Perbedaan Box dengan Tray (+Fan) Pada Paket Penjualan Procie Intel

Tray atau Box

Bagi Anda yg baru pertama kali membeli processor (CPU / Central Processing Unit, atau biasa disebut sebagai "procie" saja) , atau mungkin untuk orang-orang yg sering memantau harga parts komputer seperti saya, Anda akan sering membaca perbedaan penulisan pada paket penjualan seri procie yg berisikan keterangan "box" atau "tray + fan".

Intel_G3240_Dual_Core_Box_Tray_Fan_LGA_1150
Ada yg tahu mengapa Intel G3240 Dual Core ini dijual dalam versi Box dan versi Tray + Fan?
Lalu apa perbedaannya? Apakah performanya berbeda?

Penasaran dengan apa arti penambahan atribut ini dalam penjualan procie? Atau ingin tahu apa sih perbedaannya? Artikel ini akan membahasnya secara lengkap untuk Anda.

Perbedaan CPU versi Box dengan Tray

Kadang Anda menemui toko yang tidak menyediakan procie Intel (box) Pentium Dual Core G3240 LGA 1150, akan tetapi mereka masih punya stock untuk Intel Pentium Dual Core G3240 LGA 1150 versi tray. Nah, apa lagi maksudnya ini? Kemudian toko tersebut juga menjelaskan bahwa masa garansi untuk processor box adalah 3 tahun, lalu yang versi tray berapa tahun?

Berikut adalah penjabarannya:

Dari segi kualitas dan kelengkapan

Sejatinya tidak ada perbedaan dari segi kualitas diantara CPU versi retail (box) dibanding versi OEM / Original Equipment Manufacturer (alias versi tray), karena dua istilah itu hanya membedakan cara/mode penjualannya saja. CPU yg diberikan tetap sama persis, tidak ada bedanya sama sekali.

Perbedaannya terutama terletak pada masa garansi dan adanya tambahan kipas pendingin CPU original / resmi bawaan pabrik dalam versi "box", dibandingkan versi "tray" yg dijual terpisah. Versi "box" memang sudah termasuk kipas pendingin bawaan pabrik di dalam kotak paket penjualannya.

Jadi bila Anda berencana untuk membeli HSF pilihan sendiri dan tidak berencana menggunakan kipas pendingin bawaan pabrikan yg sudah termasuk dalam versi "box", maka sebaiknya beli yg versi "tray" (OEM) saja, terkecuali jika Anda menginginkan masa garansi yg lebih panjang dari Intel (hingga tiga tahun) yg diberikan dalam paket penjualan procie Intel versi Box.

Perbedaan dari segi harga dan garansi

Versi Tray OEM biasanya dijual dengan harga yg lebih murah dari versi retail box, dimana bagian yg membuat harga versi retail box adalah masa garansi yg lebih panjang, plus adanya tambahan bonus pendingin bawaan Intel di dalam kotaknya (sehingga wajar versi box lebih mahal). Versi OEM alias tray biasanya lebih populer di kalangan penggiat overclock (overclockers), sebagaimana overclocking membutuhkan kipas pendingin aftermarket, dan juga overclocking procie berarti langsung menggugurkan garansi resmi CPU Intel sehingga tidak ada gunanya apabila seorang overclockers membeli versi retail box bila mereka berencana untuk langsung meng-overclock processor Intel yg mereka beli.

Alasan Memilih Versi Tray

Dari pengakuan mereka yg sudah membeli CPU OEM (tray), mereka tidak pernah menemui masalah berarti sehingga cenderung tidak memerlukan jangka waktu garansi yg terlalu lama seperti yg ditawarkan versi box (beda orang beda kasus lho ya, jadi tetap bisa saja ada orang yg mengalami hal yg sebaliknya).

Procie Intel yg dijual dalam kemasan tray alias nampan plastik seperti gambar ini.
Secara umum versi tray memang lebih murah dibanding versi box, tetapi bagi kebanyakan enthusiast, mereka lebih memilih untuk membeli versi tray karena mereka tidak membutuhkan heatsink dan kipas bawaan pabrikan yg memang kurang yahud dibanding membeli versi aftermarket.

Kesimpulan

Pada intinya, perbedaan antara processor versi boxed/retail dengan versi tray/OEM dalam produk-produk Intel® adalah semua processor versi box akan dijual beserta sebuah HSF (heatsink/fan) asli / original dan diberikan garansi terbatas hingga 3 tahun. Sedangkan versi tray/OEM, garansi yg diberikan diturunkan menjadi hanya 1 tahun saja (juga terbatas), dan mereka tidak dijual sepaket dengan HSF original bawaan pabrikan Intel.

Namun pada dasarnya tidak ada perbedaan kualitas dan performa diantara procie versi box dengan tray, karena dua CPU yg diberikan di dalam paket penjualannya adalah sama persis dan tidak ada perbedaan secara fisik, kecuali nomor-nomor yg tercetak pada bagian atas CPU. Memang ada beberapa procie yg diberi tanda sSpec bertanda (#) dimana tanda pagar # ini menunjukkan seri revisi keberapa yg digunakan dalam proses pembuatan / penyempurnaan masing-masing processor tersebut, tapi itu secara umum tidak membedakan performa keseluruhan.

Intel_Pentium_Dual_Core_G3240_Box
Selain dari perbedaan antara Tray OEM yg bergaransi 1 tahun dengan versi Retail Box yg diberi garansi 3 years, procie OEM dijual tanpa HSF, tanpa stiker, tanpa kotak dan buku manual, hanya diberi semacam tempat saja (seperti nampan yg terbuat dari plastik sehingga versi tersebut diberi nama "tray" yang artinya "nampan"), sedangkan versi Retail - diberi kotak yg bagus, dengan HSF original di dalamnya, biasanya dikasih stiker "Intel Inside", buku manual dengan instruksi panduan instalasi sederhana dan semua dikemas dengan sangat baik.

Oleh karena pakai kotak, sehingga disebut versi "box" atau "kotak". Dengan kelengkapan tersebut, tentu saja wajar apabila harga versi box menjadi sedikit lebih mahal ketimbang harga versi tray.

Alasan Mengapa Intel Menjual Dalam Versi Tray dan Box

Ada sejumlah alasan yg mungkin melatarbelakangi keputusan Intel untuk menjual processor buatan mereka dalam dua versi, tray dan box. Kemungkinan yg pertama adalah untuk mengakomodir permintaan perusahaan-perusahaan produsen komputer desktop atau laptop seperti Lenovo, Acer, ASUS, Dell, atau merk murah seperti Axioo, Advan, dll selalu mencari celah untuk membeli procie yg lebih murah untuk menekan harga jual produk mereka, sehingga mereka meminta Intel untuk menurunkan masa garansi menjadi satu tahun, dan tidak menyertakan kemasan kotak, buku manual, serta pendingin bawaan pabrikan Intel, dan menggunakan sistem pendingin (HSF / Heatsink Fan) buatan mereka sendiri.

Sehingga dengan cara itu mereka bisa berhemat 10 hingga 20 dollar Amerika dan efeknya bisa mengurangi biaya produksi laptop / komputer mereka.

Alasan kedua adalah untuk memfasilitasi para overclockers yg memang tidak membutuhkan garansi, kotak, buku panduan, stiker, ataupun HSF buatan Intel, mengingat apabila CPU di overclock maka garansi akan langsung hangus, dan mereka cenderung menyukai HSF pilihan mereka sendiri yg kualitasnya bisa mereka tentukan. Tidak seperti HSF standar bawaan dari Intel.

Referensi

Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

5 komentar: