Perbedaan 64 Bit dengan 128 Bit di VGA Card

Saat sedang memilih VGA Card, mungkin ada beberapa dari Anda yang bertanya-tanya, apa sebenarnya yang dimaksud dengan 64 bit atau 128 bit? Apa perbedaan VGA Card yang memiliki kode 64Bit dengan 128Bit? Untuk memberikan penjelasan singkat tentang perbedaan antara kedua angka tersebut, maka saya tuliskan artikel singkat agar dapat lebih mudah memahaminya. Berikut penjelasannya:

Bus

Sekumpulan kabel yang dilewati oleh data dan dikirim dari salah satu bagian dari komputer ke bagian komputer yang lainnya disebut sebagai bus. Anda dapat menganggap bus sebagai jalan raya di mana data melakukan perjalanan di dalam komputer. Ketika digunakan dalam referensi untuk komputer pribadi (Personal Computer / PC), istilah bus istilah biasanya mengacu pada bus internal. Ini adalah bus yang menghubungkan semua komponen komputer internal ke CPU dan memori utama (main memory). Ada juga sebuah slot expansion bus yang memungkinkan expansion board untuk mengakses CPU dan memory.

Bus internal, juga dikenal sebagai bus data internal, memory bus, system bus atau Front-Side-Bus (FSB), menghubungkan semua komponen internal komputer, seperti CPU, memori, dan motherboard. Bus data internal juga disebut sebagai "local bus", karena mereka dimaksudkan untuk terhubung ke perangkat lokal.

istilah_bus_dalam_komputer
Perangkat Komputer saling terhubung melalui transfer data melewati sebuah bus.

Semua bus terdiri dari dua bagian: "address bus" dan "data bus". Data bus mengirimkan data aktual sedangkan address bus mengirimkan informasi tentang ke mana data harus dikirim.

Satuan data yang dapat dikirimkan melalui bus biasanya ditulis dalam satuan bit, penjelasannya di bawah berikut ini:

Bit

Adalah singkatan dari "binary digit" (angka biner) - merupakan satuan data terkecil. Nilainya hanya terdiri dari angka 1 dan 0 saja. Walau terlihat sederhana, tetapi dua angka inilah yang mengalir terus di dalam PC, berputar dari processor, Motherboard, chip memory sampai ke perangkat-perangkat penyimpanan data dan output lainnya atau sebaliknya.

bit_sebagai_satuan_data_terkecil_yang_diterjemahkan_komputer
Bit sebagai satuan data terkecil yang diterjemahkan oleh komputer.

Bit mengalir sebagai sinyal-sinyal listrik. Ibarat saklar, angka nol berarti "off" sedangkan angka 1 artinya "on". Demikianlah rangkaian data yang jumlahnya miliaran bahkan triliunan bit mengalir bagai seseorang sedang menekan tombol on/off secara berulang-ulang dan sangat cepat.

Akan tetapi, bit punya wujud fisik juga. Pada sebuah CD contohnya, bit tampak sebagai bintik-bintik yang amat kecil pada permukaan cakram. Sinar laser yang terdapat CD-ROM drive memungkinkan membaca dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang diterjemahkan oleh chip komputer.

Bit biasanya tidak pernah berdiri sendiri. Maknanya baru muncul begitu terdiri dari sejumlah bit dalam angka tertentu. Dalam perhitungan biner ada sejumlah bit komputer yang dipakai, yaitu sistem 8 bit, 16 bit, 32 bit, 64 bit dan seterusnya. Dengan sistem itulah komputer membaca, menerjemahkan kembali dan mengolah data angka, huruf, gambar dan sebagainya. Beruntunglah, kita tidak perlu mengetahui semua perhitungan itu untuk menggunakan komputer. Hanya perlu menekan tuts pada keyboard atau klik pada mouse saja sudah dieksekusi sebagai perintah oleh komputer. Walaupun demikian, pemahaman mengenai bit akan sangat berguna untuk memahami berbagai aspek lain dalam komputer.

Bus Width

perbedaan_32_bit_dengan_64bit
Ukuran sebuah bus, yang dikenal sebagai "width" atau lebar, adalah penting karena menentukan berapa banyak data dapat dikirim pada satu waktu secara bersamaan. Sebagai contoh, sebuah bus selebar 16-bit dapat mengirimkan 16 bit data, sedangkan bus dengan lebar 32-bit dapat mengirimkan 32 bit data dalam satu kali pengiriman. Setiap bus memiliki clock speed yang diukur dalam MHz.

Lebar jalur (bus width) ini berpengaruh terhadap bandwidth jika dipadukan dengan clock memory dan jenis DDR yg digunakannya. Bandwidth adalah seberapa banyak data yg bisa di transfer dalam 1 detik. Satuannya biasanya GigaByte/Sec (Gb/s). Rumus bandwidth adalah lebar jalur (buswidth) dikalikan dengan effective clock memory-nya.

"Effective clock" adalah memory clock dikali berapa banyak transfer yg terjadi dalam 1 cycle.

Misalnya DDR3 800MHz biasanya disebut juga 1600MHz (effective). Artinya dalam 1 clock (cycle) terjadi 2x transfer data, sehingga kalau clocknya 800, maka otomatis transfer datanya 800x2 kali/cycle (alias 1600MHz)

DDR1 - DDR4 (hanya terdapat perbedaan speed saja antara DDR1 dengan DDR4), sesuai dengan namanya "Double Data Rate" (disingkat DDR). Maka dalam 1 cycle terjadi 2 x transfer data.

Akan tetapi khusus untuk DDR5, sekalipun namanya menggunakan nama DDR (Double Data Rate), tapi dalam 1 cycle di DDR5 terjadi 4x transfer data, sehingga lebih pantas disebut QDR (Quadruple Data Rate), dan memang beberapa vendor sudah menggunakan istilah QDR di situs resminya.

Jadi 800MHz DDR5 itu effective clock-nya = 800x4 alias 3.2 GHz QDR
Bandwidth = buswidth x effective clock

Sebagai contoh: untuk VGA Card ATI Radeon HD 4770 dengan memory clock 800MHz berjenis DDR5, buswidth 128 bit, maka Bandwith-nya adalah 128 bits x 800 x 4 = 409.600 mega bits
atau 409.600 : 8 (1 byte = 8 bits) = 51.200 Mega byte/sec atau 51.2 GB/sec

Apakah Bandwidth berpengaruh ke performa?

Ibarat mobil, bandwidth adalah kapasitas jalan bisa dilewati berapa banyak mobil per detik. Semakin lebar jalan yang disediakan tentu semakin baik, karena perjalanan (transfer data) akan semakin lancar. Tapi jika terlalu lebar tidak sesuai dengan data yang ditransfer juga mubazir, jalannya sangat lebar, tetapi mobil yg lewat hanya sedikit.

Jadi bisa dibayangkan apabila Radeon HD 4650 diberi memory clock 1000 MHz dengan DDR5? Itu jika dianalogikan maka akan seperti Toll Bambu Apus diberi gerbang tol 16 buah padahal mobil yg lewat hanya 2 mobil saja per menit.


Referensi

  1. Webopedia - What is Bus? | link: http://www.webopedia.com/TERM/B/bus.html
  2. Indonesia Indonesia - Satuan Ukuran Komputer | link: http://indonesiaindonesia.com/f/113014-satuan-ukuran-komputer/
  3. Kaskus - Bagus Mana VGA 512Mb 128Bit vs 1Gb 64Bit? | link: http://www.kaskus.co.id/thread/51b8a690582acf3618000004/bagus-mana-vga-512mb-128bit-vs-1gb-64bit
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

9 komentar: