Pendingin CPU: Heat Sink Fan (HSF)

HSF

Adalah singkatan dari "Heat Sink Fan" yg merupakan sistem pendingin untuk Central Processing Unit (CPU) atau yg biasa disebut sebagai processor (istilah lainnya "procie"). Dapat dipastikan hampir semua komputer di seluruh dunia menggunakan heat sink, yg berfungsi untuk membantu mempertahankan suhu / temperatur CPU agar tetap dingin sekaligus mencegah processor mengalami overheating akibat suhu panas berlebih.

HSF_Heat_Sink_Fan
Sebuah HSF (Heat Sink Fan) | sumber gambar: Wikipedia

Heat Sink

heatsink
Pengertian "heat sink" sebenarnya adalah "heat exchanger" alias penukar panas pasif yang mentransfer panas yang dihasilkan oleh parts elektronik atau perangkat mekanik (dalam hal ini CPU) kepada media lain. Dalam sebuah komputer, heat sink digunakan untuk mendinginkan Central Processing Unit (GPU) ataupun prosesor grafis (GPU).

Sebuah heat sink dirancang untuk memaksimalkan luas permukaan dalam kontak dengan media pendingin di sekitarnya, seperti misalnya udara. Kecepatan udara, pilihan bahan, dan desain heatsink adalah sejumlah faktor yg mempengaruhi kinerja heat sink. Sejenis zat berupa perekat thermal atau pelumas thermal seringkali digunakan untuk meningkatkan kinerja heat sink dengan mengisi celah udara antara heat sink dan penyebar panas pada perangkat.


Fan (Kipas Pendingin)

Akan tetapi heat sink itu sendiri juga bisa menjadi kelewat panas apabila CPU bekerja dalam kapasitas penuh (maksimal) dalam waktu yg terlalu lama. Selain itu, hal ini juga bisa terjadi apabila suhu atau hawa udara yg terdapat di dalam casing komputer yg mengelilingi CPU terlalu panas. Oleh karena itu, sebuah kipas seringkali digunakan sebagai kombinasi dengan heat sink untuk menjaga suhu CPU dan juga heat sink agar tetap berada dalam temperatur yg dapat ditoleransi oleh parts komputer tersebut.

Kombinasi diantara kedua parts ini disebut sebagai HSF atau singkatan dari "Heat Sink and Fan". Kipas tersebut berguna untuk menggerakkan udara dingin di sekitar heat sink, mendorong hawa panas keluar dari casing komputer. Setiap CPU dilengkapi dengan thermometer terintegrasi yg bertugas untuk memantau suhu processor. Apabila temperatur terdeteksi menjadi terlalu panas, maka sebuah atau beberapa kipas yg terletak di dekat CPU akan bekerja lebih keras untuk membantu mendinginkan processor dan heatsink tersebut diatas.

Referensi

  1. http://techterms.com/definition/hsf
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Heat_sink
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar