Tips Memperbanyak Backlink Inbound Link Blog

Bagaimana Caranya Agar Mendapat Banyak Backlink Ke Blog Saya?

Tips_Memperbanyak_Back_Link_Inbound_Blog_Alexa
Saya baru saja memasang Widget Alexa dan menemukan fakta bahwa ilmu SEO saya sangat minim sehingga blog yang saya buat sejak 2008 (namun baru aktif menulis artikel sejak tahun 2014) berada di peringkat yang terlalu jauh untuk dibanggakan, yakni ranking 20.361.925 di seluruh dunia (Global Rank). Pantas saja jika dicari di Google search engine jarang ketemu.

Ketika mengetahui hal tersebut, saya langsung melakukan beberapa langkah untuk meningkatkan peringkat blog di website Alexa yang sebelumnya saya tuliskan pada artikel Tips Meningkatkan Peringkat Traffic Ranking Alexa. Secara mengejutkan satu hari setelah saya melakukan kelima langkat tersebut, blog saya benar-benar mengalami lonjakan peringkat sebanyak hampir seratus ribu lebih (walaupun masih di angka dua puluh juta, tetapi setidaknya ada peningkatan yang signifikan, menyalip seratus ribu blog lain dari seluruh dunia hanya dalam sehari tentu bukan hal yang mudah). Maka dari itu saya berencana akan melanjutkan usaha saya untuk memperbaiki peringkat blog saya, sementara yang saya targetkan adalah masuk ke peringkat 10 juta dulu, baru setelah itu mengincar target ranking di kisaran 5 juta.

Sementara itu ketika melihat jumlah link yang mengarah ke blog saya, mungkin Anda bisa mentertawakan mengapa blog yang dibuat sejak tahun 2008 hanya memiliki 1 (satu) buah link saja yang menautkan saya di situsnya. Dan setelah saya memeriksa link tersebut, ternyata asalnya dari blog saya yang lain. Sungguh miris. Tetapi memang faktanya saya baru serius menekuni SEO sejak minggu lalu, dan dulu saya tidak pernah memikirkan tentang keyword, link, alexa, pagerank, dan sebagainya.

Lalu saya berinisiatif untuk mulai memperbanyak backlink atau inbound link yang mengarah ke blog saya. Langkah pertama yang akan saya lakukan adalah dengan mencari situs-situs yang sering menjadi rujukan dalam menuliskan artikel di blog ini.

Situs apa saja yang menjadi rujukan saya dalam menuliskan artikel:
  • Passmark, baik itu yang CPU Benchmark, maupun VGA Benchmark.
  • Quantum, biasanya ketika saya menuliskan tentang review hardware beserta harganya.
Dua itu saja dulu, kalau kebanyakan nanti pusing sendiri.

Lalu saya melakukan penelitian melalui toolbar Alexa, berapa jumlah link kedua situs tersebut dan dari mana saja asalnya. Ternyata saya menemukan berbagai link yang sebenarnya bisa juga saya dapatkan. Berikut ini adalah beberapa situs terkait teknologi komputer yang bisa menyediakan link back untuk blog Anda.
  1. Yahoo! Answer

    Buat akun Yahoo! Mail agar Anda bisa menjawab pertanyaan di Yahoo! Answer yang berkaitan dengan teknologi komputer, lalu sertakan juga link Anda disana.

  2. Wikipedia

    Mendaftarlah sebagai editor pada Wikipedia, lalu cari artikel Wikipedia tentang dunia komputer yang belum digarap sama sekali. Rintislah halaman Wikipedia baru tentang itu dan sertakan link menuju ke blog Anda sebagai salah satu referensi.

  3. eBay

    Ini yang agak sulit, membuat akun di eBay dan menjual barang dengan menyertakan link Anda disana.

  4. Reddit

    Mendaftarlah di Reddit lalu posting sebuah komentar pada thread yang berkaitan dengan komputer, jangan lupa menyertakan link.

  5. Kaskus

    Saya sendiri sudah punya akun di Kaskus, dan berencana untuk membuat sebuah thread tentang komputer lalu menyertakan link-nya disana.

  6. Forum Kompas

    Buat akun di Forum Kompas, posting disana dengan menyertakan link di thread yang berkaitan dengan komputer.

  7. Youtube

    Upgrade akun Gmail ke Youtube, lalu upload sebuah video yang berkaitan dengan komputer, dan sertakan link kepada blog Anda.

  8. Blogger

    Cukup sertakan blogger profile Anda di dalam situs yang Anda kelola.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

5 komentar:

  1. ty gan tips nya

    http://coin-crypto.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. makasih gan info nya?
    rendi-sutejho.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Gan...
      Sukses blognya, sudah saya blogwalking kesana...

      Hapus
  3. thanks infonya, sesekali kunjung sini ya "http://misteruddin.blogspot.co.id" DP BBM TERBARU DAN ANIMASI GERAK

    BalasHapus