beberapa ratus komputer pribadi modern yang banyak digunakan saat ini (PC).

Komputer modern pada masa kini dibuat berdasarkan pada sirkuit terpadu dengan jutaan miliaran kali kemampuan lebih canggih dari mesin komputer yang pertama kali diciptakan, dan berukuran sangat jauh lebih kecil sehingga hanya memerlukan sebagian kecil ruang. Komputer sederhana cukup kecil untuk masuk ke perangkat mobile, dan komputer mobile dapat diaktifkan oleh baterai kecil. Komputer pribadi dalam berbagai bentuk mereka adalah ikon dari Era Teknologi Informasi dan apa yang kebanyakan orang anggap sebagai "komputer." Namun, komputer tertanam ditemukan di banyak perangkat dari MP3 player untuk pesawat tempur dan dari mainan untuk robot industri adalah yang paling banyak digunakan saat ini.

Jika pada zaman awal komputer diciptakan, sebuah komputer bisa berukuran satu lapangan basket. Namun pada zaman modern (masa kini), komputer lazim ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, dalam bentuk yang sangat kecil, seperti misalnya calculator, mp3 player, mobil, smartphone, laptop, desktop PC, dan lain-lain.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar