Berapa Keuntungan Google Adsense Yang Dibagikan Kepada Publishers?

Google

Kita sudah mengetahui tentang pendapatan serta keuntungan Google per tahun dari artikel sebelumnya. Kemudian ada juga pertanyaan yang melintas di benak saya, berapakah nilai uang yang dibagikan oleh Google AdSense setiap tahunnya kepada para penerbit (publishers). Artikel saya berikut ini akan menjawabnya.

AdSense for content (AFC)

Pembagian Keuntungan AdSense

Untuk menampilkan iklan dengan menggunakan Adsense for Content (AFC), publishers / penerbit akan mendapatkan 68% dari pendapatan yang diakui oleh Google dalam hubungan dengan layanan iklan tersebut. Untuk AdSense for Search (AFS), penerbit akan menerima 51% dari pendapatan yang diakui oleh Google. Persentase ini adalah konsisten, tidak memandang lokasi geografis dari penerbit, dan tidak dirata-ratakan dari pendapatan diantara para penerbit. Kami tidak akan menampilkan informasi tentang pendapatan untuk produk AdSense lainnya. Pembagian keuntungan bervariasi antara satu produk dengan produk lainnya tergantung dari perbedaan ongkos untuk memproduksi dan mendukung produk-produk tersebut. Sumber: https://support.google.com/adsense/answer/180195?hl=en

Berikut ini adalah Tabel yang menunjukkan nilai Pendapatan Publisher dan Nominal Pembayaran serta persentase Bagian Keuntungan dari Google Adsense dari Quartal 4 Tahun 2003 hingga Quartal 1 Tahun 2007.

tabel Pendapatan Publisher 2003-2007. Sumber: searchenginejournal.com

Dari data tersebut diketahui bahwa pada tahun 2007 saja (tujuh tahun yang lalu), pendapatan Publisher saja adalah sebesar US $ 1.350.000.000,-. dan Google membayar US $ 1.130.000.000 (Satu Milyar Seratus Tiga Puluh Juta Dollar Amerika) kepada para penerbit yang bekerjasama dengan mereka untuk menampilkan iklan dalam program Google AdSense. Sisanya sebesar US $ 20.000.000,- adalah pendapatan Google AdSense yang belum bisa dibayarkan oleh Google karena belum mencapai nilai minimum pencairan yang sebesar USD 100,-.

Jika dirupiahkan dalam kurs rupiah yang berlaku hari ini Rp 11.714,-, maka pembagian keuntungan Google AdSense pada tahun 2007 adalah senilai Rp 13.236.820.000.000,- (lebih dari Tiga Belas Trilyun Rupiah) kepada seluruh penerbit terdaftar di Google.

Lalu bagaimana dengan Pembagian Keuntungan Google AdSense tahun 2014?


Jika kita melihat pendapatan Google dari AdSense pada tahun 2014 yang sebesar 50 Milyar Dollar Amerika, dan keuntungan bersih dari Google AdSense pada tahun 2013 adalah sebesar 12,9 milyar Dollar Amerika, maka jumlah yang dibagikan kepada publisher / penerbit adalah sebesar 51% dari seluruh keuntungan yakni senilai 6,5 Milyar Dollar Amerika atau setara dengan 77 Trilyun Rupiah. Angka 77 trilyun rupiah bukanlah nominal yang kecil untuk dibicarakan, terlebih lagi angka itu merupakan profit yang dibagikan kepada para pemilik situs di seluruh dunia yang bekerjasama dengan Google dalam program AdSense.

Jika Anda mampu membuat situs dengan jumlah pengunjung yang banyak setiap harinya, dan mendaftar pada program tersebut. Maka angka 77 trilyun rupiah tersebut adalah termasuk jumlah keuntungan yang akan dibagikan kepada Anda, oleh karena itu, pelajari sekarang juga dunia Internet Marketing!
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar