The Act of Killing, Mereka Yang Terlupakan

Movie

Ini tidak sering terjadi, undangan untuk menghadiri acara penghargaan bergengsi di dunia perfilman, Piala Oscar, akan ditolak. Kebanyakan dari mereka yang dinominasikan minggu lalu akan menikmati perhatian ekstra, wawancara dan berjalan di atas karpet merah dengan pakaian yang mewah sesuai tradisi tahunan di acara tersebut. Tapi bagi sang assisten sutradara yang tidak dikenal dalam film The Act of Killing yang dinominasikan untuk Best Documentary Feature piala Oscar, publisitas bukanlah suatu pilihan.

Untuk kru film lokal dari Indonesia yang berjumlah lebih dari 60 orang, penghargaan publik langsung luput dari genggaman ketika mereka memutuskan untuk menghapus nama mereka dari kredit film karena takut akan pembalasan dari milisi anti-komunis.

"Hal ini tidak mungkin bagi saya untuk pergi ke acara Oscar, disana terlalu banyak publisitas dan itu tidak benar-benar aman bagi saya untuk secara terbuka dilihat sebagai assisten sutradara film itu," kata direktur yang berbasis di Jakarta kepada wartawan The Independent, sebuah media massa yang berasal dari Inggris. " Aku bukan tipe orang yang suka membual tentang prestasi saya... kerahasiaan identitas sudah cukup sesuai dengan kepribadian saya."

Film dokumenter yang disutradarai oleh Joshua Oppenheimer dan eksekutif produser oleh Errol Morris dan Werner Herzog, telah banyak dipuji karena penggambaran dari orang-orang yang bertanggung jawab atas pembunuhan massal yang diikuti upaya kudeta yang gagal oleh kelompok yang menamakan dirinya Gerakan 30 September di Indonesia pada tahun 1965.

Pemberontakan itu ditumpas oleh Jenderal Soeharto, yang merebut kekuasaan dari Presiden Soekarno, dan dalam apa yang dikenal sebagai Operasi Pembersihan Komunis, mengatur tentang retribusi berdarah pada orang-orang yang diduga sebagai antek komunis, intelektual sayap kiri, etnis Cina dan mereka yang disalahkan atas upaya kudeta. Antara aparat keamanan, milisi lokal, dan warga diyakini telah membunuh lebih dari satu juta orang dalam waktu satu tahun.

Film ini menceritakan tentang pembunuh massal di kehidupan nyata yang sudah semakin berumur -berawal dari sekelompok gangster kecil-kecilan yang pada saat yang dipekerjakan oleh militer- untuk kembali melakukan operasi pembunuhan massal, mengungkapkan kengerian yang tak terbayangkan dari sejarah Indonesia.

The Act of Killing mengungkapkan bukan hanya imunitas yang dinikmati oleh pembunuh saat itu, tapi juga status selebriti mereka dapatkan dalam bagian masyarakat Indonesia pada masa-masa suram tersebut. Pemimpin geng Anwar Kongo, secara pribadi bertanggung jawab untuk lebih dari seribu kematian, dipuji di televisi nasional untuk metode pembunuhan efisiennya, di adegan lain ia terlihat dengan santai berbicara tentang pakaian yang paling cocok untuk melakukan pembantaian.

"Seringkali film atau buku yang menyelidiki tentang pembunuh massal berfokus pada orang-orang yang hilang dan kemudian diberitahu oleh masyarakat bahwa mereka salah, dan pembunuh cenderung untuk mengekspresikan penyesalan," kata Andreas Harsono, peneliti Indonesia untuk Human Rights Watch. "The Act of Killing", sebaliknya, menunjukkan emosi bahwa para pembunuh telah di takdirkan untuk membunuh -dan mereka benar-benar menikmatinya-. Dan untuk alasan bahwa sangat mengganggu akal sehat manusia."

Sejarah Operasi Pembersihan Komunis tidak pernah dibahas secara terbuka di Indonesia. Di sekolah anak-anak belajar bahwa pembunuhan itu pekerjaan yang diperlukan patriot, menyebabkan tidak kurang dari 80.000 kematian. Akademisi mengatakan bahwa bangsa Indonesia masih melihat Partai Komunis Indonesia (PKI) sebagai "fundamental jahat" dan menggambarkan pembunuhan sebagai masalah "mereka atau kita (yang harus mati)".

Joshua Oppenheimer, Sutradara Act of Killing


*Sutradara Amerika, Joshua Oppenheimer, menghabiskan delapan tahun bekerja pada film The Act of Killing **(Getty images)

"Meskipun kadang-kadang ada yang mengatakan bahwa pembunuhan tersebut dimanfaatkan sebagai jalan untuk menyelesaikan dendam lama, dan meskipun korban kadang-kadang mengklaim bahwa mereka menjadi sasaran karena alasan-alasan non-politik, kita memiliki sangat sedikit bukti dari orang yang tidak bersalah juga menjadi sasaran," kata Profesor Robert Cribb, ahli di pembersihan Komunis dari Australian National University. "Mereka yang mengambil bagian dalam pembunuhan secara luas dianggap sebagai telah melakukan pengabdian untuk Indonesia."

Oppenheimer memilih untuk mengajukan sensor ke lembaga pemerintah yang melakukan penyensoran film agar filmnya tidak dilarang tayang di Indonesia, mengandalkan promosi filmnya hanya pada kampanye di dunia maya dan dibantu oleh masyarakat Indonesia di berbagai media sosial serta dari mulut ke mulut melalui pemutaran pribadi. Pemutaran film tersebut telah diselenggarakan di 120 kota di seluruh negeri, sementara 11.000 orang telah men-download film karena memang disediakan gratis untuk wilayah Indonesia pada bulan November.

Organisasi paramiliter masih memiliki pengaruh kuat di wilayah Indonesia, yang berarti siapa pun yang terkait dengan film The Act of Killing juga turut menanggung risiko yang dihadapi dan itu sama sekali tidak diketahui. Dua penyelenggara skrining menerima ancaman kematian dan tahun lalu manajer sebuah koran lokal dipukuli karena menulis sebuah artikel yang mempromosikan film.

"Ini mengubah cara masyarakat memandang korban dan anggota keluarga mereka," kata sang assisten sutradara. "Mereka belajar bahwa itu bukan karena kesalahan, bukan karena keluarga mereka melakukan sesuatu yang salah, tetapi memang karena seluruh sistem yang busuk".

"Orang-orang telah disebut dalam film ini menulis kepada kami untuk memberitahu kami bagaimana mereka telah tersentuh oleh film , orang sudah mulai melaksanakan reuni dan pertemuan, orang-orang yang berada di perahu yang sama bersama-sama-keluarga korban berkumpul dengan keluarga para pelaku. Mereka ingin belajar tentang kesalahan orang tua mereka dan kakek-nenek mereka."

Isu Sensitif yang diangkat dalam The Act of Killing

Dengan pemilihan presiden yang sudah dekat di Indonesia, pemerintah telah menolak untuk dikaitkan dengan film yang kontroversial ini. Tidak ada pernyataan publik yang telah dibuat, meskipun satu pekerja kedutaan di AS mengungkapkan ke situs hiburan TMZ bahwa mereka berharap film itu berhenti memenangkan penghargaan karena hanya akan mencemari citra Indonesia, memperkuat image sebagai negara terbelakang dan tanpa hukum.

Sayangnya, bom tetes di Indonesia telah mencegahnya dari mencapai audiens yang lebih besar di negara-negara tetangga seperti ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). Negara-negara anggota ASEAN cenderung memberikan isu-isu politik yang sensitif tempat tidur yang luas agar tetap tertidur dan tidak bisa dibangkitkan lagi.

"Distributor di Asia Tenggara tidak berpikir film ini akan lulus sensor... Negara-negara ASEAN memiliki hubungan dekat dengan Indonesia dan tidak ingin membauat rekan mereka marah atau mendorong warga negara mereka sendiri untuk menggali lebih dalam sejarah mereka sendiri," kata Lorna Tee, produser film asal Hong Kong.

Sang assisten sutradara menghabiskan delapan tahun bekerja di The Act of Killing, mengetahui dari awal bahwa mungkin ia tidak akan mendapatkan penghargaan untuk pekerjaan besar yang telah dia lakukan.

"Kami berpikir tentang apa yang harus ditulis - nama asli kita? Sebuah nama samaran ? - Dan kami memutuskan lebih baik untuk tetap anonim karena sebenarnya kita tidak tahu apa yang akan terjadi nanti," katanya.

Oppenheimer mengatakan ia meninggalkan timnya, beberapa di antaranya mengalami insomnia dan mimpi buruk selama syuting, untuk memutuskan bagaimana dan dengan siapa mereka membahas partisipasi mereka, namun sebagian besar telah merahasiakannya demi menjaga keamanan dirinya beserta anggota keluarganya.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar