Layanan Pemasangan First Media Yang Mengecewakan

First Media

Kejadian ini diawali pada bulan November 2013. Saya lupa persisnya tanggal berapa, tapi di pertengahan/akhir bulan November seorang petugas layanan marketing FirstMedia yang bernama Eka datang ke rumah saya dan menjelaskan bahwa di perumahan saya sekarang sudah tersedia jaringan FirstMedia dan ada program promosi paket berlangganan internet high speed sekaligus televisi berbayar dengan kualitas high definition. Setelah yang bersangkutan menjelaskan, saya menyatakan berminat untuk mendaftar, tetapi menunggu persetujuan dari istri saya terlebih dahulu.

Pada tanggal 16 Desember 2013 saya mendaftar untuk pemasangan jaringan First Media di rumah saya. Kemudian menindaklanjuti pendaftaran tersebut, saya mendapatkan SMS dari First Media bahwa teknisi FirstMedia akan datang pada hari Selasa, tanggal 17 Desember 2013, pukul 13.00 - 15.00 untuk melakukan pemasangan layanan First Media. Saya juga mendapatkan penjelasan melalui telephone dari seorang petugas wanita dari FirstMedia yang mengkonfirmasi tentang kesediaan saya menunggu teknisi pada waktu yang telah dijadwalkan dan saya menyanggupi untuk menunggu. Disini awalnya saya merasa kagum dengan profesionalisme pemasaran FirstMedia yang aktif menghubungi calon pelanggannya.


Pada hari Selasa 17 Desember 2013, saya menunggu sesuai waktu yang telah dijadwalkan, namun hingga pukul 16.00 teknisi yang dimaksud tidak kunjung datang dan sama sekali tidak ada konfirmasi melalui SMS / telepon dari pihak teknisi / petugas FirstMedia. Akhirnya saya meninggalkan rumah untuk pergi makan bersama istri saya.Saya kemudian mengirimkan SMS kepada saudara Eka selaku petugas marketing yang membantu proses pendaftaran saya, menanyakan kenapa teknisi yang dijadwalkan datang tidak kunjung muncul di rumah saya dan sama sekali tidak ada konfirmasi mengenai hal tersebut. Pukul 18.00 hari itu juga saya mendapat konfirmasi melalui telephone dari seorang teknisi yang mengatakan bahwa dia sudah ke rumah pada pukul 16.00 lewat, dan sudah memanggil-manggil dari luar rumah tetapi tidak ada jawaban. Saya kemudian menanyakan kenapa tidak menelfon tetapi teknisi tersebut mengatakan bahwa percuma juga saat itu kondisi hujan lebat sehingga tidak memungkinkan dilakukan pemasangan jaringan FirstMedia. Petugas itu akhirnya menawarkan untuk dilakukan penjadwalan ulang (re-schedule) pada keesokan harinya (Rabu) tanggal 18 Desember 2013. Kemudian malam harinya saya mendapatkan SMS konfirmasi kedua tentang pemasangan jaringan dari FirstMedia, namun kali ini tidak disebutkan jam kedatangan teknisi.

Saya kemudian menunggu sejak Rabu pagi hingga sore hari, dan akhirnya dua orang petugas yang mengaku dari teknisi FirstMedia baru datang pada pukul 17.30 sore. Alih-alih lega dan senang karena layanan FirstMedia akan segera dipasang di rumah saya, ternyata saya harus menahan rasa kecewa karena pihak teknisi mengatakan tidak bisa memasang akibat belum adanya surat izin dari para tetangga rumah saya yang akan dilewati kabel FirstMedia dan saya diminta untuk membuatkan surat izin tersebut.

Saya menolak dengan halus, karena saya merasa bahwa meminta izin pemasangan kabel di perumahan tersebut adalah kewajiban pihak FirstMedia, bukan tugas saya sebagai calon pelanggan. Apakah saya harus mendatangi rumah tetangga satu persatu dan menjelaskan bahwa saya akan memasang layanan FirstMedia di rumah saya dan kabel FirstMedia akan melewati rumah mereka, sehingga saya harus meminta izin para tetangga?

Saya sudah mengajukan komplain ke pihak marketing, dan supervisor marketing yang menangani saya sudah menelfon dan menyatakan akan melakukan survey ulang di perumahan saya keesokan harinya. Tapi hingga keluhan ini saya tulis, tidak ada satupun petugas FirstMedia yang datang ke rumah saya.

Sangat Mengecewakan.

Update: Akhirnya pada tanggal 24 Desember e-mail saya dibalas oleh customer care FirstMedia yang menyatakan bahwa akan ada kunjungan teknisi pada tanggal 28 Desember 2013. Tanggal 27 Desember mereka menelfon untuk memastikan jadwal pemasangan, namun saya mengatakan bahwa tidak bisa menunggu di rumah pada tanggal 28 dan meminta diundur sampai tanggal 29 pagi hari. Pagi harinya di tanggal 29 Desember 2013, dua orang teknisi FirstMedia datang ke rumah saya. Salah satunya menyampaikan maksud kedatangannya untuk melakukan pemasangan, kemudian masuk ke dalam mobil, menelefon seseorang, dan kembali lagi untuk mengatakan bahwa: "Mohon maaf rumah bapak tidak bisa dipasang jaringan FirstMedia dikarenakan kabel instalasi harus melewati salah satu genteng rumah tetangga."

Perfect!
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar: