Kartel Sinaloa: Kartel Narkoba Terkuat Di Meksiko

Sinaloa Cartel

disadur dari: Wikipedia, ensiklopedia bebas

Kartel Sinaloa (Spanyol: Cartel de Sinaloa atau CDS ) adalah organisasi atau sindikat yang terbesar dan paling kuat dalam hal perdagangan narkoba, pencucian uang dan sindikat kejahatan terorganisir di dunia, hal itu didasarkan di kota Culiacan, Sinaloa, yang beroperasi di negara bagian Meksiko Baja California, Durango, Sonora, dan Chihuahua. Kartel ini juga dikenal sebagai Organisasi Guzmán-Loera dan Pasifik kartel, yang kedua karena diambil dari nama pantai di Meksiko dimana mereka berasal. Kartel juga sering disebut sebagai Federasi dan Aliansi Darah. "The 'Federation'" sebagian pecah ketika Beltran Leyva bersaudara - memisahkan diri dari Kartel Sinaloa.

Komunitas Intelejen Amerika Serikat menganggap Kartel Sinaloa sebagai "organisasi perdagangan narkoba paling kuat di dunia" dan pada tahun 2011, Los Angeles Times menyebutnya "kelompok kejahatan terorganisir yang paling kuat di Meksiko.". The Sinaloa Kartel terkait dengan label "Golden Triangle", yang mengacu pada negara bagian Sinaloa, Durango, dan Chihuahua. Wilayah ini merupakan produsen utama opium Meksiko dan ganja. Menurut Jaksa Agung AS, Kartel Sinaloa bertanggung jawab atas sebagian besar impor narkoba ke Amerika Serikat dan mendistribusikan hampir 200 ton kokain dan heroin dalam jumlah besar antara tahun 1990 dan 2008.

LATAR BELAKANG

Pedro Avilés Pérez adalah raja obat bius pertama di negara bagian Meksiko Sinaloa pada akhir tahun 1960. Dia dianggap sebagai generasi besar pertama penyelundup narkoba jenis ganja asal Meksiko yang menandai kelahiran perdagangan narkoba skala besar di Meksiko. Ia juga merintis penggunaan pesawat untuk menyelundupkan narkoba ke Amerika Serikat.

Generasi kedua pedagang besar narkoba asli Sinaloan seperti Rafael Caro Quintero, Ernesto Fonseca Carrillo, Miguel Ángel Félix Gallardo, dan Avilés Pérez keponakan dari Joaquín 'El Chapo' Guzman kemudian mengklaim mereka belajar dari Pedro Aviles dan mereka tahu tentang narkotika saat bertugas di organisasi Avilés. Miguel Ángel Félix Gallardo, yang akhirnya mendirikan Guadalajara Cartel, ditangkap pada tahun 1989 dan saat dipenjara, ia tetap menjadi salah satu pedagang besar Meksiko dari dalam penjara, menjaga kontak dengan organisasinya melalui ponsel sampai ia dipindahkan ke sebuah penjara keamanan maksimum yang baru dibangun pada 1990-an. Pada saat itu keponakannya, saudara-saudara Arellano Félix menciptakan organisasi mereka sendiri yang kemudian dikenal sebagai Kartel Tijuana, sedangkan Kartel Sinaloa terus dijalankan oleh mantan letnan Héctor Luis Palma Salazar, Adrián Gómez González, dan Joaquín Guzmán Loera (El Chapo).

Kepemimpinan

Kartel Sinaloa dulu dikenal sebagai La Alianza de Sangre ("Blood Alliance"). Ketika Héctor Luis Palma Salazar (alias El Guero) ditangkap pada tanggal 23 Juni 1995, oleh unsur-unsur dari Angkatan Darat Meksiko, rekannya Joaquín Guzmán Loera mengambil kepemimpinan kartel. Guzmán ditangkap di Guatemala pada tanggal 9 Juni 1993, dan diekstradisi ke Meksiko, di mana ia dipenjara di sebuah penjara keamanan maksimum, tetapi pada tanggal 19 Januari 2001, Guzmán melarikan diri dan kembali komandonya dari Kartel Sinaloa. Guzmán memiliki dua rekan dekat, Ismael Zambada García dan Ignacio Coronel Villareal. Guzman dan Zambada menjadi gembong narkoba top Meksiko pada tahun 2003, setelah penangkapan saingan mereka Osiel Cardenas dari Kartel Gulf. Rekan dekat lainnya, Javier Torres Félix, ditangkap dan diekstradisi ke AS pada bulan Desember 2006. Guzman ditangkap pada 22 Februari 2014 semalam oleh pihak berwenang Amerika dan Meksiko.

Pada tanggal 29 Juli 2010 Ignacio Coronel tewas dalam baku tembak dengan militer Meksiko di Zapopan, Jalisco.

OPERASI KARTEL

Kartel Sinaloa telah beroperasi di 17 negara bagian Meksiko, dengan pusat-pusat penting di Mexico City, Tepic, Toluca, Zacatecas, Guadalajara, dan sebagian besar negara bagian Sinaloa. Kartel ini terutama terlibat dalam penyelundupan dan distribusi kokain Kolombia, ganja Meksiko, methamphetamine dan Meksiko dan heroin Asia Tenggara hingga ke Amerika Serikat. Hal ini diyakini bahwa kelompok yang dikenal sebagai "Organisasi Herrera" akan mengangkut jumlah multi-ton kokain dari Amerika Selatan ke Guatemala atas nama Sinaloa Cartel. Dari sana narkoba itu diselundupkan ke Meksiko utara dan kemudian ke Amerika Serikat. Pengiriman lain kokain diyakini berasal dari Cali-Kolombia dan Kartel Medellín, kelompok pedagang obat bius, yang menangani transportasi Kartel Sinaloa untuk melintasi perbatasan AS untuk sel distribusi di Arizona, California, Texas, Chicago dan New York.

Sebelum penangkapannya, Vicente Zambada Niebla ("El Vicentillo"), anak Ismael Zambada García ("El Mayo"), memainkan peran kunci dalam Kartel Sinaloa. Vicente Zambada bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan multi-ton pengiriman kokain dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, melalui Meksiko, dan ke Amerika Serikat untuk Kartel Sinaloa. Untuk menyelesaikan tugas ini ia menggunakan segala moda transportasi yang tersedia, antara lain:
  • Boeing 747 pesawat kargo,
  • Kapal selam narkotika,
  • Kapal kontainer,
  • Kapal speedboat go-fast,
  • Kapal penangkap ikan,
  • Bus,
  • Mobil rel / Kereta,
  • Truk trailer
  • Mobil.

Ia ditangkap oleh tentara Meksiko pada 18 Maret 2009 dan diekstradisi pada 18 Februari 2010 ke Chicago - Amerika Serikat untuk menghadapi tuduhan federal.

Pada akhir 1980-an, United States Drug Enforcement Administration (DEA) mempercayai bahwa Kartel Sinaloa adalah organisasi perdagangan narkoba terbesar yang beroperasi di Meksiko. Pada pertengahan 1990-an, menurut satu pendapat pengadilan, diyakini sudah menyamai ukuran Medellín kartel selama masa awal pendiriannya. The Sinaloa kartel diyakini terkait dengan Juárez Cartel dalam aliansi strategis menyusul kemitraan untuk menjaga persaingan dengan saingan mereka, kartel Teluk, dan kartel Tijuana. Setelah penemuan tersebut. sistem terowongan yang digunakan untuk menyelundupkan narkoba melintasi perbatasan Meksiko / Amerika Serikat, kelompok telah dikaitkan dengan cara-cara seperti ini dalam perdagangan narkoba.

Kartel Sinaloa awalnya bekerjasama dengan Beltran Leyva-bersaudara untuk mengatur perdagangan dan distribusi obat bius di wilayah Meksiko yang dikuasai keduanya. Namun diyakini terjadi perpecahan karena perselisihan antara bos Kartel Sinaloa dengan Beltran Leyva. Akhirnya mereka berpisah dan menjadi rival di Meksiko yang mengakibatkan pertumpahan darah di area-area tertentu sebagai akibat dari perebutan pengaruh dan Wilayah Kekuasaan.

Pada tahun 2005, Beltran Leyva-bersaudara, yang sebelumnya bekerjasama dengan Kartel Sinaloa berhasil menyudutkan Sinaloa, kemudian muncul sebagai kartel yang mendominasi perdagangan narkoba di perbatasan dengan Arizona. Pada tahun 2006, Kartel Sinaloa telah berhasil mengeliminasi / menghilangkan semua kompetisi di seluruh rentang wilayah sepanjang 528KM dari perbatasan Arizona. The Milenio (Michoacan), Jalisco (Guadalajara), Sonora (Sonora) , dan Colima (Colima) merupakan kartel-kartel cabang dari Kartel Sinaloa sekarang. Pada saat ini organisasi itu pencucian uang di skala global, termasuk melalui bank terkenal seperti HSBC.

Pada bulan Januari 2008 kartel Sinaloa diduga terpecah menjadi beberapa faksi-faksi, yang merupakan penyebab utama epidemi kekerasan narkoba Meksiko yang telah dilihat dunia pada tahun lalu. Pembunuhan oleh kartel sering melibatkan pemenggalan kepala atau badan dilarutkan dalam tong alkali dan kadang-kadang difilmkan dan diposting di Internet sebagai peringatan bagi geng saingan.

Pada 2013, Kartel Sinaloa terus mendominasi koridor Sonora-Arizona, yang membentang selama hampir 375 mil. Hal ini bergantung pada delapan bos "plaza", pemimpin wilayah geografis tertentu di sepanjang koridor, untuk mengkoordinasikan, mengendalikan, dan mendukung aliran narkotika utara ke Amerika Serikat. Kota-kota utama di sepanjang koridor termasuk plaza Mexicali, San Luis Rio Colorado plaza, Sonoyta plaza, plaza Nogales, dan plaza Agua Prieta.

The Tucson dan Phoenix, Arizona wilayah metropolitan adalah trans-shipment dan distribusi poin utama untuk kartel di Amerika Serikat. Untuk mengkoordinasikan operasi di Amerika Serikat tenggara, Atlanta telah muncul sebagai pusat distribusi utama dan hub akuntansi dan kehadiran Sinaloa Kartel ada telah membawa kekerasan kejam ke daerah itu. Chicago terus menjadi titik distribusi Sinaloa utama untuk Midwest, mengambil keuntungan dari permintaan pasar lokal yang kuat dan konvergensi dari beberapa sistem antar negara bagian utama yang menawarkan distribusi di seluruh Amerika Serikat.

Pada 2013, Gembong Kejahatan Chicago bernama Joaquin "Chapo" Guzman mendapat gelar "Public Enemy No 1" dari sebuah kota yang dimana dia sendiri tidak pernah menginjakkan kaki di kota tersebut. Dia adalah satu-satunya individu untuk menerima gelar sejak Mafia legendaris Chicago, Al Capone. Titik fokus untuk Sinaloa di Chicago adalah "Little Village" di sekitar lingkungan kota. Dari titik strategis ini, kartel mendistribusikan produk mereka di tingkat grosir untuk puluhan geng jalanan setempat, sebanyak 2 metrik ton per bulan, di sebuah kota dengan lebih dari 120.000 anggota geng didokumentasikan dan terdaftar di FBI. "The Gangster Diciple" adalah salah satu geng lokal yang paling aktif bekerja sama dengan kartel Sinaloa.

Pada tanggal 11 Mei 2008, Alfonso Gutiérrez Loera, sepupu Joaquín "El Chapo" Guzman Loera dan 5 pengedar narkoba lainnya ditangkap setelah tembak-menembak dengan petugas Kepolisian Federal di Culiacan, Sinaloa. Seiring dengan tersangka ditangkap, 16 senapan serbu, granat 3, 102 majalah dan 3.543 round of ammo amunisi disita.

Pada tanggal 25 Februari 2009, pemerintah AS mengumumkan penangkapan 750 anggota Kartel Sinaloa di seluruh AS dalam "Operasi Xcellerator". Mereka juga mengumumkan penyitaan uang tunai lebih dari US $ 59 juta dalam bentuk tunai dan berbagai kendaraan, pesawat, dan kapal.

Pada bulan Maret 2009, Pemerintah Meksiko mengumumkan pengerahan 1.000 Polisi Federal dan 5.000 tentara Angkatan Darat Meksiko untuk memulihkan ketertiban di Ciudad Juarez, yang telah mengalami jumlah tertinggi korban meninggal dan luka-luka di negara ini.

Pada tanggal 20 Agustus 2009, US Drug Enforcement Administration (DEA) mengeksekusi operasi narkoba besar-besaran terhadap kartel narkotik Meksiko di Chicago, dan menemukan sebuah jaringan distribusi utama yang dioperasikan oleh Flores dipimpin oleh saudara kembar Margarito dan Pedro Flores yang beroperasi dari kota itu. Operasi narkoba diduga membawa 1,5 sampai 2 ton kokain setiap bulan ke Chicago dari Meksiko dan dikirim jutaan dolar selatan perbatasan. Pengiriman sebagian besar dibeli dari Kartel Sinaloa dan kadang-kadang dari Beltran Leyva-Cartel, dan diasumsikan bahwa kedua kartel mengancam awak Flores dengan kekerasan jika mereka membeli dari organisasi obat saingan lain.

Kerugian mitra kartel Sinaloa di Meksiko tampaknya tidak mempengaruhi kemampuannya untuk menyelundupkan obat-obatan dari Amerika Selatan ke Amerika Serikat. Sebaliknya, berdasarkan laporan kartel Sinaloa tampaknya menjadi penyelundup kokain paling aktif di ranah Amerika. Laporan juga menunjukkan kartel memiliki kemampuan untuk mendirikan operasi di daerah-daerah yang sebelumnya tidak diketahui, seperti Amerika Tengah dan Amerika Selatan, bahkan ke selatan sejauh Peru, Paraguay, dan Argentina. Hal ini juga tampaknya menyingkap tabir bahwa mereka adalah jaringan paling aktif dalam diversifikasi pasar ekspor; daripada mengandalkan hanya pada konsumsi obat AS, mereka juga berusaha untuk memasok distributor obat di negara-negara Amerika Latin dan Eropa.

Pada tanggal 19 Desember 2013, Polisi Federal Meksiko berhasil menewaskan Gonzalo "El Macho Prieto" Inzunza dalam baku tembak di Puerto Penasco, Sonora. Inzunza diyakini menjadi salah satu tangan kanan Joaquin "El Chapo", pemimpin kartel Guzman.

Pada Desember 2013, tiga orang yang diduga anggota kartel ditangkap di Lipa City di provinsi Batangas, Filipina dengan 84 kilogram shabu.

Pada bulan Februari 2014, "El Chapo" Guzman ditangkap. Penangkapan Kartel Sinaloa yang "El Chapo" Guzman memicu perebutan lokasi sidang. Panggilan untuk ekstradisinya ke Amerika Serikat dimulai hanya beberapa jam setelah penangkapannya. Guzmán juga menghadapi dakwaan federal di beberapa lokasi termasuk San Diego, New York, dan Texas, di antara tempat-tempat lain yang diyakini telah menjadi wilayah tujuannya untuk memasarkan narkoba. Guzman dikabarkan telah melakukan sejumlah operasi plastik untuk mengubah alis, mata, hidungm dan beberapa bagian wajahnya untuk menghindari kejaran aparat Meksiko dan Amerika Serikat. Ia hingga kini tercatat sebagai gembong narkoba paling terkenal sekaligus terkaya di dunia. Hal tersebut diyakini membuat El Chapo sanggup menyuap aparat kepolisian sekaligus militer di Meksiko untuk membantunya mengambil alih kontrol di daerah-daerah yang dikuasai oleh kartel saingan sekaligus mengeliminasi ancaman terhadap kartel Sinaloa.

Aliansi Utama Kartel Sinaloa

Sejak Februari 2010, kartel-kartel besar di Meksiko telah bergabung dalam dua faksi: satu terintegrasi oleh Juárez Cartel, Tijuana Cartel dan Los Zetas; fraksi lain yang terintegrasi oleh Kartel Teluk dan Kartel Sinaloa. Selain menjaga aliansi anti-Zetas dengan kartel Teluk, Sinaloa pada tahun 2011 berafiliasi sendiri dengan Knights Templar di Michoacan, dan untuk melawan Los Zetas di negara bagian Jalisco, Sinaloa berafiliasi sendiri dengan Kartel Jalisco New Generation.

Perang Dengan Kartel Tijuana

Kartel Sinaloa telah melancarkan perang melawan Tijuana Cartel (Organisasi Arellano - Félix) atas dasar perebutan rute penyelundupan Tijuana ke kota perbatasan San Diego, California. Persaingan antara dua kartel kembali menyeruak sejak Miguel Ángel Félix Gallardo dari keluarga Palma. Félix Gallardo, setelah dipenjara, menyerahkan kendali komando atas Guadalajara Cartel kepada keponakannya di Tijuana Cartel. Pada tanggal 8 November 1992, Palma melancarkan serangan untuk melawan Tijuana Cartel di sebuah klub disko di Puerto Vallarta, Jalisco, di mana delapan anggota Tijuana Cartel tewas dalam tembak-menembak, saudara-saudara Arellano-Félix setelah berhasil melarikan diri dari lokasi dengan bantuan Logan Heights gangster David "D" Barron.

Dalam rangka pembalasan, Tijuana Cartel berusaha untuk membunuh Guzmán di bandara Guadalajara pada tanggal 24 Mei 1993. Dalam adu tembak berikutnya, enam warga sipil tewas oleh orang bersenjata yang disewa dari Logan Heights, San Diego berbasis dari para anggota 30th Street gang. Korban tewas termasuk seorang Kardinal Katolik Roma Juan Jesús Posadas Ocampo. Pimpinan gereja Katolik awalnya meyakini Ocampo ditargetkan oleh Kartel sebagai balas dendam atas sikap gereja yang kuat melawan perdagangan obat bius. Namun, para pejabat Meksiko percaya Ocampo kebetulan terjebak dalam tembak-menembak. Sang Cardinal tiba di bandara di Mercury Grand Marquis dengan menggunakan mobil berwarna putih di dalam kota, dikenal populer sebagai kendaraan favorit di kalangan raja obat bius, membuatnya menjadi target serangan. Intelijen diterima oleh pemimpin geng Logan Heights, David "D" Barron adalah bahwa Guzmán akan tiba di Kota Mercury Grand Marquis dengan menggunakan mobil putih. Penjelasan ini, bagaimanapun, sering dimentahkan karena Ocampo yang telah memakai sebuah jubah hitam panjang dan dengan salib besar di dada, serta dia tidak berbagi kesamaan dalam penampilan dengan Guzmán dan yang telah ditembak mati dari hanya dua meter di bandara.

Edgar Valdez Villarreal

Edgar "La Barbie" Valdez Villarreal adalah seorang letnan Kartel Sinaloa dan pemegang komando dari kelompok bersenjata yang dikenal sebagai Los Negros, dibentuk oleh Kartel Sinaloa untuk melawan operasi saingan Kartel Gulf dan Los Zetas. Los Negros telah dikenal untuk mempekerjakan geng seperti Mara Salvatrucha (MS-13) untuk melakukan pembunuhan dan kegiatan ilegal lainnya. Kelompok ini terlibat dalam pertempuran di wilayah Nuevo Laredo untuk mengontrol koridor perdagangan narkoba. Setelah tahun 2003 penangkapan pemimpin Kartel Teluk Osiel Cardenas, diyakini Kartel Sinaloa memindahkan 200 laki-laki ke dalam wilayah Nuevo Laredo untuk melawan Kartel Teluk demi perebutan kontrol atas wilayah tersebut. Wilayah Nuevo Laredo adalah jalur perdagangan narkoba yang menjadi koridor penting ke Laredo, Texas, di mana sebanyak 40 % dari seluruh ekspor Meksiko melewatinya hingga ke AS.

Setelah tahun 2004, pembunuhan wartawan Roberto Javier García Mora dari koran El Manana, banyak media lokal telah berhati-hati tentang pelaporan pertempuran. Kartel telah menekan wartawan untuk mengirim pesan tertentu kepada geng saingan dan mengobarkan perang media. Perang narkoba telah menyebar ke berbagai daerah di Meksiko, seperti Guerrero, Mexico City, Michoacán dan Tamaulipas. Pada tanggal 30 Agustus 2010, Villarreal ditangkap oleh Polisi Federal Meksiko.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar