Sekilas Tentang Procie Intel Mikroarsitektur Skylake

Intel Skylake

Procie_Intel_Skylake
Nama "Skylake" adalah nama dagang atau kode sebutan yg digunakan Intel Corp untuk CPU / Central Processing Unit mikroarsitektur procie generasi keenam yg baru saja diluncurkan dua bulan lalu (Agustus 2015) sebagai penerus dari mikroarsitektur "Broadwell" yg telah dirilis sebelumnya.

Skylake adalah sebuah mikroarsitektur yg dirancang ulang dengan menggunakan teknologi yg sudah ada sebelumnya karena ia menggunakan teknologi proses manufaktur 14nm yg sama dengan seri Broadwell, sebagaimana ia ditujukan sebagai gebrakan kedua dalam skema strategi "tik-tok" dan pola desain procie buatan Intel. Dalam hal ini Skylake bertindak sebagai "tok"-nya.

Berdasarkan keterangan dari pihak Intel sendiri, rancangan ulang ini mampu menghasilkan performa CPU dan GPU terintegrasi yg lebih dahsyat namun justru lebih irit dalam hal konsumsi daya listrik. Efisiensi penggunaan input daya listrik ini telah menjadi ciri khas dari peningkatan teknologi yg dilakukan oleh Intel selama ini, sebagaimana setiap kali terdapat rilisan seri procie yg terbaru, selalu menghadirkan performa yg lebih baik dengan konsumsi daya listrik yg lebih irit.

Procie Skylake Pertama

Seri perdana dari deretan procie Skylake (yaitu 6600K dan 6700K) pertama kali diumumkan dan langsung tersedia di pasaran tepatnya pada acara Gamescom yg diselenggarakan pada tanggal 5 Agustus 2015 lalu. Tidak seperti biasanya, saat seri procie ini diperkenalkan cukup dekat jaraknya dengan CPU Broadwell yg diluncurkan akhir tahun 2014.

Paket penjualan processor Intel Generasi keenam Core i7 dan Core i5
Paket penjualan processor Intel Generasi keenam Core i7 dan Core i5

Sementara para pengamat di industri teknologi memperkirakan berbagai isu yg mempengaruhi Broadwell juga akan menimpa Skylake, informasi yg terbaru justru menunjukkan bahwa Intel akan segera menutupinya dengan mempertahankan strategi "Tik-Tok" sebagai lanjutan untuk Skylake dan memperpendek putaran umur perilisan CPU Broadwell. Sejumlah sumber lainnya menyebutkan bahwa deretan CPU lainnya akan segera dirilis di sisa tahun 2015 ini.

Intel pun telah menyatakan bahwa Skylake adalah processor paling signifikan yg pernah mereka produksi dalam sepuluh tahun terakhir jika ditilik dari perkembangan efisiensi daya dan kemampuan nirkabel.

Sejarah Pengembangan Procie Skylake

Kantor Intel di Kota Haifa - Israel
Pengembangan Skylake umumnya diambil alih oleh Intel Israel, yg diposisikan sebagai pusat penelitian engineering Intel di kota Haifa - Israel, sebagaimana juga seri procie Banias, Dothan, Conroe, Sandy Bridge dan Ivy Bridge juga dikembangkan disini.

Tim Israel ini adalah tim yg sama dengan gugus tugas Haifa yg dulunya merancang mikroarsitektur Sandy Bridge dan Ivy Bridge. Tim ini bekerja selama empat tahun dan melewati banyak tantangan, hingga akhirnya mampu menciptakan sebuah processor yg akan dapat digunakan dalam banyak jenis perangkat seperti smartphone, tablet, laptop, dan desktop PC. Dengan fitur-fitur yg dimiliki oleh Skylake saat ini, produsen komputer dapat menciptakan laptop yg separuh lebih tipis dan separuh lebih ringan dibanding lima tahun yg lalu.

Fitur

Sebagaimana pendahulunya Broadwell, Skylake tersedia dalam empat varian, yg dapat dikenali dari suffix "S" (SKL-S), "H" (SKL-H), "U" (SKL-U), dan "Y" (SKL-Y). SKL-S terdiri dari varian K yg dapat di overclock dengan multipliers yg di unlock, sedangkan varian suffix H, U dan Y diproduksi dengan teknologi kemasan "ball grid array" (BGA), sementara itu varian S diproduksi dengan teknologi "land grid array' (LGA) menggunakan sebuah jenis socket baru, yaitu Intel Socket LGA 1151.

Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Skylake_(microarchitecture)
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar:

  1. web nya bagus, ringan dan gak berat + Banyak Info bermanfaat seputar teknologi

    BalasHapus