Mengenal Jim Beglin, Jon Champion, dan Jon Kabira Komentator di Game PES dan WE

Jon Kabira

Jon Kabira
Ketika zaman kejayaan PlayStation (PS) 1 dan PS 2, Anda yg hobby memainkan game Winning Eleven (WE) di tahun 1998 hingga 2004 mungkin akrab dengan kalimat komentator berbahasa Jepang yg mengatakan "wan tu..." (saat melakukan trik one-two) ataupun "shyutooo...!!!" ketika menendang bola ke arah gawang.

Ya, itu adalah ciri khas komentator di game WE tersebut. Komentator tersebut adalah Jon Kabira. Lahir pada tanggal 1 November 1958 di Naha - Okinawa, Jepang, ia adalah salah satu presenter, penyiar radio, narator, dan komentator yg sering diafiliasikan dengan Sony Music Artists. Ia sangat terkenal di Jepang dengan berpartisipasi di berbagai iklan TV, acara Televisi, dan pekerjaan yg terkait dengan audio-visual.

Jon Kabira sebagai pengisi narasi komentator di PES 2014.
Jon Kabira sebagai pengisi narasi komentator di PES 2014.

Suara dari Kabira ini sangat dikenal tidak hanya di Jepang atau Asia saja, bahkan hingga ke Afrika, Amerika dan Eropa oleh karena narasinya sebagai komentator di seri video game Winning Eleven keluaran Konami. Namun tidak banyak orang yang mengetahui sosok asli dari komentator legendaris ini. Di edisi World Soccer: Winning Eleven 2011, dia menjadi komentator bersama ex pemain sepakbola Jepang, Tsuyoshi Kitazawa dan Hiroshi Nanami.

Jim Beglin dan Jon Champion

Di edisi Winning Eleven terakhir (2015), bahkan ada tambahan opsi bahasa China selain dari Bahasa Jepang sebagai narasi komentator saat sedang bertanding. Tetapi jika Anda memilih untuk bahasa Inggris, maka Anda akan mendengar nama Jon Champion dan Jim Beglin yg bercuap-cuap menemani pertandingan Anda. Telinga Anda akan sering mendengar sebutan kalimat: "I'm Jon Champion, and my co-commentator Jim Beglin.."

Jim Beglin dan Jon Champion sebagai komentator di seri video game Pro Evolution Soccer.
Jim Beglin dan Jon Champion sebagai komentator di seri video game Pro Evolution Soccer.

Setiap kali akan memulai pertandingan di PES, Anda akan mendengar kalimat percakapan seperti ini:
  • Jon: "I'm Jon Champion and alongside me, is Jim Beglin.."
  • Jim: "Hi Jon, hello everyone.."
Terasa familiar bukan? (khusus penggila PES) Hingga kini di PlayStation 4 yang memainkan game Pro Evolution Soccer 2015, Anda akan tetap mendengar suara dari komentator Jim Beglin dan Jon Champion.

Saya sendiri masih lebih menyukai gameplay PES 2013 dan tetap memainkannya hingga sekarang. Baru-baru ini saya menginstall Patch versi 7.0 yang di download dari Kuyhaa-Android.blogspot.com dan berhasil memainkan, walaupun harus klik "Run as Administrator" terlebih dahulu di file PES2013.exe saat akan memainkannya.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar