Cara Mengatasi Modem First Media Berkedip (Power DS US Link Online)

Modem First Media

Beberapa hari terakhir, saya mengalami kejadian yg kurang menyenangkan dgn modem First Media yg terpasang di rumah. Koneksi yg biasanya lancar tanpa ada masalah mendadak tidak berfungsi padahal modem dalam keadaan hidup dan sinyal Wi-Fi bisa terkoneksi dgn smartphone maupun laptop yg biasa saya gunakan untuk menulis artikel di blog ini. Akan tetapi walaupun tersambung dgn jaringan Wi-Fi, di icon koneksi WiFi pada notification bar Windows tercantum keterangan "Limited Access". Begitu juga saat menggunakannya di smartphone, muncul notifikasi "No Internet Connection" atau "Check Your Network Connectivity".

Cara Mengatasi Masalah Koneksi First Media

Awalnya saya berpikir masalah ini disebabkan karena tagihan bulan ini sudah terbit tapi saya belum membayarnya. Saya kemudian segera membayar tagihan FirstMedia melalui ATM Mandiri terdekat. Usai membayar saya lalu kembali ke rumah dan menyalakan modem, akan tetapi masalah yg sama masih berlanjut. Artinya penyebab masalah ini bukan karena masalah tagihan.

Saya mencoba opsi kedua dgn menelepon nomor customer care First Media Surabaya di nomor 031-2950700, akan tetapi petugas yg melayani saya hanya mencoba membantu untuk me-refresh dari system mereka dan saya diperintahkan untuk me-restart modem dgn mencabut kabel power, menunggu selama 10 detik, lalu menghidupkannya kembali. Akan tetapi cara ini masih tetap belum berhasil menyelesaikan masalah saya. Modem masih seperti tadi, hidup, bisa connect, tapi tulisan di laptop "Limited" entah Connection atau Access saya lupa. Sambungan telepon yg kedua ke nomor customer care hanya menghasilkan penjadwalan kedatangan teknisi ke rumah pada hari minggu (lusa).

Klik disini untuk membaca artikel tentang Cara Mengganti Password WiFi di rumah Anda ~ Membuka halaman konfigurasi router.

Saya yg penasaran kemudian mencoba untuk mencari-cari sendiri masalahnya, dan memperhatikan lampu LED yg ada di bagian depan modem terus berkedip di bawah tulisan DS. Saya lalu berpikir mungkin disini masalahnya.

Bagi Anda yg penasaran dgn apa arti lampu LED warna hijau yg menyala atau berkedip pada modem First Media Anda (seperti gambar di bawah ini), berikut adalah penjelasannya:

Deretan lampu LED di modem router First Media
Deretan lampu LED di modem / router First Media.

Apa arti dari lampu LED yg terletak di bagian depan modem First Media?

Lampu LED yg terletak di bagian depan modem First Media sangat penting untuk memberi informasi apakah perangkat tersebut bekerja dgn normal, seperti misalnya punya daya listrik, atau mentransmisikan data dgn baik.

Lampu LED yg paling penting adalah power serta link dan online, yg menunjukkan apakah unit modem / router memiliki daya listrik dan bisa mentransmisikan sinyal WiFi. Jika Anda curiga bahwa Anda mengalami kerusakan jaringan di sekitar area perumahan Anda, maka Anda bisa menghubungi nomor telepon customer service First Media di nomor 031-2950700 (Area Surabaya, untuk Area lain silakan cari sendiri di internet).

Akan tetapi jika Anda menanyakan kepada tetangga yg sama-sama menggunakan layanan jaringan internet FirstMedia, ternyata di tempat lain tidak ada masalah, itu berarti hanya jaringan di rumah Anda saja yg bermasalah.

Klik disini untuk membaca artikel tentang Cara Mengganti Password WiFi First Media melalui Setting.

Lampu LED DS merupakan singkatan dari DownStream dan merupakan fase pertama dari tahapan modem untuk memeriksa ketersediaan jaringan untuk men-download konten dari internet sedangkan US adalah singkatan dari UpStream yg memiliki arti modem sedang menguji kemampuan upload jaringan.

Untuk terkoneksi, modem perlu menemukan sinyal downstream dan mensinkronisasi waktu ke frekuensi yg tepat untuk menemukan semua kanal jaringan internet. Lalu kemudian modem akan mencoba untuk menemukan kanal upstream dan mengatur daya hingga melewati fase ini. Modem kemudian mengunci fase secara tepat dari sinyal internet sehingga bisa mentransmisikan pada waktu yg tepat atau selebihnya.

Lampu LED US dan DS berarti modem sedang mencoba untuk melakukan fase kalibrasi dgn jaringan internet, sehingga apabila fase kalibrasi ini terhendi dan lampu LED pada modem / router FirstMedia terus berkedip dan berikutnya tidak menyala, berarti ada sesuatu yg salah. Kemungkinannya antara sambungan kabelnya tidak terlalu bagus, atau malah ada kabel yg terputus sehingga modem gagal berfungsi dgn baik.

Jadi saran saya, apabila lampu LED di router / modem First Media Anda berkedip dan tidak berhasil melewati fase DS / US, coba cek dan telusuri kabel-kabel dan perhatikan apakah pemasangannya sudah benar atau ada yg terlepas / bengkok. Apabila masalah masih berlanjut, silakan hubungi dokter,... eh, customer service First Media untuk dibantu refresh dari system mereka, lalu restart modem dgn cara mencabut kabel power selama 10 detik dan menyalakannya lagi. Jika masih tidak berhasil, mintalah untuk dijadwalkan kunjungan teknisi ke rumah Anda. Semoga berhasil!

Referensi

  • Pengalaman pribadi;
  • Berbagai sumber dari internet.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

22 komentar:

  1. sama nih masalahnya dengan modem firsmediaku, tidak ada koneksi internet .. tp masalah ini timbul setelah modem aku matikan (habis matikan saklar).. aq cabut power n tekan on/off berkali2 baru bisa. tp kayaknya bukan ini solusi tepatnya. eror pertama 3 kali tekan sudah nyambung lagi, eror ke 2 lebih dr 20x baru nyambung.. sampe skarang modem ga pernah aq matikan. sudah lebih dr 7hr

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar itu adalah di modem yg gagal restart atau kabel yg sedikit bengkok/goyang..

      Saran saya hubungi teknisi first media utk menelusuri kesalahannya dan diperbaiki supaya masalah tidak berulang terus menerus..

      Hapus
  2. Modem saya problemnya juga kaya gini , kadang suka merestart sendiri tanpa sebab , merestart nya tidak bisa dipastikan kapan saja.. teknisi udah kerumah lebih dari 5x tetap saja tidak ada perubah -_- dari spliter , modem sampe ngecek di TAP nya tetap saja blum selesai masalahnya

    BalasHapus
  3. First media saya, tiba2 ganti namanya trs paswordnya juga ganti tiba2 saya gatau itu kenapa bisa gitu, mohon bantuanya

    BalasHapus
  4. gan gw mau nanya gara2 gw pernah seting lewat cisco tapi malah eror gan...trs g bisa conek sama sekali lewat wifi?tapi tv tetap jalan gan gmana cara perbaikinya ya??

    BalasHapus
  5. Modem saya lampu indikatornya hanya hidup yang power dan DS kenapa yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya hari ini mengalami hal yang sama, apa anda sudah mendapatkan penyelesaiannya?

      Hapus
  6. Kalo routernya beda gimana? Routernya merk motorola tapi sama firstmedia

    BalasHapus
  7. Saya mengalami hal yang mirip hanya saja, led indikator blinking semua hasilnya limited access internet lalu sekarang indikator menyala semua, namun tetap tidak ada jaringan.

    BalasHapus
  8. Mau tanya modem saya modem cable cisco jg trus sudah 2 hari gabisa internet dan no signal tvnya. Lampu cablenya kedip kedip, itu gimana cara benerinnya ya? Mohon bantuannya yaa

    BalasHapus
  9. Ini sering banget firts media kaya gini

    BalasHapus
  10. Kalo tv bener" blank warna biru dan ga ada suaranya itu kenapa ya?

    BalasHapus
  11. Jika Sering No internet access / limited connection (tiap 1 jam sekali)
    silahkan buka http://192.168.0.1/
    pergi ke : setup > basic settings > ip management

    jika anda melihat "lease time" (di router saya ter isi 3600) itu artinya tiap 1 jam akan terjadi limited acsess.. silakan ganti dengan angka 0 jika tidak bisa ganti dengan 999999999..

    itu adalah trik curang agar kita tidak memakai internet terlalu banyak..

    trik ini berhasil dengan masalah saya.. semoga anda juga..

    selamat mencoba

    BalasHapus
  12. Gan, modem cisco sy yg dr first media setiap hari dan berkali2 lampu DS dan US nya kedip dan mati. Jd sy perlu restart tiap kali begitu. Wifi router nya pun perlu sy restart krn kalau modem nya saja tdk solve masalahnya. Kenapa ya selalu problem begini...?

    BalasHapus
  13. sering banget link international tdk stabil bahkan mati total....

    BalasHapus
  14. Led link itu fungsinya apa sih?

    BalasHapus
  15. Led link dan setup itu fungsinya apa ya? Modem saya cisco

    BalasHapus
  16. Terimakasih atas bantuannya, artikel ini sangat membantu

    BalasHapus
  17. Punya gw jg bgtu gw pasa 15 mbps gw pke sendirian aja di rumah lemotnya ampun ampunan buat ig sama fb aja gak bsa.. Yaa jln satu satunya adalah berhenti berlangganan.. Cri yg jaringannya bagus.. Mahal gpp yg penting gak ngecewain kya firts media..

    BalasHapus
  18. duh admin saya mau nanya nihh kok stelah lampu DS bekedip dan semuanya mati setelah smuanya sudah hidup kembali tapi kenapa nama jaringan SSID di sambungan wifii tidak muncull???
    padahal jadwal pembayaran blom saatnya ini masih setengah bulan

    BalasHapus
  19. maaf nih saya mau tanya, kan barusan kayak gitu juga. tapi pas udah di reboot dengan cara cabut colokannya, tbtb powernya mati. dan tombol powernya di pencet ga ngerespon. gamau nyala. itu gimana ya?

    BalasHapus
  20. cara mudahnya cuma 1:::kenali LED INDIKATOR COLOR HIJAU/KUNING/BERKEDIP/STABIL MENYALA TERUS/MATI salahsatu LAMPU LEDnya,,,TANDA KONEKSI MASUK :PASTI HIJAU SEMUA tanpa kedip,DS US WAJIB ON HIJAU SEMUA ,INTERNET lampunya juga HIJAU kecuali lampu LINK jika ada BERKEDIP ORANGE :::diluar itu semua jika mati total::cek sambungan kabel :cek RADIO ROUTERnya ,,,terakhir,,,PERIKSA di PC apa keterangannya :JIKA KETERANGAN SETELAH TROUBLESHOOT :DNS not recognized blablabla [apparently all device properly connected] ARTINYA :SUMBER 1STMEDIA GANGGUAN TOTAL biasanya KABEL FIBER OPTIK DIATAS RUMAH atau DIJALAN PUTUS:::pengalaman pribadi :::dan 1 lagi,,,,SEBELUM 3 HARI pasti MATI TOTAL jika TIDAK KONTAK CSnya setelah mati mendadak,,,,,gausah telepon berulang2 CS rugi anda wkwkwkwkw cukup 2x sebelum lewat 3 hari mati total:::PENGALAMAN PRIBADI Thanks all

    BalasHapus