Linux

Linux

Maskot_Linux_Pinguin_Tux
Linux adalah sebuah sistem operasi komputer seperti Unix (sebuah sistem operasi komputer yang terdiri dari multitasking oleh multiuser, merupakan turunan dari Unix asli yg dahulu diciptakan oleh AT&T, dikembangkan pada tahun 1970-an di pusat penelitian Bell Labs oleh Ken Thompson, Dennis Ritchie, dan lain-lain) dan kebanyakan kompatibel dengan sistem operasi komputer POSIX (singkatan dari "Portable Operating System Interface X" atau diterjemahkan Sistem Operasi Antarmuka Portabel, adalah sebuah standar yg ditentukan oleh "IEEE Computer Society" untuk menjaga kompatibilitas diantara tiap-tiap sistem operasi. POSIX mendefinisikan antarmuka pemrograman aplikasi (API / Application Programming Interface), bersama dengan perintah line shells dan utility interface, untuk menjaga kompatibilitas diantara perangkat lunak yg diciptakan dengan varian Unix dan sistem operasi lainnya.) yang disusun dibawah bentuk bebas dan pengembangan perangkat lunak open-source serta juga distribusinya.

Komponen yang mendefinisikan Linux adalah kernel Linux, sebuah kernel sistem operasi yg pertama kali dirilis pada tanggal 5 Oktober 1991 oleh Linus Torvalds. "The Free Software Foundation" menggunakan nama GNU / Linux untuk menggambarkan sistem operasi, yang kemudian menyebabkan sejumlah kontroversi. GNU sendiri adalah singkatan rekursif dari "GNU's Not Unix!", yg dipilih karena desain GNU memang mirip dengan Unix, tetapi berbeda dari Unix dengan menjadi perangkat lunak bebas dan tidak mengandung kode Unix serta merupakan fokus asli dari Free Software Foundation (FSF). Namun, kernel non-GNU, yang paling terkenal adalah kernel Linux, juga dapat digunakan dengan perangkat lunak GNU. Kombinasi software GNU dan kernel Linux dikenal sebagai Linux saja.

Sejarah Singkat Linux

Linux sebenarnya dikembangan sebagai sistem operasi gratis untuk komputer pribadi (PC) yang berbasis Intel x86, tetapi sejak saat itu tetapi sejak itu telah berbelok ke platform perangkat keras komputer yang lebih dibanding sistem operasi lain. Ia kemudian menjadi pemimpin di bidang sistem operasi yg dijalankan di berbagai server dan "big iron systems" (sebuah sistem yg sangat besar, mahal, menggunakan ultra-fast computers. Biasanya digunakan untuk supercomputer seperti Crays, tetapi bisa termasuk mainframe konvensional IBM yang lebih komersial) tetapi Linux digunakan hanya sekitar 1,5 dari komputer desktop yg ada di seluruh dunia.

OS_Android_Dibangun_Diatas_Kernel_Linux
Linux juga berjalan pada embedded system, merupakan perangkat dengan sistem operasi yg biasanya dibangun ke dalam firmware tertentu dan sangat disesuaikan dengan sistem yg berjalan / digunakannya. Misalnya pada sistem operasi ponsel, tablet, router jaringan, televisi, konsol video game. Sebagai contoh: Android, sebuah sistem operasi (OS) perangkat bergerak (mobile) terpopuler yg paling banyak digunakan sebagai sistem operasi untuk tablet dan smartphone di seluruh dunia, dibangun di atas kernel Linux.

Pengembangan Linux adalah salah satu contoh yang paling menonjol dari kolaborasi perangkat lunak gratis dan open source. Source Code (kode utama) yang mendasari dapat digunakan, dimodifikasi, dan didistribusikan baik secara komersial atau non-komersial oleh siapapun di bawah lisensi seperti GNU General Public License. Biasanya, Linux dikemas dalam suatu bentuk yang dikenal sebagai distribusi Linux (Linux Distribution), baik untuk desktop PC maupun server. Beberapa distribusi Linux utama paling populer adalah Debian, Ubuntu, Linux Mint, Fedora, openSUSE, Arch Linux, dan Red Hat Enterprise Linux versi komersial dan SUSE Linux Enterprise Server. Distribusi Linux termasuk kernel Linux, utilitas penunjang dan perpustakaan serta biasanya berisi sejumlah besar aplikasi perangkat lunak untuk memenuhi penggunaan distribusi tersebut.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar