Pesawat Malaysia Airlines MH17 Jatuh di Ukraina, 295 Tewas

Malaysia Airlines MH17

Berita mengejutkan datang dari Ukraina dimana dilaporkan sebuah pesawat penumpang milik maskapai penerbangan Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 jatuh di wilayah akibat ditembak misil / rudal oleh para pemberontak pro-Rusia yang berkonflik dengan pemerintahan Ukraina.

(sumber: http://www.telegraph.co.uk/news/worldnews/europe/ukraine/10974050/Malaysia-Airlines-plane-crashes-on-Ukraine-Russia-border-live.html).

Pesawat ini diperkirakan jatuh di sekitar wilayah Torez, dekat daerah Shakhtersk, yang berjarak kurang lebih 40 - 50 kilometer (25 mil) dari perbatasan negara Rusia. Area ini diketahui sebagai daerah pertempuran antara tentara Ukraina dengan para pemberontak pro-Rusia.

Baik presiden Ukraina maupun pemerintahan Rusia serta pihak pemberontak pro-Rusia telah membantah bahwa pihaknya adalah pelaku yang menembak jatuh pesawat nahas tersebut.

Pesawat Malaysia Airlines MH17 adalah pesawat yang melayani rute penerbangan dari Kuala Lumpur (Malaysia) ke Amsterdam (Belanda). Saat pesawat tersebut dikabarkan hilang kontak, pesawat MH17 sedang mengangkut 280 (ada yang menyebut 285) orang penumpang beserta 15 orang kru pesawat. Jumlah inisudah dikonfirmasi dalam media statement resmi dari pihak maskapai Malaysia Airlines -baca di bagian bawah-. Seluruh penumpang dan kru MH17 diperkirakan meninggal dunia. Hingga saat ini belum dapat dipastikan apakah ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang menumpang pesawat MH-17, namun dalam kabar yang masih simpang siur, terdapat satu orang WNI yang turut menjadi korban dari insiden nahas ini.

Berita duka ini telah dikonfirmasi oleh pihak maskapai Malaysia Airlines (MAS) melalui akun twitter resminya yang menyebutkan bahwa mereka mengakui bahwa telah kehilangan kontak dengan pesawat Malaysia Airlines MH17 di atas wilayah udara Ukraina.

twitter_resmi_malaysia_airlines
Akun twitter resmi maskapai Malaysia Airlines.


Twitter Resmi Malaysia Airlines

Akun twitter resmi maskapai penerbangan Malaysia Airlines yang beralamat di @MAS atau http://twitter.com/MAS 1 jam sebelum berita ini ditulis, menuliskan pengumuman yang berbunyi:

"Malaysia Airlines has lost contact of MH17 from Amsterdam. The last known position was over Ukrainian airspace. More details to follow."

Yang kurang lebih berarti: "Malaysia Airlines telah kehilangan kontak dengan MH17 dari Amsterdam. Posisi terakhir yang dikeathui adalah diatas wilayah udara Ukraina. Rincian lebih lanjut akan menyusul."

Lebih lanjut mereka mengabarkan bahwa akan melakukan pernyataan resmi ke media perihal insiden MH17 yang akan dirilis pada tanggal 18 Juli 2014 pada pukul 12:30 AM, melalui tweetnya yang berbunyi: "[#MASalert] MEDIA STATEMENT on MH17 Incident released at 12:30am/18 July 2014 http://bit.ly/1ru9vo9"

Dalam link yang diberikan diatas, merupakan tautan menuju laman resmi situs Malaysia Airlines yang beralamat di http://www.malaysiaairlines.com/my/en/travel_advisory/statement1_mh17.html?cid=social_20140717_28004866 , dimana laman tersebut memuat pernyataan resmi kepada media yang isinya menyatakan sebagai berikut:


Media Statement : MH17 Incident

Released at 12:30am/18 July 2014


Malaysia Airlines confirms it received notification from Ukrainian ATC that it had lost contact with flight MH17 at 1415 (GMT) at 30km from Tamak waypoint, approximately 50km from the Russia-Ukraine border.


Flight MH17 operated on a Boeing 777 departed Amsterdam at 12.15pm (Amsterdam local time) and was estimated to arrive at Kuala Lumpur International Airport at 6.10 am (Malaysia local time) the next day.


The flight was carrying 280 passengers and 15 crew onboard.


More details to follow.


-end-



Video Jatuhnya Malaysia Airlines MH17

Berikut ini adalah video dari Youtube yang merupakan rekaman video amatir dari warga di sekitar lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17, dimana terlihat asap hitam pekat membumbung tinggi dari tempat yang diperkirakan sebagai posisi jatuhnya pesawat tersebut:





Berita ini sangat mengejutkan mengingat baru pada beberapa bulan yang lalu (atau tepatnya pada tanggal 8 Maret 2014 pada pukul 01:20 WIB, pesawat lainnya dari Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 yang melayani rute Kuala Lumpur - Beijing juga hilang dari radar, dan hingga kini belum ditemukan satupun petunjuk yang valid tentang hilangnya Penerbangan Malaysia Airlines MH370 walaupun telah dilakukan pencarian besar-besaran dengan melibatkan sejumlah negara.

Berikut ini dalah sejumlah foto yang diambil dari situs berita luar negeri, Telegraph.co.uk, yang memperlihatkan jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di wilayah Ukraina:
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di puing MH17
Tampak petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang melalap puing pesawat MH17.

pesawat malaysia airlines mh17 jatuh


warga sekitar lokasi jatuhnya pesawat berdiri diatas puing MH17
Salah satu warga sekitar lokasi jatuhnya pesawat tampak berdiri diatas puing pesawat MH17
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar