Tips Menghitung Watt Power Supply Unit Komputer

PSU

Corsair_CX600
Baru-baru ini Power Supply Unit (PSU) komputer desktop saya mengalami kerusakan. Gejalanya adalah komputer sering restart sendiri secara tiba-tiba. Saya sempat memeriksakan ke "dokter" komputer di dekat rumah, dan didiagnosa dengan menggunakan sejenis multimeter, ada beberapa lampu yang tidak menyala. Namun yang bersangkutan menyatakan tidak bisa memperbaiki kerusakan tersebut.

PSU yang saya gunakan adalah merk Corsair seri CX Series 600W CP-9020048-EU. Saya mencoba mencari penggantinya melalui internet, namun berkat kurs dollar Amerika Serikat yang tengah melambung tinggi, harganya kini berkisar di sekitar Rp 900 ribuan. Saya merasa sedang tidak dalam kondisi keuangan yang baik untuk mewujudkan hal tersebut, alias lagi kere.

Tips Menghitung watt PSU

Saya kemudian memutar otak untuk melakukan penghematan. Selain cara membeli baru, cara memperbaiki  power supply yang rusak juga tidak dianjurkan oleh dua orang rekan saya yang sudah saya anggap master di bidang komputer.

Cara lainnya adalah dengan mengurangi watt dari power supply. Jika sebelumnya saya menggunakan PSU 600 watt, maka saya ingin mencoba menurunkannya menjadi 500 watt. Cukup beresiko. Apakah itu aman untuk komputer saya? Berikut ini tips untuk menghitung watt minimal Power Supply Unit yang diperlukan oleh komputer Anda.

Tentu saja saya harus memperhitungkan dulu kebutuhan power supply yang diperlukan untuk memasok tenaga listrik ke komputer saya. Caranya adalah dengan menggunakan tools / online software yang banyak tersedia di internet.

Cukup googling "power supply calculator" dan Anda akan menemukan sejumlah pilihan untuk menghitung kebutuhan suplai listrik untuk komputer Anda. Cukup dengan mengisi sejumlah keterangan tentang parts yang digunakan oleh komputer Anda dan Anda bisa mengetahui berapa watt minimal yang harus digunakan.

Dua diantaranya adalah: eXtreme Power Supply Calculator atau Cooler Master Power Supply Calculator atau Power Supply Calculator.

Spek komputer yang saya miliki adalah:

CPUIntel® Core™ i5-2500K Processor (6M Cache, 3.30 GHz)
MotherboardMSI B75MA-P33 LGA 1155
Video Graphic Card (VGA)MSI N460GTX CYCLONE 1GD5/OC GeForce GTX 460
RAMCORSAIR Vengeance 8GB (2 x 4GB) 240-Pin DDR3 SDRAM
Cooler FanCorsair SP120 120mm x 25mm Case
CasingVenomrx - Habu V3 Neurotoxin Blue
Hardisk2 x 2TB 3.5' inch Western Digital Green (SATA)
SSDSamsung 850 EVO 250GB
DVD-RWSamsung DVD-RW SATA OEM Internal
Power Supply UnitCorsair CX600 80PLUS Bronze (CP-9020048-EU)

Berdasarkan pengisian saya pada tools software dari website tersebut diatas, jumlah watt yang direkomendasikan oleh mereka adalah minimal PSU berkekuatan 457 watt. Sehingga kesimpulannya, desktop PC saya masih bisa menggunakan PSU 500 watt, tapi sangat tipis sekali apabila saya berencana untuk upgrade atau menambahkan accessories baru lagi.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

14 komentar:

  1. Siang bang numpang nanya lagi nih.
    Sayakan masuh awam terus saya mau belajar rakit komputer.
    Kira-kira apa saja yang saya butuhkan bang.
    Kalau abang berkenan sih mohon penjelasannya yang detail 😆.
    Makasih bang sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry tapi pertanyaannya juga kurang detail.

      Yang dibutuhkan ini maksudnya dalam hal apa?

      Peralatan yang dibutuhkan? Tutorial yang dibutuhkan? Atau dana yang dibutuhkan?

      Hapus
  2. Maaf bang.
    Maksudnya itu seperti processor,mobo,casing,hardisk,dvd rw dll nyah mah bang.
    Atau ada juga kabel yg harus dibeli gitu bang.
    Maaf nih bang tulisannya acak"an.

    Makasih bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parts yang dibutuhkan dalam merakit sebuah komputer:

      Main Parts:
      1. Motherboard (MoBo);
      2. Processor (Central Processing Unit / CPU), sering juga disebut procie, dilengkapi juga dengan thermal paste dan Heat Sink Fan / HSF);
      3. Memory (Random Access Memory / RAM);
      4. Storage Drive, bisa berupa HDD (Hard Disk) atau SSD (Solid State Drive);
      5. Power Supply Unit (PSU);
      6. Casing, dilengkapi dengan fan.

      Supporting parts, Kartu Ekspansi (Add-on card), dll:
      7. VGA Card (kartu grafis add-on);
      8. Sound Card (controller audio add-on);
      9. Optical Drive (sudah mulai ditinggalkan, diganti dengan pembaca drive / serial bus).

      Peripherals:
      10. Monitor
      11. Keyboard
      12. Mouse
      13. Speaker / Headset
      14. Peripherals lainnya.

      Untuk kabel-kabel biasanya sudah disediakan dalam paket penjualan masing-masing parts.

      Untuk peralatannya paling obeng segala ukuran, itu saja sudah cukup saya rasa.

      Hapus
  3. Sangat puas bang nih sama jawabannya bang.
    Tapi ada yg mau saya tanya lagi nih bang, kalau fungsi dari VGA CARD+SOUND CARD itu apa yah bang ?
    Apa wajib disetiap pc itu ada .
    Makasih bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. VGA Card / Video Graphic Accelerator Card: dari namanya saja sudah bisa dijabarkan fungsinya untuk mengakselerasi kemampuan sebuah sistem komputer dalam proses pengolahan video grafis. Kalau Sound Card fungsinya untuk mengolah data menjadi audio sesuai keluaran yg kita inginkan.

      Oleh karena keduanya adalah Card (kartu), sehingga sifatnya add-on, alias bisa ditambahkan tetapi bisa juga tidak. Tergantung kebutuhannya.

      Untuk procie keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan pengolah grafis terintegrasi, jadi tidak perlu tambahan VGA Card. Mobo juga biasanya sudah dilengkapi audio processing unit sehingga tidak perlu tambahan Sound Card.

      Tapi GPU terintegrasi biasanya tidak terlalu bagus alias terbatas kemampuannya, oleh sebab itu, untuk kebutuhan pengolah grafis dan audio maka dibutuhkan tambahan parts berupa VGA Card dan Sound Card untuk membantu meningkatkan kinerja sebuah PC.

      Hapus
  4. Maaf bang ane masih newbie punya budget 5jt kira" dapet spek yg kayak gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak apa2, saya juga newbie kok.

      Untuk budget 5jt bisa dibaca disini: Tips Merakit PC Gaming Dengan Budget 5 Jutaan.

      Semoga bermanfaat.

      Hapus
  5. Bang untuk nentuin PSU nya, dilihat dri part komputer yg mana aja ya? Yg paling besar tuh klo gk salah vga yah? Mau bikin warnet make vga R7 250, tpi gk tau pake PSU brpa watt

    BalasHapus
  6. Bang Adri mohon ijin buat tanya, apakah worthed untuk membeli motherboard chipset H97 dengan tujuan nantinya upgrade cpu generasi selanjutnya? sedang sekarang saya ingin membangun pc dengan base CPU pentium g3240/3258 dan GPU Zotac GeForce GTX 750Ti.

    BalasHapus
  7. MAAF BANG NUPANG TANYA.. saya ingin merakit pc untuk desain 3d dengan buget 9jt spec apa yg saya harus beli ya gan.. dan juga saya ingin pc saya nantinya bisa di upgrade ke yg lebih tinggi .... dengan buged saya segitu bisa ga saya sudah dapet mouse dan keyboard... karna saya di office sudah menggunakan core i3 ram 8gb masih lemah buat mengerjakan gambar...

    BalasHapus
  8. Thanks gan. Refrensi baru buat belajar komputer lagi, sangat membantu dalam pencarian power supplay yang sesuai dengan komputer yang kita punya. Maju teknologi indonesia 🤗

    BalasHapus
  9. info yang bagus.biz saya mau tambah vga yg high katanya harus tinggi psu..nya

    BalasHapus
  10. mau tanya cpu sy input voltase 230v setara brp watt ya mas?

    BalasHapus