Cara Menghilangkan / Mengusir Tikus

Tikus

Saya baru-baru ini mengalami masalah dengan tikus. Pada awalnya saya mengetahui adanya tikus di rumah saya adalah pada saat saya memperhatikan makanan sisa yang saya buang di tong sampah, plastiknya sudah sobek dan makanan di dalamnya hilang. Saya langsung mencurigai adanya tikus yang bersembunyi di suatu tempat sudut ruangan saya. Saya lalu mengintip pada malam hari, ternyata benar, mereka baru keluar pada malam hari dan langsung menuju ruang tamu saya. Saya setidaknya melihat dua ekor tikus yang berkeliaran. Dan tidak sampai tiga hari setelah awal kemunculan mereka, sudah muncul bau kotoran tikus. Ternyata mereka sering bersembunyi di rak Televisi dan buang kotoran disana. Sungguh menjengkelkan! Akhirnya saya memutuskan untuk menghilangkan mereka.

Cara menghilangkan tikus

Cara menghilangkan tikus

target tikus rumah
Kehadiran tikus liar (yang tidak kita pelihara) tentu saja menjengkelkan, mereka berpotensi untuk menyebarkan penyakit karena tubuh serta kutu tikus dapat menjadi host atau tempat tinggal sementara bagi bakteri-bakteri patogen zoonosis yang bermacam-macam jenisnya, seperti Leptospira, Toxoplasma gondii, dan Campylobacter. Toxoplasma Gondii bahkan diketahui sebagai bakteri yang sangat berbahaya bagi wanita, dikarenakan bakteri ini dapat menyebabkan wanita terkena Toxoplasma yang beresiko menyebabkan cacat atau keguguran pada janin ketika wanita itu hamil. Tentu saja Anda tidak ingin ini terjadi pada keluarga Anda di rumah.
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan, membunuh, atau sekedar mengusir tikus di rumah Anda:

Tips dan trik mengusir tikus

  1. Gunakan racun tikus, tetapi ini memiliki kekurangan dimana bangkai tikus akan menjadi sulit ditemukan karena mereka mati beberapa saat setelah memakan makanan yang telah diberi racun tikus, sehingga kemungkinan setelah makan mereka kembali ke persembunyiannya lalu mati disana;
  2. Dengan lem tikus, kebanyakan lem tikus tidak berfungsi maksimal karena makanan yang diletakkan di tengah-tengah lem tikus juga seringkali menarik perhatian cicak yang kemudian mendekatinya lalu ikut terjebak.;
  3. Beli jebakan tikus, jebakan yang umum dijual di Indonesia adalah berbentuk kandang, jika diluar negeri maka bentuk yang familiar adalah berbentuk jepitan. Hanya saja dengan menggunakan jebakan ini, Anda harus menyingkirkan tikus yang masih hidup. Entah membuangnya, atau Anda ingin membunuhnya.;
  4. Electronic Pest Control, ini banyak dijual di pasaran, menggunakan gelombang suara supersonic yang hanya bisa didengar oleh hewan pengerat ini. Mereka akan terganggu lalu pergi menjauhi alat tersebut.
  5. Berhentilah memberi makanan pada Tikus, seringkali ini yang dilupakan banyak orang. Tikus tidak memakan kayu di rumah Anda, mereka hanya mengerat benda-benda untuk mengontrol giginya yang tumbuh semakin panjang. Mereka makan dari makanan sisa yang ada di rumah Anda. Jadi pastikan Anda tidak "ikut memelihara" mereka tanpa Anda sadari. Buang makanan sisa di tempat tertutup yang tidak mungkin dijangkau tikus. Simpanlah makanan di rumah Anda dengan baik agar tidak dicari tikus.
  6. Anda bisa menggunakan ammoniak untuk menghilangkan jejak daerah kekuasaan mereka, sehingga mereka akan bingung dan tersesat.
  7. Tutup lubang-lubang di rumah Anda yang bisa menjadi tempat persembunyian atau jalan tikus.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar