Cristiano Ronaldo (CR7): Monster, Predator Gawang.

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, OIH (lahir pada tanggal 5 Februari 1985), banyak dikenal sebagai Cristiano Ronaldo saja, adalah seorang pemain sepakbola keturunan Portugis yang saat ini bermain sebagai penyerang Klub Spanyol Real Madrid, dan sebagai kapten dari Tim Nasional Portugal. Cristiano Ronaldo pernah menjadi pemain sepakbola termahal di dunia dalam sejarah persepakbolaan ketika dia pindah dari Manchester United ke Real Madrid pada tahun 2009 dengan nilai transfer sebesar £80 juta Great British Poundsterling (GBP) (atau setara dengan €94 juta Euro / $132 juta US Dollar / Rp 1.535.632.168.000.- atau senilai lebih dari satu setengah trilyun rupiah). Kontrak Ronaldo dengan Real Madrid, dimana terdapat kesepakatan bahwa ia dibayar sejumlah €21 juta Euro per tahun (setelah dipotong pajak) atau dalam rupiah gaji Cristiano Ronaldo adalah sebesar Rp 329.440.891.500.- (lebih dari 300 milyar per tahun), atau setara dengan 27 milyar per bulan (itu baru gaji, belum termasuk bonus, royalti penjualan merchandise, kontrak iklan, sponsorship, dan lain-lain), membuatnya sebagai pesepakbola dengan gaji termahal di dunia, dan klausa penjualan yang tercantum di kontraknya adalah €1 milyar Euro atau setara dengan 15.687.661.500.000.- (lima belas trilyun rupiah).

Cristiano Ronaldo memulai karirnya sebagai pemain muda untuk Andorinha, dimana dia bermain selama dua tahun disana, sebelum berpindah ke C.D. Nacional. Pada tahun 1997 (usianya baru 12 tahun), dia memutuskan untuk pindah ke klub raksasa Portugal, Sporting Clube de Portugal. Setelah melewati enam tahun masa pembinaan di Sporting, Ronaldo kemudian menarik perhatian dari manager sekaligus pelatih Manchester United pada saat itu, Sir Alex Ferguson, yang kemudian membelinya seharga £12.2 juta pounds (€15 juta Euro) pada tahun 2003 (saat ia sudah berusia 18 tahun). Pada tahun 2004, Ronaldo memenangkan piala pertamanya di level klub, yakni the FA Cup. Perjudian Sir Alex untuk merekrut anak muda berbakat dari Portugal yang sebelumnya tidak terkenal terbukti berhasil. Dalam kurun waktu kurang dari lima tahun sejak kepindahannya ke Manchester United, Cristiano Ronaldo kecil yang belum terasah di Liga Eropa telah menjelma menjadi gelandang serang tersubur dalam sejarah Liga Inggris. Dan pada musim-musim berikutnya Cristiano Ronaldo menaklukkan sepakbola Eropa, hingga akhirnya mencapai puncak sebagai pemain terbaik Dunia.

Kartu Pengenal Cristiano Ronaldo Kecil di Andorinha

Pada tahun 2007, Ronaldo adalah pemain sepakbola pertama di Inggris yang memenangkan keseluruhan 4 PFA dan FWA awards. Pada tahun 2008 dan 2013, ia memenangkan FIFA/Ballon d'Or award sebagai pesepakbola terbaik di dunia, dan kini ia adalah satu-satunya pemain sepakbola asal Portugal yang pernah memenangkan Ballon d'Or sebanyak dua kali. Ronaldo dianugerahi Sepatu Emas Eropa pada tahun 2008, 2011 dan 2014. Pada tahun 2008, dia memenangkan 3 dari 4 PFA award dan trophy FWA dan ia juga dinobatkan sebagai FIFA World Player of the Year, FIFPro Player of the Year, World Soccer Player of the Year, dan sebagai Onze d'Or. Pada tahun 2007 dan 2008, Ronaldo kembali dinobatkan sebagai FWA Footballer of the Year. Dia juga tercatat sebagai pemenang inaugural untuk FIFA Puskás Award for Goal of the Year in 2009. Sungguh luar biasa banyak pengakuan yang diterima Cristiano Ronaldo sebagai pesepakbola terhebat sedunia.

Ronaldo adalah pemain sepakbola pertama di antara liga-liga top Eropa yang mencapai raihan rekor 40 goal dalam satu musim untuk dua musim berturut-turut, pemain Real Madrid tercepat yang mampu menorehkan catatan 100 gol di liga, dan pemain pertama yang mencatatkan rekor mampu menjebol semua gawang klub lawan di dalam satu musim kompetisi primera La Liga Spanyol. Dia juga memegang rekor sebagai pemain yang mencetak gol paling banyak dalam semusim untuk Real Madrid. Pada bulan Januari 2014, Cristiano Ronaldo berhasil melesakkan golnya yang ke-400 selama kariernya. Pada awalnya Cristiano Ronaldo menggunakan jersey dengan nomor punggung 9 di musim pertamanya, hingga setelah kepindahan striker veteran legenda Real Madrid, Raúl Gonzales, Cristiano kemudian menggunakan jersey dengan nomor punggung 7 peninggalan Raúl. Ronaldo juga sebelumnya mengenakan nomor keramat 7 di klub sebelumnya, Manchester United.

Ronaldo adalah pemain internasional Portugis yang menjadi pemain langganan bermain untuk tim nasional Portugal sejak ia memulai debut timnas pada bulan Agustus 2003. Ia telah memiliki cap lebih dari 100 kali membela Portugal di ajang resmi dan telah menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi timnas Portugal. Dengan Portugal, Cristiano Ronaldo telah berpartisipasi dalam lima turnamen utama dunia: UEFA Euro 2004, FIFA World Cup 2006, UEFA Euro 2008, FIFA World Cup 2010 dan UEFA Euro 2012. Dia mencetak gol perdananya di kancah internasional pada game pembuka Euro 2004 melawan Yunani, dan pada pertandingan berikutnya turut berperan dalam membawa tim Portugal mencapai Final Euro 2004, yang ironisnya pada pertandingan penutup kembali melawan Yunani dan dikalahkan oleh tim yang mereka kalahkan pada pertandingan pembuka. Ia kemudian didaulat sebagai kapten timnas pada bulan July 2008 dan memimpin teman-temannya di timnas sebagai kapten pada kompetisi Euro 2012 hingga fase semi-final, dan mengakhiri kompetisi sebagai top scorer bersama. Walaupun banyak yang mengharapkan CR7 untuk membawa timnas Portugal menjuarai Piala Eropa dan Piala Dunia, tetapi ia tidak membutuhkan kedua piala tersebut untuk dapat dikatakan sebagai salah satu pesepakbola terhebat sepanjang masa.



Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar