Tentang ATI Technologies, Produsen VGA

ATI Technologies

Kantor_Pusat_ATI_Technologies_Inc
ATI Technologies Inc., adalah sebuah perusahaan korporasi di bidang teknologi semikonduktor yang bermarkas di Markham, Ontario, Kanada, yang meng-khususkan perusahaannya dalam pengembangan chipset dan unit pemroses gambar (GPU / Graphic Processing Unit).

Pertama kali didirikan di tahun 1985 dengan nama Array Technology Inc., perusahaan ini kemudian dirilis secara publik sejak tahun 1993. Advanced Micro Devices (atau yang lebih dikenal sebagai AMD) mengakusisi ATI pada tahun 2006. Sebagai salah satu perusahaan produsen semikonduktor terbesar di dunia, ATI telah memiliki fasilitas penelitian dan pengembangan dan men-subkontrakkan proses produksi dan perakitan dari semua produknya. Tetapi dengan penuruan dan kebangkrutan dari salah satu pesaing yg bernama 3dfx pada tahun 2000, ATI dan rival abadi mereka Nvidia muncul sebagai dua pemain utama dalam industri prosesor grafis yang saling bersaing untuk menjadi produsen VGA terbaik, dan pada akhirnya memaksa perusahaan lain yang lebih kecil hanya menjadi pelengkap saja.

Akusisi yang dilakukan AMD terhadap ATI pada tahun 2006 adalah sebuah strategi penting untuk pengembangan strategis divisi processor komputer mereka, yang berusaha menggabungkan fungsi pengolah data dengan fungsi pengolah grafis dalam satu chip saja. Hal ini dilakukan untuk menjaga persaingan dengan Intel (rival utama AMD) yang telah mengembangkan GPU terintegrasi dengan diluncurkannya Intel HD series. Sejak tahun 2010, prosesor grafis AMD telah berhenti menggunakan merk dagang ATI.

Seri Radeon

Radeon Series – ATI meluncurkan lini produk Radeon sejak tahun 2000 sebagaimana juga kartu akselerator 3D versi consumer, dan menjadi lini produk unggulan untuk bersaing dengan kompetitor utama mereka yaitu NVidia GeForce.

Raedon DDR yang asli sebenarnya adalah akselerator 3D pertama ATI yang mendukung penggunaan DirectX 7, memperkenalkan perangkat keras mereka yang bernama TL Engine. ATI seringkali memproduksi versi 'Pro' dengan clock speed yang lebih tinggi dari versi yang sudah ada, dan kadang kala versi 'XT' yang berarti eXTreme, dan bahkan akhir-akhir ini versi tersebut diperbaharui dengan istilah penamaan 'XT Platinum Edition (PE)' dan versi 'XTX'. Radeon series adalah dasar bagi banyak board ATI All-In-Wonder.
  1. Mobility Radeon

    Sebuah seri dari versi yang dioptimalkan dari chip grafis untuk penggunaan perangkat mobile seperti Laptop dan sejenisnya. Mereka memperkenalkan berbagai inovasi seperti misalnya modularized RAM chips, akselerasi DVD (MPEG2), notebook GPU card sockets, dan teknologi "PowerPlay" terkait power management. AMD baru-baru ini memperkenalkan versi yang kompatibel dengan DirectX 11 untuk procie mobile nya.

  2. AMD CrossFireX

    Teknologi ini sebenarnya adalah strategi ATI untuk merespon platform SLI yang diperkenalkan oleh NVidia. Ia mengizinkan penggunaan video card sekunder dan dual PCI-E motherboard yang dipasangkan dengan Chipset ATI Crossfire-compatible, sehingga kemampuan untuk mengkombinasikan performa dari kedua (atau ketiga dan keempat) kartu grafis tersebut dapat meningkatkan kinerja dalam sebuah pilihan rendering yg bervariasi. Ada pilihan diantara tambahan kartu grafis PCI-E video card yang ditancapkan pada slot ketiga PCI-E slot untuk gaming physics, ataupun pilihan lainnya untuk melakukan physics di video card yang kedua.

Referensi

  1. ATI Technologies - Wikipedia, the free encyclopedia dengan alamat http://en.wikipedia.org/wiki/ATI_Technologies
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar