Deskripsi dan Sejarah Google PageRank

PageRank

Terjemahan bebas dari Wikipedia, ensiklopedia bebas


Perhatian!!! Halaman ini diterjemahkan dari Wikipedia dengan menggunakan tools Google Translate yang sudah diedit oleh AdrianoizE.com agar lebih mudah dipahami.
.

PageRank adalah sebuah algoritma yang digunakan oleh Pencarian Google untuk memeringkatkan situs dalam hasil dari mesin pencari mereka. PageRank dinamakan berdasarkan nama belakang dari Larry Page, salah satu pendiri dari Google. PageRank adalah sebuah jalan untuk menentukan seberapa penting sebuah halaman situs. Menurut Google:

  • "PageRank bekerja dengan menghitung jumlah dan kualitas tautan menuju sebuah halaman website untuk menentukan sebuah perkiraan kasar tentang seberapa penting sebuah situs. Asumsi yang mendasarinya adalah semakin penting sebuah situs maka situs tersebut akan menerima lebih banyak link dari situs yang lainnya."

—Fakta tentang Google dan Kompetisi

Ini bukanlah satu-satunya algoritma yang digunakan oleh Google untuk menentukan daftar hasil penelusuran dari mesin pencari, Tetapi ini adalah algoritma pertama yang digunakan oleh perusahaan, dan juga yang paling terkenal diantara yang lainnya. Google menggunakan sebuah laba-laba jaring otomatis yang dinamakan Googlebot untuk benar-benar menghitung tautan dan mengumpulkan informasi pada seluruh halaman situs yang terindeks di internet.

Deskripsi Google PageRank


PageRank adalah sebuah algoritma analisis tautan dan ia menugaskan sebuah penakaran berat numerik pada setiap set dokumen yang memiliki hyperlink, seperti misalnya World Wide Web (WWW) dengan tujuan untuk menimbang dan menentukan tingkat kepentingan hubungan relatif dengan set dokumen tersebut. Algoritma ini dapat diterapkan untuk setiap koleksi entitas dengan kutipan timbal balik dan referensi. (apa maksudnya ini, saya tidak bisa memahaminya!). Berat numerik yang akan digunakan untuk menetapkan PageRank kemudian diberikan elemen E dan disebut sebagai PageRank dari E dan dilambangkan dengan PR(E) yang kira-kira merupakan singkatan dari Page Rank (Entity). Faktor lainnya seperti Author Rank bisa memberikan kontribusi pada tingkat kepentingan dari sebuah entitas. (mulai njelimet pembaca sekalian..)

Sebuah hasil PageRank dari algoritma matematika berdasarkan webgraph ini, diciptakan oleh semua halaman-halaman World Wide Web sebagai node dan hyperlink sebagai tepi, dengan hub otoritas pertimbangan seperti cnn.com atau usa.gov. Nilai rank menunjukkan pentingnya suatu halaman tertentu. Sebuah hyperlink ke halaman dianggap sebagai sebuah suara dukungan. PageRank dari halaman yang didefinisikan secara rekursif dan tergantung pada jumlah dan PageRank metrik dari semua halaman yang memiliki pranala ke sana ("link masuk"). Sebuah halaman yang terhubung dengan banyak halaman dengan PageRank tinggi menerima peringkat tinggi itu sendiri (mampus lo.. apaan lagi ini..?!).

Banyak makalah akademik tentang PageRank telah dipublikasikan sejak makalah asli yang ditulis oleh Larry Page dan Sergey Brin. Dalam prakteknya, konsep PageRank mungkin rentan terhadap manipulasi. Penelitian telah dilakukan dalam mengidentifikasi peringkat PageRank palsu yang sudah direkayasa melalui teknik SEO. Tujuannya adalah untuk menemukan cara yang efektif untuk mengabaikan link dari dokumen dengan PageRank palsu yang direkayasa dengan trik SEO yang tidak benar dan mengabaikan kaidah konten web yang sehat.

Algoritma berbasis link lainnya yang digunakan untuk menentukan peringkat untuk halaman Web termasuk algoritma HITS diciptakan oleh Jon Kleinberg (digunakan oleh Teoma dan sekarang Ask.com), Proyek IBM CLEVER, algoritma TrustRank dan algoritma hummingbird, adalah beberapa algoritma lainnya yang dikembangkan di seluruh dunia untuk menyempurnakan hasil penelusuran dengan mesin pencari.

Sejarah Google PageRank


Ide merumuskan masalah analisa link sebagai masalah eigenvalue mungkin pertama kali diusulkan pada tahun 1976 oleh Gabriel Pinski dan Francis Narin, yang bekerja pada scientometrics peringkat jurnal ilmiah. PageRank dikembangkan di Stanford University oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996. Sebagai bagian dari proyek penelitian tentang jenis baru mesin pencari Sergey Brin memiliki gagasan bahwa informasi di web bisa dipesan dalam hirarki dengan "popularitas link": halaman peringkat yang lebih tinggi karena ada link lebih untuk itu. Ia adalah ditulis secara bersama-sama oleh Rajeev Motwani dan Terry Winograd. Makalah pertama tentang proyek, menggambarkan PageRank dan prototipe awal mesin pencari Google, diterbitkan pada tahun 1998: tak lama setelah itu, Page dan Brin mendirikan Google Inc, perusahaan di balik mesin pencari Google. Sementara hanya satu dari banyak faktor yang menentukan peringkat hasil pencarian Google, PageRank terus memberikan dasar bagi semua alat pencari web Google.

Nama "PageRank" sebenarnya dipelesetkan dari nama pencipta algoritma tersebut, Larry Page, serta merupakan konsep dari sebuah halaman web. Kata PageRank adalah terdaftar sebagai sebuah merek dagang dari Google, dan proses PageRank telah dipatenkan (US Patent 6.285.999). Namun, paten ini ditetapkan oleh Universitas Stanford dan tidak ke Google. Google memiliki hak eksklusif pada lisensi paten dari Stanford University. Universitas menerima 1,8 juta lembar saham Google dalam pertukaran untuk penggunaan paten; saham yang dijual pada tahun 2005 untuk $ 336.000.000.

PageRank dipengaruhi oleh analisis kutipan, awal dikembangkan oleh Eugene Garfield pada tahun 1950 di University of Pennsylvania, dan oleh Hyper Search, yang dikembangkan oleh Massimo Marchiori di University of Padua. Pada tahun yang sama PageRank diperkenalkan (1998), Jon Kleinberg menerbitkan bukunya penting bekerja pada HITS. Pendiri Google mengutip Garfield, Marchiori, dan Kleinberg dalam makalah asli mereka.

Sebuah mesin pencari kecil bernama "RankDex" dari Layanan Informasi IDD dirancang oleh Robin Li adalah, sejak tahun 1996, sudah menjelajahi strategi yang sama untuk situs-skor dan peringkat halaman. Teknologi di RankDex akan dipatenkan pada tahun 1999 dan digunakan kemudian ketika Li mendirikan Baidu di China. Karya Li akan direferensikan oleh beberapa Larry Page paten AS untuk metode pencarian Google-nya.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar